Loading...

5 Latihan Melawan Berbagai Nyeri

Penulis: Riyadh Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Mengatasi nyeri merusak kualitas hidup, mengarah pada lebih banyak hari libur kerja dan meningkatkan risiko depresi.

Kerugian negara akibat sakit kronis – yang berarti nyeri yang berlangsung lebih dari tiga bulan – tidak diketahui tetapi nyeri punggung sendiri diperkirakan menghabiskan biaya £ 5 miliar per tahun, demikian sebagaimana dilansir oleh Mirror, Jumat (21/02/14).

Latihan Melawan Berbagai Nyeri

Loading...

Di sini kita melihat lima masalah kesehatan serius yang dapat menyebabkan rasa sakit dan mungkin diakibatkan oleh kelalaian medis yang berkaitan dengan operasi atau pasca perawatan medis.

Di sini kita menyoroti beberapa perawatan dan latihan untuk membantu melawan nyeri  dalam setiap kasus :

1.  Cedera Medula Spinalis

Sekitar 40.000 orang di Inggris hidup dengan cedera tulang belakang, demikian menurut Spinal Injury Association.

Bahkan, setiap delapan jam seseorang di Inggris mendapati hidup mereka hancur akibat cedera.

Kecelakaan di jalan, terjatuh, penyakit, dan kecelakaan olahraga merupakan penyebab paling umum. Pasien menghadapi tantangan besar turun dari tempat tidur untuk pertama kalinya dan seringkali menghabiskan enam bulan di sebuah pusat rehabilitasi.

Setelah itu adaptasi rumah mungkin diperlukan, sedangkan pengobatan dan rezim latihan bervariasi tergantung pada keadaan individu dan harus disepakati dengan dokter atau fisioterapis.

Nyeri dapat terjadi pada bagian tubuh dengan sedikit atau tanpa sensasi rasa, sebagaimana di daerah dengan sensasi normal. Namun olahraga dan latihan dapat meningkatkan kekuatan dan kondisi tubuh bagian atas orang lumpuh untuk kelelahan fisik hidup di kursi roda .

Terapi air di kolam renang dapat memberikan bentuk lembut latihan bagi pasien yang sakit parah dan membuatnya lebih mudah berdiri tanpa peralatan.

Air melawan gravitasi, sehingga lebih mudah untuk meregang, sembari menyediakan daya apung dan ketahanan ringan melakukan gerakan untuk memperkuat otot.

Tak ada pedoman nasional Inggris tentang latihan setelah cedera sumsum tulang belakang.

Namun pedoman dari SCI Action Canada menyarankan orang dewasa dengan cedera tulang belakang perlu melakukan setidaknya 20 menit aktivitas aerobik – sesuatu yang membuat jantung dan paru-paru bekerja lebih keras – dua kali seminggu dan latihan kekuatan dua kali seminggu.

2. Stroke

Setiap lima menit seseorang di Inggris terkena stroke – 152.000 orang dalam setahun. Banyak korban menghadapi pemulihan yang lambat nan melelahkan. Sekitar 80 persen menghadapi beberapa masalah gerakan dan banyak juga yang terus merasakan sakit.

Otot kaku dan tegang (spastisitas), nyeri bahu, tangan bengkak,  dan sakit yang umum atau membakar semuanya bisa menjadi masalah.

Menurut Stroke Association, masalah fisik utama bagi penderita stroke adalah kelemahan pada anggota badan mereka.

Penderita stroke biasanya mulai bekerja dengan fisioterapis segera setelah kondisi mereka stabil. Dengan mengulangi berbagai latihan sederhana yang direkomendasikan untuk individu, pasien dapat mulai mendapatkan kembali mobilitas dan dapat mengurangi tingkat rasa sakitnya.

Sesi awal dapat berfokus pada mendapatkan kembali keseimbangan dan membangun kekuatan otot, sehingga pasien dapat berdiri tanpa bantuan dan mulai berjalan lagi.

Latihan peregangan dapat mengurangi kekakuan otot dan rasa sakit yang terkait hal itu serta penahan dapat digunakan untuk menghentikan otot terus-menerus berkontraksi.

Pasien terkena pengaruh serius stroke bisa melakukan peregangan sambil duduk di kursi dan tetap membangun kekuatan dan fleksibilitas mereka.

Dalam beberapa kasus fisio dapat menahan lengan ‘baik’ pasien sehingga mereka harus melaksanakan tugas-tugas dengan lengan mereka yang terdampak kerusakan.

3. Penggantian Pinggul

Banyak orang membutuhkan penggantian pinggul karena arthritis atau setelah pinggul mereka patah saat terjatuh. Operasi biasanya dilakukan pada orang dewasa yang lebih tua, yang berusia antara 60 dan 80, untuk membantu menghilangkan rasa sakit dan membuatnya lebih mudah untuk bergerak bebas.

Penggantian pinggul diperkenalkan pada tahun 1960 dan sekitar 70.000 kini dilakukan dalam setahun di Inggris.

Operasi ini biasanya dianggap sangat efektif dan sendi pengganti sekarang dirancang untuk bertahan selama setidaknya 15 tahun.

Tapi setelah operasi pasien mungkin mengalami kaki dan telapak yang bengkak dan mesti memperkirakan rasa tidak nyaman saat berjalan dan berolahraga.

