Loading...

10 Cara Efektif Meningkatkan Peluang Kehamilan

Penulis: Riyadh Rubrik: Kesehatan

Beberapa wanita hamil dengan mudah, yang lainnya menghabiskan berbulan- bulan atau bahkan bertahun-tahun berusaha untuk hamil. Mengapa demikian? Para ahli mengakui hal itu sebagian besar masih misteri, ulas FoxNews, Sabtu (01/03/14).

Kami memiliki petunjuk – faktor seperti kapan ibu Anda melewati masa menopause dan seberapa teratur siklus Anda – tetapi mereka tak memberitahu kita semuanya,” kata Dr Sarah Berga, ketua ob – gyn dan kesehatan perempuan di Wake Forest Baptist Medical Center, Winston – Salem, NC. “Kebanyakan tergantung pada individunya.”

Meningkatkan Peluang Kehamilan

Loading...

Berkaitan dengan hal tersebut, ada 10 cara yang memungkinkan untuk Anda dan suami terapkan agar dapat meningkatkan peluang Anda untuk hamil. Cobalah mengotak-atik  gaya hidup berikut ini.

1. Singkirkan Kecanduan Akan Soda

Wanita yang minum dua atau lebih porsi jenis soda apapun sehari memiliki tingkat kesuburan sekitar 16 persen lebih rendah daripada wanita yang tidak meminumnya, demikian menurut sebuah studi 2012 yang juga ditulis oleh Lauren Wise, ScD.

2. Tidur Lebih Awal

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang menjalani perawatan IVF melihat hasil terbaik ketika mereka secara teratur tidur antara tujuh sampai delapan jam tidur malam. Berhentilah  gelisah dan tidurlah  dengan nyenyak untuk meningkatkan peluang Anda.

3. Menyikat Gigi dengan Lebih Baik

Penyakit gusi dapat menambah kelebihan dua bulan pada jumlah waktu yang dibutuhkan untuk hamil, demikian penelitian Australia  di tahun 2011 menunjukkan. Pastikan Anda memeriksa gigi sebelum mencoba untuk hamil.

4. Berolahraga, Tapi Tidak Terlalu Banyak

Wanita kurus yang bekerja keras lima jam seminggu atau lebih memiliki peluang 42 persen lebih rendah untuk hamil dibandingkan mereka yang tidak berolahraga keras, demikian penelitian Lauren Wise menunjukkan.

5. Jangan Biarkan Suami Berlama-lama di Sofa

Orang-orang yang menonton lebih dari 20 jam TV seminggu memiliki jumlah sperma 44 persen lebih rendah daripada mereka yang nyaris tidak menonton,  demikian sebuah studi di Harvard tahun 2013 menunjukkan.

6. Atasi Kecemasan Kronis

” Jika tingkat stres Anda menjadi cukup tinggi, Anda hanya akan berhenti berovulasi ,” jelas Dr Berga.

7. Cobalah Menghindari Gluten

Sebuah studi Columbia University baru-baru ini menunjukkan bahwa 6 persen wanita dengan infertilitas yang tidak dapat dijelaskan memiliki penyakit celiac.

“Mereka menghasilkan antibodi yang dapat mengganggu perkembangan plasenta,” kata penulis studi Dr Peter Green. Setelah subjek menjalani diet bebas gluten, mereka dapat hamil dalam waktu satu tahun.

8. Dorong Suami untuk Menurunkan Berat Badan

Pria yang kelebihan berat badan atau obesitas lebih cenderung memiliki jumlah dan konsentrasi sperma yang rendah , demikian menurut sebuah studi dari tahun 2013.

9. Dan … Berhenti Merokok

Merokok mengarah pada kualitas sperma yang lebih rendah, demikan menurut American Society for Reproductive Medicine, itulah mengapa direkomendasikan berhenti merokok jika mencoba untuk hamil.

10. Juga … Pindahkan Ponselnya

Pria yang menyimpan ponsel di ikat pinggang mereka atau di saku celana mereka memiliki jumlah sperma yang lebih rendah, demikian menurut review yang dipublikasikan oleh Environmental Working Group, mungkin karena gelombang elektromagnetik yangdikeluarkan oleh ponsel.

**

Demikian sepuluh cara meningkatkan peluang kehamilan. Dibarengi dengan sungguh-sungguh memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, kemudian mengerahkan semua yang menjadi wilayah daya dan upaya Anda, semoga akhirnya Anda memperoleh putra/putri yang Anda idamkan.

(Foto: greenprophet.com)