Loading...

Peluang Usaha dengan Modal 1 Juta

Penulis: Asri Tadda Rubrik: Bisnis

Peluang Usaha dengan Modal KecilTERUSKAN.COM – Akhir akhir ini harga kebutuhan pokok selalu naik dan mengalami fluktuasi. Hal ini membuat siapapun akan berusaha mendapatkan penghasilan tambahan untuk rumah tangganya.

Peningkatan harga dan fluktuasinya pertumbuhan ekonomi juga membuat kita tidak bisa lagi mengandalkan penghasilan hanya dari satu sumber, mengingat kebutuhan tidak hanya untuk sehari – hari saja.

Selain kemauan, untuk membangun usaha juga diperlukan juga modal demi menjalankan operasional usaha. Tetapi yang paling penting dari semuanya, kita membutuhkan keterampilan dan pemikiran kreatif. Keterampilan, kemauan, serta pemikiran kreatif yang tinggi merupakan suatu modal yang penting.

Loading...

Usaha yang menggunakan modal yang terbatas bisa dilakukan oleh semua orang, asalkan ada kemauan dan semangat yang tinggi untuk menjalankannya. Usaha seperti ini sebaiknya dilakukan di rumah. Anda tinggal melihat saja apa yang dibutuhkan untuk menjalankannya karena biaya bisa lebih ditekan.

Untuk usaha dengan modal sampai dengan satu juta rupiah, ada beberapa bisnis yang mungkin bisa jadi pilihan. Salah satunya adalah berbisnis susu kedelai. Berikut adalah ulasan singkat bagaimana Anda bisa mulai berbisnis susu kedelai ini.

Persiapan Membuat Susu Kedelai

Sebenarnya tidak perlu ada persiapan khusus dalam proses pembuatan susu kedelai karena hanya menggunakan peralatan dapur yang umum. Oleh karena itu usaha ini sangat cocok dilakukan oleh ibu – ibu rumah tangga untuk membantu finansial keluarga.

Peluang Usaha dengan Modal 1 Juta

Bisnis Susu Kedelai, Peluang Usaha dengan Modal 1 Juta

Alat – alat yang digunakan antara lain:

Blender

Alat yang wajib ada untuk pembuatan susu kedelai, karena blender sebagai modal bisnis yang akan dipakai dalam setiap proses produksi susu kedelai. Untuk perkiraan harga, harga blender bervariasi tergantung merek dan ukuran. Tetapi dengan Rp. 500.000 kita sudah bisa mendapatkan blender dengan kualitas baik dan cocok untuk industri kecil – kecilan.

Baskom dan Saringan

Untuk baskom dan saringan cukup dengan mengeluarkan modal sebesar 25 – 90 ribu saja. Dengan dana seperti itu, maka baskom dan saringan sudah dapat dimiliki.

Plastik Kemasan

Plastik ini adalah yang akan digunakan untuk mengemas dari produk yang akan kita hasilkan. Plastik kemasan ukuran 1 kilo dengan kualitas bagus memiliki harga sekitar 20 – 30 ribu.

Bahan Baku Utama (Kedelai)

Kita harus memperkirakan seberapa banyak nantinya kita akan berproduksi dalam satu sesi. Diperkirakan normalnya adalah sebanyak 5 kg kedelai yang akan diolah. Oleh karena itu, kedelai 5 kg dapat dimiliki dengan harga 20 ribu / kilo, jadi totalnya untuk 5 kg yaitu 100 ribu.

Gula dan Bahan – Bahan Pendukung lainnya

Untuk memenuhi ini cukup dengan 100 ribu.

Gas Elpiji

Dengan membeli langsung di SPBU akan mendapatkan harga eceran termurah. Cukup dengan biaya 15 ribu rupiah saja.

****

Bila dijumlahkan, maka semua alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat susu kedelai ini hanya sebesar 800 – 850 ribu saja.

Selain itu, untuk proses produksi kedua akan lebih murah lagi karena tidak perlu membeli blender lagi, cukup membeli bahan baku dan bahan tambahan yang habis saat proses produksi sebelumnya. Sangat menguntungkan karena waktu balik modalnya juga terhitung cepat tergantung dari harga penjualannya.

Langkah-Langkah dan Cara Membuat Susu Kedelai

Langkah-langkah dan tata cara membuat susu kedelai adalah sebagai berikut:

  1. Kedelai dicuci bersih lalu direndam di air bersih selama 8 – 12 jam, kira-kira sampai mengembang dan empuk. Gantilah airnya setiap 4 jam sekali.
  2. Setelah itu bilas dengan air bersih sampai bersih.
  3. Kemudian direbus sampai matang atau agak empuk, lalu tiriskan.
  4. Setelah agak dingin lalu diblender dengan perbandingan 1(kedelai) banding 2(air) agar mendapatkan susu kedelai yang kentalnya sedang.
  5. Kemudian hasilnya disaring dengan saringan kain tipis yang bersih. Penyaringan dapat dilakukan dengan diperas agar semua kandungan kedelai bisa keluar.
  6. Hasilnya berupa susu mentah kemudian direbus hingga mendidih sekali saja.
  7. Kecilkan api dan biarkan di atas api sampai +- 15 menit sambil terus di aduk aduk tujuannya agar susu kedelai lebih tahan lama dan tidakmudah basi selain itu juga agar susu kedelai bisa tercampur dengan baik/ tidak mengendap bila di biarkan.
  8. Setelah itu tambahkan gula dan garam sesuai selera, juga masukkan vanili untuk penambah aroma, atau kalau mau ditambah jahe juga boleh atau perasa strawberry, durian dan lain-lain sesuai selera.

Begitulah salah satu bisnis yang dapat dijalankan dengan modal sampai dengan satu juta rupiah. Berbisnis susu kedelai merupakan salah satu pilihan yang sangat tepat untuk ibu rumah tangga dan sangat menguntungkan karena tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, mudah, dan untuk balik modal sangat cepat.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan

Selain itu, menurut Sandra Metta, salah satu pelaku bisnis di Indonesia, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memulai usaha dengan modal di bawah Rp. 1 juta:

1. Hindari sewa tempat

Usaha yang baru berjalan masih membutuhkan beberapa pembenahan terutama untuk promosi. Dengan modal yang terbatas, alangkah baiknya Anda menggunakan sarana yang telah dimiliki. Contohnya saat berjualan susu kedelai, tidak perlu untuk buru – buru menyewa tempat ataupun gerobak. Pasarkan di lingkungan sekitar supaya lingkungan tahu keberadaan produk susu kedelainya.

2. Utamakan kerja sama daripada menggaji karyawan

Maksudnya Anda tidak perlu menggunakan jasa orang lain dulu. Bila tempat usaha di rumah, Anda bisa meminta bantuan anggota keluarga seperti anak. Apabila memang harus menggaji mereka dengan menggunakan modal yang ada, tetapi dengan system bagi hasil. Hal ini baik untuk usaha di bidang jasa, karena yang lebih diutamakan adalah kerja sama.

3. Pilih konsep waktu yang tepat untuk usaha

Waktu yang dimaksud adalah usaha yang Anda jalankan di saat apa. Dalam menjalankan bisnis susu kedelai, biasanya akan lebih tepat menjualnya di saat pagi hari atau sore hari dikala orang – orang baru memulai aktivitas dan yang baru pulang beraktivitas.

***

Demikianlah salah satu pilihan bisnis dan tips bagi orang – orang yang mempunyai modal sampai dengan satu juta rupiah dan ingin memulai bisnisnya. Good luck!