Loading...

9 Manfaat Kesehatan si Wangi Rosemary

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Rosemary adalah ramuan umum yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan, khususnya hidangan barat. Tumbuhan ini memiliki aroma yang harum, juga dikenal dengan nama embun laut.

Manfaat Kesehatan si Wangi Rosemary

Rosemary memiliki sejumlah kandungan nutrisi sehat yang bisa menjadi manfaat besar untuk tubuh Anda . Silakan simak artikel berikut untuk mengetahui 9 manfaat kesehatan dari rosemary.

Loading...

1 . Baik Sebagai Anti Bakteri

Rosemary dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang berperan untuk melawan bakteri yang menyebabkan sakit perut. Selain itu juga memiliki kandungan sifat anti bakteri yang melindungi Anda dari infeksi staph.

2 . Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Pencernaan yang buruk akibat makanan yang dikonsumsi dapat menyebabkan diare, sembelit, gangguan pencernaan, kram perut, perut kembung dan masalah lambung lainnya.

Untuk mencegah hal ini, Anda dapat menggunakan rosemary sebagai solusinya.

3 . Meningkatkan Kesuburan Rambut

Rosemary juga dipercaya dapat meningkatkan kesuburan rambut, membuatnya tetap panjang, dan indah.

Campurkan 1 sendok makan minyak rosemary, 2 sendok minyak almond lalu pijat kulit kepala Anda selama 20 menit setiap hari selama 6-7 bulan.

4 . Meningkatkan Sirkulasi Darah

Minyak rosemary dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala. Gunakan  ujung jari Anda yang telah dioleskan minyak esensial dan lakukan pijatan pada kulit kepala dengan gerakan melingkar untuk merasakan hasilnya.

5 . Membantu Fungsi dan Kerja Ginjal

Rosemary diketahui sebagai bahan alami yang mengandung diuretik karena membantu mengurangi kembung dan retensi air dalam tubuh Anda.

Rosemary biasa digunakan dan ditambahkan dalam membuat ramuan dalam diet karena akan meningkatkan  produksi dan aliran urine. Ini tentunya secara langsung juga akan membantu fungsi ginjal untuk membuang kelebihan air pada tubuh Anda sehingga membuat jumlah air pada ginjal berada pada sisi normal.

6 . Dapat Mengatasi Masalah Pernapasan

Selama bertahun-tahun, rosemary telah diyakini dapat membantu Anda  yang menderita masalah pernapasan. Menghirup aroma minyak rosemary membantu melarutkan pernapasan yang tersumbat seperti flu, pilek  alergi, iritasi tenggorokan dan sinus.

7 . Meningkatkan Memori dan Konsentrasi Otak

Rosemary secara signifikan dapat meningkatkan kinerja otak yang juga akan berpengaruh pada peningkatan konsentrasi dan kemampuan dalam hal daya ingat.

Tetapi penting juga Anda ketahui saat mengonsumsi terlalu banyak rosemary juga akan melemahkan fungsi kognitif Anda.

8 . Dapat Mencegah Kanker

Asam carnosol, asam ursolat carnosic dan asam rosmarinic yang ditemukan pada rosemary dapat mencegah atau menekan perkembangan tumor dan kanker di tubuh.

Selain itu juga mengurangi risiko kanker usus besar, payudara, perut, hati, sel melanoma dan sel-sel leukemia.

9 . Memperlambat Proses Penuaan

Karena memiliki sifat anti – inflamasi dan kandungan antioksidan, rosemary menjadi bahan yang banyak digunakan untuk krim anti – penuaan dan lotion. Tidak hanya merangsang regenerasi kulit, tetapi juga membuat dan meningkatkan kecerahan warna kulit secara keseluruhan.

Selain itu juga  membuat kulit lebih bercahaya dengan cara  mengoptimalkan sirkulasi darah.

**

Demikian 9 manfaat sehat yang dapat Anda peroleh dari rosemary. Dengan pengolahan dan konsumsi dalam jumlah tepat akan banyak manfaat yang Anda dapatkan.