Loading...

3 Cara Entrepreneur Melatih Otak Agar Tetap Fokus

Penulis: Riyadh Rubrik: Bisnis, Dunia Karir

 Cara Entrepreneur Melatih OtakTERUSKAN.COM – Sebagai entrepreneur, Anda tentu memiliki banyak urusan di tangan Anda. Mempertahankan fokus bisa teramat sulit dengan arus konstan karyawan, klien, surel, dan telepon menuntut perhatian Anda.

Di tengah kebisingan, memahami keterbatasan otak Anda dan mengatasinya dapat meningkatkan fokus dan produktivitas Anda.

Otak kita secara halus menyesuaikan diri dengan gangguan, sehingga lingkungan digital saat ini membuatnya sangat sulit untuk fokus   “Gangguan (distraksi) menandakan bahwa sesuatu telah berubah,” kata David Rock, salah satu pendiri NeuroLeadership Institute dan penulis Your Brain at Work (HarperCollins,2009).

Loading...

“Sebuah gangguan adalah peringatan yang mengatakan, ‘Orientasikan perhatian Anda di sini sekarang, ini bisa berbahaya.’ ” Reaksi otak bersifat otomatis dan hampir tak terbendung.

Meskipun multitasking (pengerjaan beberapa tugas sekaligus) merupakan keterampilan penting, ia juga memiliki sisi negatifnya. “ia mengurangi kecerdasan kita, benar-benar menjatuhkan IQ kita,” kata Rock. ” Kami membuat kesalahan, kehilangan isyarat halus, kehilangan kendali ketika kita tak seharusnya demikian, atau mengucapkan hal yang salah.”

Lebih parahnya lagi, gangguan itu terasa hebat. “Lampu sirkuit penghargaan di otak Anda menyala ketika Anda multitask,” kata Rock, yang berarti bahwa Anda mengalami tingkat emosional yang tinggi ketika Anda melakukan banyak sekaligus.

Pada akhirnya, tujuannya bukanlah fokus yang konstan, melainkan periode singkat bebas gangguan setiap harinya. “Fokus mendalam dua puluh menit sehari bisa transformatif,” kata Rock.

Cobalah tiga tips berikut dari Entrepreneur untuk membantu Anda lebih terfokus dan produktif:

1 . Lakukan Pekerjaan Kreatif Terlebih Dahulu

Biasanya, kita melakukan pekerjaan di luar kepala pertama baru menuju tugas terberat. Tindakan itu menguras energi dan menurunkan fokus Anda.

“Setelah satu jam melakukan pekerjaan Anda, Anda punya kapasitas jauh lebih sedikit daripada di awal,” kata Rock. ” Setiap keputusan yang kita buat melelahkan otak.”

Untuk dapat fokus dengan efektif, balik urutannya. Letakkan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi atau kreativitas pertama kali di pagi hari, kemudian bergerak ke pekerjaan yang lebih mudah, seperti menghapus surel atau menjadwalkan rapat, lebih siangan.

 2 . Alokasikan Waktu Anda dengan Sengaja

Dengan mempelajari ribuan orang, Rock menemukan bahwa kita benar-benar fokus rata-rata hanya selama enam jam per minggu. “Anda mesti benar-benar rajin dengan apa yang Anda masukkan ke dalam jam-jam tersebut,” katanya.

Kebanyakan orang dapat melakukan fokus terbaik di pagi hari atau larut malam, dan studi Rock menunjukkan bahwa 90 persen orang melakukan pemikiran terbaik mereka di luar kantor.

Perhatikan di mana dan kapan fokus terbaik Anda, kemudian alokasikan tugas terberat Anda untuk saat-saat tersebut.

3 . Latih Pikiran Anda Seperti Otot

Ketika multitasking adalah hal biasa, otak Anda cepat beradaptasi. Anda kehilangan kemampuan untuk fokus saat distraksi menjadi kebiasaan.” Kami telah melatih otak kita untuk tidak fokus,” kata Rock.

Latih konsentrasi dengan mematikan semua distraksi dan mengerahkan perhatian Anda untuk satu tugas. Mulai dari yang kecil, mungkin lima menit per hari, dan kerjakan sampai dengan potongan yang lebih besar dari waktu ke waktu. Jika Anda mendapati pikiran Anda mengembara, cukup kembali saja ke tugas di tangan.

“Ini seperti usaha menjadi bugar,” kata Rock. “Anda harus membangun otot untuk dapat fokus.”

**

Demikian tiga cara bagi para entrepreneur untuk melatih otak untuk tetap fokus. Dengan fokus yang terjaga, akan lebih banyak pekerjaan berkualitas yang terselesaikan. Dan dengan begitu akan lebih produktif Anda jadinya.

(Foto: entrepreneur.com)