Loading...

4 Cara Seru Sukses Belajar Bahasa Asing

Penulis: Amanda Rubrik: Wanita

TERUSKAN.COM – Seperti yang kita ketahui, kemampuan berbahasa asing baik satu atau lebih merupakat aset yang cukup dibutuhkan di berbagai bidang pekerjaan.

Hal ini juga disebabkan karena perkembangan dunia global, dunia lapangan kerja seakan menjadi tidak terbatas. Lintas dunia yang menuntut kita mampu berkomunikasi secara global, tentunya dalam bahasa asing.

Belajar Bahasa Asing

Loading...

Bahasa Inggris sebagai bahasa asing utama yang digunakan dan dipelajari seluruh orang di dunia turut memberikan efek positif pada dunia pendidikan, seperti munculnya berbagai kursus bahasa, lembaga belajar bahasa asing, standar kemampuan bahasa Inggris dan lain sebagainya.

Belajar bahasa asing dapat dikatakan mudah sekaligus sulit. Hal ini disebabkan karena tidak semua orang memiliki minat dan bakat yang sama terhadap ketertarikan menguasai bahasa asing.

Tapi karena penguasaan bahasa asing baik itu bahasa Inggris maupun bahasa lainnya sangat penting, seakan merupakan harga mati untuk terus belajar dan belajar.

Cara atau metode pembelajaran bahasa asing tentu sangat beragam. Akan tetapi, bagi beberapa orang, cara-cara tersebut tergolong membosankan dan teoritis.

Nah, ada beberapa cara seru untuk sukses belajar bahasa asing, seperti ulasan kami berikut.

1. Musik

Siapa yang tidak suka musik? Jika anda belajar bahasa suatu negara, anda juga harus belajar mengenal dan menyukai hal lainnya dari negara tersebut.

Salah satunya adalah melalui musik, yang kemudian dijadikan salah satu cara seru untuk belajar bahasa asing. Secara rutin, Anda dianjurkan mendengarkan beberapa lagu berbahasa asing tersebut, sehingga cara dan bunyi pengucapan kata-kata menjadi familiar di telinga anda.

Cara lain yang lebih seru dan menantang adalah dengan mendengarkan lagi berbahasa asing tersebut dan mencoba mencatat liriknya sebisa anda. Setelah itu, cari lirik lagu yang benar di Internet dan bandingkan dengan catatan anda tadi.

Cara ini cukup ampuh untuk mengetahui beberapa pelafalan yang berbeda dengan tulisannya dan lain sebagainya.

2. Film

Jika anda menyukai film, maka media ini tepat untuk anda gunakan sebagai media pembelajaran bahasa asing.

Caranya tentu sangat mudah, dengan menonton film yang berbahasa asing, tanpa ada dubbing. Dibantu dengan subtitle di bagian bawah layar, maka anda akan terbantu untuk mengetahui arti kata yang diucapkan pemeran film.

Cara yang lebih seru adalah dengan menonton fillm bahasa Perancis misalnya, dengan subtitle berbahasa Inggris. Hal ini dapat sekaligus melatih kemampuan bahasa Inggris anda.

3. Teman Orang Asing

Apalah arti belajar bahasa asing jika tidak dipraktikkan? Bahasa asing tentu bukanlah hanya untuk dipelajari secara teoritis, namun juga praktis.

Cara yang paling tepat untuk melatih berbahasa asing secara lisan adalah dengan mengobrol atau berkomunikasi langsung dengan seseorang yang berasal dari negara yang menggunakan bahasa tersebut.

Jika anda merasa kurang percaya diri untuk bercakap langsung jika ada kesempatan di tempat umum, anda dapat mencari teman melalui media internet.

Saat ini belajar bahasa asing merupakan tren global. Cobalah bergabung dengan beberaa komunitas online yang khusus untuk para pecinta bahasa asing, sehingga anda dapat mencari teman untuk saling berlatih bahasa.

4. Menulis Diari

Cara ini termasuk cara yang sebenarnya sering dilakukan untuk melatih kemampuan tulis bahasa asing.

Cobalah untuk menulis catatan harian yang berisi tentang aktivitas anda secara rutin pada buku seperti diari dalam bahasa asing yang anda sedang pelajari.

Cara ini cukup ampuh karena anda akan didorong untuk memikirkan dan merangkai kata-kata dan juga mengetahui beberapa kata yang belum pernah anda dengar dengan cara mencarinya di kamus.

***

4 cara seru belajar bahasa asing tersebut hanyalah beberapa dari banyak cara kreatif lainnya. Yang penting, temukan minat anda dan gabungkan dengan metode belajar bahasa asing agar proses belajar menjadi semakin menyenangkan.

Semoga bermanfaat!