Loading...

Konsumsi 10 Makanan Super Ini Sekarang Juga!

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan

Sementara beberapa makanan yang melalui proses minimal memiliki ragam manfaat, , makanan tertentu terutama ampuh dalam mengurangi dan bahkan mencegah berbagai penyakit yang menimpa masyarakat modern, termasuk kanker, penyakit jantung, dan penyakit lainnya yang berkaitan dengan usia. Berikut adalah 10 “makanan super” yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, fungsi otak, bahkan memberikan cahaya muda bagi Anda, dilansir dari Newsmax Health.

Konsumsi 10 Makanan Super Ini Sekarang Juga!

1. Tomat

Loading...

Antioksidan likopen yang melimpah dalam tomat membantu kulit mempertahankan kemudaannya, dan dapat mengurangi resiko penyakit jantung, serta beberapa kanker, termasuk kanker payudara, paru-paru, dan usus besar. The Journal of National Cancer Institute menemukan bahwa pria yang mengonsumsi 10 porsi makanan berbasis tomat setiap minggu memiliki resiko terkena kanker prostat lebih rendah hingga 45 persen.

2. Ikan

Beberapa ikan, seperti salmon, sarden, dan mackerel dikemas dengan asam lemak omega-3 yang melawan peradangan. Asam lemak omega-3 ini juga menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar trigliserida, dan memperlambat pertumbuhan plak aterosklerosis.

Mereka yang mengonsumsi ikan secara teratur memiliki tingkat penyakit Alzheimer dan penyakit jantung yang lebih rendah. Sebuah studi di Harvard menemukan bahwa pria yang mengonsumsi ikan lebih dari tiga kali seminggu memiliki peluang terkena kanker prostat yang lebih rendah hingga 40 persen.

3. Kacang

Seperti ikan berlemak, kacang juga kaya akan omega-3, dan baik untuk jantung dan otak. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa kacang menurunkan kolesterol LDL (“buruk”), mengurangi resiko terjadinya pembekuan darah, dan meningkatkan lapisan arteri.

Kacang juga mengandung vitamin B dan mineral, termasuk selenium, dan magnesium. Studi menunjukkan bahwa kacang membantu elastin dan kolagen pada kulit sehingga menjaga kulit terlihat muda.

4. Brokoli

Semua sayuran cruciferous, yang meliputi brokoli, kubis, kale, kubis Brussel, dan kembang kol, mengandung fitokimia yang melawan kanker. Sebuah senyawa yang disebut glukosinolat dapat membantu menetralkan efek penyebab kanker dari pestisida dan herbisida, menurut Dr. Russell Blaylock, penulis buku The Wellness Blaylock Report.

5. Anggur

Kaya akan antioksidan yang disebut resveratrol, yang merupakan anti-inflamasi dan anti-koagulan, anggur merah telah terbukti memperpanjang masa hidup hewan uji. Anggur mengandung beberapa nutrisi kuat lainnya yang menjauhkan kanker, termasuk bioflavonoid (terutama quercetin) dan ellagic acid.

6. Berry

Blueberry, raspberry, dan berry dengan warna gelap lainnya mengandung fitokimia yang dikenal sebagai flavonoid. Antioksidan ini telah terbukti meningkatkan fungsi otak dan memperlambat pertumbuhan beberapa jenis kanker. Banyak berry yang mengandung ellagic acid, yang juga memperlambat pertumbuhan tumor.

7. Teh

Teh hijau dan putih mengandung sejumlah besar EGCG, antioksidan yang dikaitkan dengan rendahnya resiko penyakit jantung, penyakit Alzheimer, dan berbagai jenis kanker. Selain itu, jaringan pada mata menyerap antioksidan dari teh hijau, yang dapat menangkal glaukoma. Studi juga telah menunjukkan bahwa teh hijau dapat mengatur gula darah, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan metabolisme.

8. Cranberry

Para peneliti di University of Scranton di Pennsylvania menemukan bahwa minum tiga gelas jus cranberry setiap hari selama satu bulan secara signifikan meningkatkan kolesterol HDL (“baik”) sebesar 10 persen dan menurunkan resiko penyakit jantung sebesar 40 persen. Cranberry mengandung fitokimia yang telah ditemukan memblokir tumor kanker di kepala dan leher serta dalam usus besar dan prostat.

9. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa allium, yang menahan karsinogen memasuki sel. Menurut penelitian, bawang putih – serta bawang dan daun bawang – menurunkan resiko kanker perut dan usus besar. Studi-studi lain telah menemukan bahwa bawang putih dapat mengurangi kadar kolesterol, dan ia dapat mengencerkan darah lebih efektif daripada aspirin.

10. Cokelat

Studi menunjukkan bahwa cokelat kaya antioksidan memiliki dosis rendah dengan efek seperti aspirin yang dapat membantu mencegah serangan jantung dan stroke, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan aliran darah. Dark chocolate telah terbukti mengurangi hormon stres, memperbaiki suasana hati, melindungi kulit dari kerusakan sinar UV, memperkuat enamel gigi, dan bahkan menekan batuk.