Loading...

Sehat dan Cantik dengan Buah Apel

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan

Sehat dan Cantik dengan Buah ApelApel yang renyah, dengan daging buah lezat berwarna putih, datang dalam variasi ukuran dan warna seperti merah, kuning atau hijau. Apel mengandung nutrisi penting seperti vitamin dan mineral, termasuk serat, dan yang paling sering dimakan dalam keadaan segar, meskipun juga digunakan untuk memasak dan keperluan kue.

Buah ini memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, berikut diantaranya, dilansir dari Medindia:

Jantung dan Paru-Paru

Loading...

Apel kaya akan antioksidan dan flavonoid seperti quercetin yang dapat membantu dalam menurunkan resiko berbagai masalah jantung kronis seperti serangan jantung, dan asma. Menurut penelitian, kandungan quercetin dalam apel juga memberikan manfaat anti-inflamasi pada sistem kardiovaskular dan mengurangi peradangan pada sistem pernapasan.

Mencegah Kanker

Antioksidan dan manfaat inflamasi apel dapat membantu mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker paru-paru, kanker usus besar dan kanker payudara. Sejumlah penelitian juga telah menunjukkan bahwa apel adalah salah satu buah yang luar biasa yang begitu erat kaitannya dengan penurunan kanker, terutama kanker paru-paru.

Mengendalikan Diabetes

Apel mengandung antioksidan kuat. Apel juga mengandung serat larut yang membantu dalam memperlambat pencernaan makanan dan mengurangi penyerapan glukosa ke dalam aliran darah, yang baik untuk penderita diabetes. Oleh karena itu, apel merupakan camilan baik untuk penderita diabetes.

Mengurangi Resiko Stroke

Para peneliti menemukan bahwa fitonutrien yang ditemukan dalam apel dapat membantu mengurangi resiko stroke. Oleh karena itu, untuk mencegah stroke, konsumsi apel setiap hari, karena manfaatnya lebih cenderung terhadap orang-orang yang mengkonsumsi apel secara teratur.

Gigi dan Gusi

Asam malat dalam apel telah terbukti secara ilmiah dapat memutihkan gigi. Asam malat umumnya digunakan dalam banyak produk pemutih gigi komersial karena aman melarutkan noda pada permukaan gigi. Asam malau juga membantu mengurangi resiko kerusakan gigi dan penyakit gusi dengan menurunkan tingkat bakteri. Jadi kunyahlah apel setiap hari untuk meningkatkan kesehatan gigi dan gusi.

Menurunkan Kolesterol Jahat

Kandungan serat larut yang ada dalam apel telah dikaitkan dengan penurunan kadar LDL atau kolesterol jahat. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan apel setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik, tanpa menimbulkan kenaikan berat badan.

Kulit Sehat

Makan sebuah apel sehari dapat membantu mempertahankan kulit sehat. Apel merupakan sumber nutrisi yang baik seperti vitamin, memberikan keajaiban ketika bicara mengenai kesehatan kulit. Apel juga melindungi terhadap sinar matahari UV dan membantu kulit yang belum matang berkembang menjadi jaringan kulit matang dan fungsional.

Melawan Obesitas

Penelitian telah menunjukkan bahwa asam ursolat, zat alami yang ditemukan dalam kulit apel, dapat membantu meningkatkan massa otot dan juga merangsang produksi lemak coklat, jenis jaringan lemak yang berhubungan dengan penurunan berat badan.

Menurunkan Resiko Alzheimer

Apel adalah makanan yang kaya antioksidan yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa konsumsi makanan kaya antioksidan, seperti apel, dapat membantu mengurangi masalah yang terkait dengan hilangnya memori dan meningkatkan kesehatan otak. Oleh karena itu, konsumsilah sebuah apel sehari atau minum segelas jus apel setiap hari untuk otak yang sehat.