4 Cara Alami Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan

StretchmarkApakah pengertian dari stretch mark?

Mungkin kita sendiri pernah terkena stretchmark tetapi kita tidak mengetahui apakah itu adalah gejala stretch mark atau bukan, karena istilah asing ini mungkin belum begitu familiar di kalangan masyarakat luas.

Nah, agar kita sama – sama mengerti apakah stretch mark  itu dan bagaimana cara mengatasinya, melalui info kesehatan ini akan dibagi 4 tips sehat untuk mengetahui dan menyembuhkan stretchmark setelah melahirkan.

Stretch mark merupakan garis – garis atau guratan yang memiliki warna merah muda dan biasanya terjadi di permukaan kulit kita, umumnya paling banyak ditemukan pada area perut.

Guratan ini bila hanya anda diamkan begitu saja atau tidak segera diatasi, maka lama kelamaan akan menyebabkan perubahan warna menjadi garis/guratan berwarna putih, tentu tidak bagus untuk penampilan sehat kulit anda apalagi jika harus berada pada kondisi anda harus mengenakan pakaian minim seperti di pantai atau kolam renang.

Penyebab seseorang terkena stretch mark biasanya terjadi karena kondisi kulit tubuh mengalami peregangan. Nah jika anda mengalami peregangan kulit seperti dalam kondisi hamil atau obesitas, ini akan menyebabkan elastisitas/kelenturan kulit tubuh menurun, sehingga kulit mudah pecah dan mulai timbul guratan atau garis – garis yang populer dengan istilah stretch mark.

Bagaimana cara mengatasi stretch mark? Terapkan tips sederhana di bawah ini:

1). Air lemon

Air lemon mempunyai sifat alami yaitu sifat asam. Di samping sifat asam, air lemon juga mempunyai sifat yang bisa memutihkan kulit. Oleh karenanya, cairan ini ampuh dipakai sebagai media menghilangkan stretch mark di permukaan kulit.

Caranya adalah sediakan beberapa buah lemon segar kemudian belah dua atau empat bagian, oleskan pada stretch mark dengan gerakan melingkar. Tunggu kira – kira 10 menit sampai air lemon meresap merata ke dalam kulit dan selanjutnya bisa anda bilas memakai air dingin.

Ulangi perawatan ini secara rutin untuk memperoleh hasil optimal.

2). Lidah buaya

Stretch mark muncul sebagai bukti bahwa kulit anda telah kehilangan sifat – sifat elastisitas yang alami. Oleh sebab itu lidah buaya yang banyak mempunyai sifat menenangkan ini bisa anda pakai untuk mengembalikan elastisitas alami kulit anda.

Anda bisa menggosokkan gel lidah buaya tersebut pada kulit yang terkena stretch mark.

3). Putih telur

Putih telur banyak mengandung zat asam amino dan protein yang dikenal bisa menyembuhkan stretch mark.

Kocok putih telur dengan lembut lalu oleskan pada wilayah stretch mark yang tumbuh pada permukaan kulit anda. Biarkan kering. Setelahnya bisa anda bilas memakai air dingin lalu oleskan sedikit minyak zaitun pada kulit yang berfungsi melembabkan kulit di daerah yang terkena stretch mark.

4). Minyak jarak

Biji buah jarak dari jaman dahulu memang sudah terkenal mempunyai sifat yang bisa menghilangkan stretch mark.

Oleh karena itu, beberapa perawatan tradisional menganjurkan khususnya kepada para wanita yang baru melahirkan untuk sering melakukan pijatan ringan di area kulit stretchmark dengan minyak ini.

**

Itulah beberapa cara sederhana perawatan yang dapat anda terapkan di rumah yang bisa menolong menghilangkan stretch mark di kulit. Ternyata, mudah untuk dilakukan bukan?

Selamat mencoba!

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *