Munculnya Patung Arca Lembu Suro

Patung Lembu Suro di Lereng Gunung Gedang Kediri

Patung Arca Lembu Suro di Gunung Gedang

TERUSKAN.COM – Beberapa hari terakhir masyarakat Kediri dan sekitarnya dihebohkan dengan munculnya patung arca yang mirip dengan legenda Gunung Kelud, Lembu Suro.

Meski masih simpang siur, beberapa sumber menyebutkan patung arca Lembu Suro tersebut ditemukan di lereng Gunung Gedang, sebelah selatan Gunung Kelud.

Sebagai informasi, Gunung Gedang adalah salah satu dari rangkaian pegunungan kecil yang berada di sekeliling Gunung Kelud. Munculnya arca patung Lembu Suro di Gunung Gedang sontak membuat masyarakat sekitar Gunung Kelud kembali mengingat kisah legenda terbentuknya Gunung Kelud.

Konon, Gunung Kelud merupakan tempat dimana Lembu Suro dan Mahesa Suro, dua orang raja yang bukan berasal dari golongan manusia, dikuburkan hidup-hidup. Mereka hampir saja memenangi sayembara menjadi pendamping hidup Puteri Jenggala, Dewi Kilisuci.

Karena merasa tidak bisa menerima jika Lembu Suro atau Mahesa Suro yang akan mempersuntingnya, Dewi Kilisuci membuat rencana untuk mencelakakan mereka. Sang Puteri memerintahkan keduanya untuk berlomba menggali sumur terdalam di puncak Gunung Kelud. Siapa yang berhasil menggali paling dalam akan menjadi pendampingnya kelak.

Naas, ketika tengah berupaya keras menggali sumur di kedalaman yang jauh, Dewi Kilisuci atas restu ayahnya Raja Kediri kemudian memerintahkan para prajurit Kediri mengubur mereka berdua hidup-hidup. Karena merasa dikhianati, Lembu Suro akhirnya mengeluarkan sumpahnya.

Patung Lembu Suro di Kediri

Patung Lembu Suro di lereng Gunung Kelud Kediri

Lembu Suro bersumpah akan kembali mendatangi Kediri dan sekitarnya dalam wujud bencana setiap 20 tahun sekali. Meski hanya legenda, namunsumpah Lembu Suro ini terngiang jelas di dalam hati masyarakat Kediri, terlebih ketika dipelajari, Gunung Kelud memang meletus dalam siklus 20 tahun sekali.

Nah, paska letusan Gunung Kelud 13 Februari 2014 lalu, kemunculan patung arca Lembu Suro yang ramai dibicarakan beberapa hari terakhir, kian memicu spekulasi akan kebenaran legenda Lembu Suro tersebut.

Sebagai catatan, letusan Gunung Kelud beberapa hari lalau terjadi tepat sehari sebelum perayaan hari Valentine, hari dimana banyak pasangan merayakan kasih sayang dan cinta mereka. Nah, benarkah letusan Gunung Kelud merupakan luapan emosi dan kemarahan Lembu Suro karena cintanya telah dikhianati Dewi Kilisuci?

Bagaimana menurut Anda?

Topik Terkait: , , ,
3 comments
pyo
pyo

Patung muncul d blitar artinya lembu suro kasih tunjuk kelud milik blitar

anonymous
anonymous

lokasi patung bukan di daerah kediri tapi di blitar... dan jangan terlalu dibesar-besarkan beritanya...