Loading...

Manfaat Buah Semangka Segar, Dari Kulit Hingga Bijinya

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan, Wanita

TERUSKAN.COM – Buah semangka merupakan salah satu jenis buah yang tumbuh subur dan banyak dijumpai pada seluruh daerah di Indonesia. Kandungan air yang melimpah adalah faktor utama yang menjadikan buah ini sebagai salah satu buah favorit masyarakat segala usia.

Berasa manis dan segar, serta mempunyai sejuta khasiat dan manfaat bagus sebagai media kesehatan dan kecantikan. Yang menakjubkan adalah, tak hanya daging buah semangka, akan tetapi kulit dan biji semangka juga memiliki khasiat tertentu yang tidak bisa dianggap remeh.

Manfaat Buah Semangka Segar

Loading...

Nah, di bawah ini dapat Anda baca beberapa manfaat dan khasiat penting dari buah semangka segar mulai dari kulit hingga biji semangka, yang berguna bagi kesehatan dan kecantikan tubuh serta wajah.

Manfaat kulit buah semangka

Berfungsi bagus sebagai obat berbagai sakit bengkak karena timbunan cairan seperti pada penyakit ginjal, kencing manis (diabetes melitus), gatal karena tanaman beracun, sakit sewaktu bangun tidur pagi akibat alkohol (hangover), migren, mencegah kerontokan rambut, menghaluskan kulit dan menghilangkan flek hitam di wajah, kulit kasar, luka bakar, dan terbakar matahari.

Caranya mudah sekali, blender secukupnya kulit buah semangka lalu balurkan pada bagian tubuh yang sakit.

Manfaat daging buah semangka

Sering digunakan sebagai media untuk pengobatan:

  • pingsan karena udara panas (heatstroke)
  • rasa letih, demam, haus disertai mulut kering
  • napas berbau
  • air kemih warnanya gelap dan kuning tua
  • nyeri sewaktu kencing,
  • perut kembung karena banyak gas
  • susah buang air besar (sembelit)
  • sakit tenggorokan dan sariawan
  • hepatitis, tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • disfungsi ereksi (impoten) sekaligus mampu meningkatkan kesuburan pria,
  • keracunan alkohol
  • asam urat tinggi
  • menghilangkan kerutan di wajah

Manfaat biji buah semangka

Sering dipakai sebagai obat ampuh untuk mengobati sakit susah buang air besar selama ibu hamil usia tua, radang hati, radang selaput lendir usus, infeksi kandung kemih, kurang darah (anemia), membasmi cacing usus, dan busung lapar.

Caranya : biji – biji semangka tersebut diolah menjadi makanan siap saji seperti kuaci atau serbuk biji semangka dan tepung.

Khasiat buah semangka untuk kecantikan

Buah semangka sangat cocok dipakai sebagai media perawatan kecantikan kulit tubuh dan wajah yang dapat diaplikasikan dari dalam maupun luar. Khusus untuk perawatan kulit wajah luar, gunakan masker segar dari daging buah semangka.

> Meremajakan kulit

Fungsi buah semangka sebagai media meremajakan kulit Anda dapat dilakukan dengan cara: ambillah 100 gram daging semangka segar, lalu blender. Balurkan pasta semangka ini ke seluruh permukaan wajah sebagai masker hingga wajah Anda terasa sejuk, segar dan dingin, sehingga memberi efek melembabkan.

Efek positif lain dari masker semangka tradisional ini adalah ampuh sebagai pembersih debu dan kotoran hingga ke dalam pori – pori kulit tubuh.

> Melembutkan kulit

Salah satu fungsi buah semangka sebagai salah satu media pelembut kulit. Caranya adalah dengan menyediakan 100 gram daging semangka segar, campur dengan 1 sdm yogurt. Aduk rata lalu aplikasikan pasta alami ini pada seluruh wajah serta leher, diamkan selama 10 menit. Setelahnya bilas wajah menggunakan air dingin.

Buah semangka segar ampuh dalam menjaga dan mengembalikan kelembaban kulit Anda, sedangkan yogurt berfungsi efektif sebagai pelembut kulit.

Kombinasi bahan – bahan tradisional ini sangat mudah diperoleh sehingga jika Anda rutin memakai perawatan wajah dengan cara sederhana ini, niscaya kulit jadi lebih lembut dan bersinar.

> Mengatasi kerutan di wajah

Karena daging buah semangka kaya akan kandungan antioksidan, maka sangat baik dipakai sebagai media pencegah kerusakan permukaan kulit serta ampuh mengatasi kerutan – kerutan kecil di wajah sebagai gejala awal penuaan dini.

Caranya sangat mudah : campur 100 gram daging semangka dengan daging alpukat, blender. Aduk sampai rata lalu aplikasikan di seluruh wajah seperti menggunakan masker.

Diamkan sambil rilekskan wajah Anda kurang lebih 20 menit. Bilas memakai air hangat, kemudian akhiri perawatan dengan kompres wajah memakai air es.

> Menghilangkan noda hitam di wajah

Daging buah semangka sangat bagus dipakai sebagai scrub yang efektif untuk menghilangkan noda – noda hitam pada wajah Anda.

Caranya adalah : sediakan 100 gram daging semangka segar dengan 2 sdm garam. Lalu campur semua bahan sampai rata, scrub dan massage ke seluruh permukaan wajah dengan gerakan melingkar, teratur dan lembut. Biarkan kurang lebih 15 menit, setelahnya dibilas memakai air hangat dan air dingin (es), rasakan sensasi kesegaran kulit, bersih dan bersinar.

**

Itulah  manfaat kesehatan dan kecantikan kulit yang bisa Anda peroleh dari semangka yang segar, buah yang berfungsi utama sebagai media pencegah dehidrasi tinggi karena kandungan air di dalam dagingnya sangat melimpah.

Selamat mencoba!