Loading...

Tips Mengurangi Mata Tegang di Depan Komputer

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan

Tips Mengurangi Mata Tegang di Depan KomputerDi era teknologi modern ini, komputer, laptop dan smartphone telah menjadi bagian integral dari kehidupan. Pengetahuan aplikasi komputer telah menggantikan keterampilan mengetik dalam profil pencarian kerja, dan komputer di setiap meja di tempat kerja menjadikan mesin ketik tampak usang.

Tapi menatap layar terang pada gadget dapat mengakibatkan mata tegang dan menimbulkan banyak masalah yang dapat membahayakan penglihatan Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk mengurangi mata tegang, agar mata Anda tetap sehat bahkan ketika Anda menghabiskan lebih dari 10 jam sehari menatap monitor.

Dilansir dari Medindia, berikut tanda-tanda dan gejala yang mengindikasi bahwa mata Anda semakin terpengaruh oleh komputer Anda:

Loading...

– Nyeri dan tegang di sekitar mata yang mengakibatkan sakit kepala dalam beberapa menit
– Mata merah dan kering
– Kelelahan
– Sensitivitas terhadap cahaya
– Sakit kepala
– Penglihatan kabur dan ganda

Jika Anda berada di depan komputer Anda selama berjam-jam dan Anda telah menghadapi masalah tersebut akhir-akhir ini, belum terlambat untuk bertindak. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda melindungi mata Anda:

Gunakan Huruf Besar

Semakin kecil ukuran huruf, semakin sering mata Anda harus meregang untuk membacanya. Oleh karena itu, gunakan ukuran huruf yang besar dan istirahatkan mata Anda. Pastikan resolusi layar Anda tinggi agar visibilitas huruf lebih jelas.

Beralih ke Cetak

Kita tahu ada banyak sekali informasi, dan mudah untuk memilih apa yang Anda ingin baca dari sejumlah situs yang ada di internet, tapi kadang-kadang, ada baiknya untuk beralih ke buku dan jurnal cetak. Untuk mencegah mata tegang, cetak konten penting dan bacalah.

Beristirahat

Melotot terus-menerus di depan komputer Anda dapat menegangkan mata Anda dan menyebabkan sakit kepala dan kelelahan.

Ingatlah untuk mengambil istirahat 20 detik setelah setiap 20 menit. Ini berarti Anda perlu menjauhkan mata Anda dari dari komputer dan menatap ke ruang angkasa atau benda yang kira-kira 20 meter jauhnya dari Anda. Anda juga dapat mengambil perjalanan singkat ke pendingin air atau toilet.

Gunakan Pencahayaan yang Tepat

Pastikan bahwa Anda memiliki pencahayaan di sekitar ketika Anda bekerja di depan komputer Anda. Terlalu terang dapat menyebabkan mata Anda tegang. Pencahayaan harus setengah terang yang biasanya ditemukan di banyak kantor.

Banyak orang merasa nyaman dengan lampu neon menyala di atas monitor mereka. Trik ini juga membantu untuk mengurangi mata tegang akibat komputer. Anda juga dapat mencoba mengubah resolusi monitor untuk menghindari ketegangan.

Gunakan LCD

Jika Anda masih bekerja pada monitor tabung sinar katoda lama, maka saatnya Anda meng-upgrade sistem dan membawa pulang monitor LCD. Monitor LCD kurang berbahaya bagi mata Anda.

Ketika Anda membeli monitor baru untuk diri Anda sendiri, pilihlah monitor dengan resolusi tertinggi. Layar LCD/LED bebas dari masalah kedip-kedip seperti yang sering ditemukan pada monitor tabung tua. Layar berkedip menyebabkan lebih banyak ketegangan pada mata Anda. Pilih layar yang memiliki ukuran layar minimal 19 inci.

Mengedipkan Mata

Banyak orang berkedip lebih sedikit saat menatap komputer. Bekerja berjam-jam lamanya di depan komputer dapat menyebabkan mata kering. Mengedipkan mata menghasilkan air mata pada mata dan membantu menjaga kelembaban dan lubrikasi pada mata.

Jadi jangan lupa untuk sering-sering berkedip.