Seorang fisioterapis akan merekomendasikan latihan untuk memperkuat pinggul. Rekomendasi itu mungkin termasuk :

  • Berbaring telentang dan geser satu tumit satu persatu menuju tubuh Anda , pegang selama 10 sampai 15 detik dan ulangi 10-20 kali;
  • Berbaring telentang dan tahan bagian bokong Anda bersamaan tanpa menahan napas , pegang selama 10 sampai 15 detik dan ulangi 10-20 kali;
  • Saat pemulihan berlanjut, berenang dan naik sepeda latihan juga dapat dianjurkan untuk memperkuat otot-otot sekitarnya.

Tapi tetap ada risiko bahwa sendi baru tak akan terus bekerja seperti yang diharapkan dan operasi lebih lanjut akan diperlukan untuk memperbaiki atau menggantinya. Hal ini terjadi pada sekitar satu dari sepuluh kasus, menurut NHS Choices.

Dalam beberapa kasus kelalaian medis atau kesalahan saat perawatan dapat berperan dalam pengalaman sakit berlanjut pada pasien atau membutuhkan operasi lebih lanjut atau pengobatan.

4. Kelumpuhan Otak Besar (Cerebral Palsy)

Sekitar satu dari 400 anak-anak dipengaruhi oleh cerebral palsy di Inggris. Tapi nama ini mencakup berbagai kondisi yang merusak otak dan sistem saraf, yang menyebabkan masalah dengan gerakan dan koordinasi.

Ini terjadi ketika otak telah rusak sebelumnya, selama atau segera setelah kelahiran dan kemungkinan penyebabnya termasuk infeksi pada kehamilan, kelahiran prematur, dan perkembangan otak yang abnormal.

Diagnosis biasanya dibuat pada saat seorang anak berusia dua atau tiga tahun tapi banyak tes mungkin diperlukan dan jenis yang tepat dan keparahan mungkin tidak diketahui sampai mereka masuk usia sekolah.

Tak ada dua kasus yang sama persis sehingga pengobatan mesti secara hati-hati disesuaikan untuk setiap anak.

Fisioterapi sangat penting dalam cerebral palsy untuk menghentikan otot yang tak biasanya digunaan anak-anak melemah dan untuk menghentikan otot-otot mereka kaku.

Kekakuan otot dapat membuat sulit bagi anak-anak untuk meregangkan otot-otot mereka, yang berarti mereka tak tumbuh secepat tulangnya – yang menyebabkan rasa sakit dan kecacatan.

Seorang fisio  dapat mengajarkan berbagai latihan untuk memperkuat dan peregangan otot.

Penderita cerebral palsy juga dapat mengambil manfaat dari :

  • Bobath – menggunakan teknik penanganan khusus untuk membantu anak mengubah postur dan gerakan yang abnormal;
  • Terapi Rebound – menggunakan trampolin untuk memungkinkan seorang anak bangkit melalui berbagai gerakan dan peregangan, membantu kekuatan, keseimbangan dan koordinasi.
  • Hippotherapy – menempatkan anak dalam posisi yang berbeda pada kuda untuk mengembangkan keseimbangan dan membantu mereka belajar untuk mengontrol respons mereka.

5. Meningitis dan septikemia

Pemulihan dari meningitis merupakan proses yang sangat lamban dan bertahap bagi kebanyakan pasien yang dapat menderita kelelahan ekstrim selama beberapa bulan.

Meningitis karena virus , yang dapat ditularkan melalui batuk, bersin, dan kebersihan yang buruk, adalah bentuk yang tak terlalu serius dan pasien biasanya sembuh dalam satu atau dua minggu.

Tetapi beberapa orang mungkin mengalami efek lanjutan seperti kelelahan, lekas marah dan perubahan suasana hati dan harus berkonsultasi dengan dokter mereka jika efek tersebut tidak menghilang.

Meningitis karena bakteri, yang disebabkan oleh berbagai bakteri dan menyebar melalui kontak dekat, jauh lebih berbahaya.

Sekitar satu dari empat orang yang bertahan hidup dari meningitis karena bakteri atau septikemia meningokokus (keracunan darah) akan mengalami efek lanjutan seperti masalah dengan koordinasi, konsentrasi, dan memori.

Sakit kepala parah akibat peradangan saraf dan peningkatan tekanan di dalam kepala dapat dialami berbulan-bulan – atau dalam beberapa kasus bertahun-tahun – untuk menghilang setelah infeksi sembuh.

Nyeri juga dapat berasal dari masalah fisik lain yang disebabkan oleh meningitis atau septikemia, seperti kerusakan kulit, otot, sendi, atau saraf.

Ini biasanya menghilang selama pemulihan, tetapi dalam kasus yang jarang dapat menjadi kronis.

Latihan sering dapat memainkan peran dalam membantu pemulihan tetapi sangat penting bahwa pasien memacu kecepatannya sendiri sesuai dengan saran dari dokter.

Beberapa pasien yang mengalami radang yang parah dapat dibiarkan dengan masalah dalam berjalan atau bergerak dan akan mendapatkan keuntungan dari latihan untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas dan membuat tugas-tugas sehari-hari lebih mudah dikelola.

(Foto: mirror.co.uk)