Loading...

5 Tips Perawatan si Rambut Panjang

Penulis: Amanda Rubrik: Fashion, Wanita

TERUSKAN.COM – Banyak yang mengatakan  bahwa wanita terlihat semakin cantik jika berambut panjang. Walau tidak semua orang setuju akan pernyataan ini, namun sebagian dari wanita memang memilih untuk memanjangkan rambutnya agar terlihat semakin cantik dan feminin.

Wanita dengan rambut panjang biasanya juga akan lebih menarik perhatian, terlebih jika rambutnya tebal dan terawat.

Perawatan rambut panjang

Loading...

Merawat rambut panjang memang tidaklah mudah, karena semakin panjang rambut tentu semakin membutuhkan usaha lebih untuk tetap menjaga agar rambut senantiasa sehat.

Masalah-masalah rambut yang muncul pada umumnya juga terjadi pada wanita dengan rambut panjang, seperti rambut bercabang, mudah patah, kering hingga berketombe. Akan tetapi karena banyak wanita senang akan rambut panjangnya, beberapa masalah tersebut sering dibiarkan dan memilih untuk tidak memotong rambutnya.

Agar rambut panjang anda senantiasa sehat dan berkilau, berikut tips mudah perawatan rambut panjang dari kami.

1. Masker rambut

Merawat rambut dengan masker atau hair spa sangat disarankan untuk menjaga rambut tetap sehat. Hal ini juga akan mencegah masalah lainnya mudah muncul.

Anda dapat menjalani perawatan masker rambut di salon atau melakukannya sendiri di rumah, baik dengan produk perawatan rambut yang dibeli maupun dengan bahan alami yang informasinya sangat mudah didapatkan dari berbagai media.

Pastikan juga kepala dipijat perlahan selama masker rambut untuk memperlancar peredaran darah dan membuat rambut menjadi subur.

2. Menyisir dengan benar

Bukan hal asing jika wanita dengan rambut panjang sering kesal saat menyisir rambut karena mudah kusut terutama di bagian belakang.

Hal tersebut juga sering terjadi pada saat rambut dalam keadaan basah, dimana menyisir rambut dapat menjadi sulit dan menyebalkan.

Agar rambut tidak mudah rusak dan patah hanya karena cara menyisir yang salah, mulailah untuk menyisir rambut dengan perlahan dari ujung rambut ke pangkalnya, bukan sebaliknya.

Gunakan juga sisir yang bergigi banyak atau berbentuk seperti sikat untuk mengurangi rambut patah sekaligus membuat rambut terlihat lebih bervolume.

3. Melindungi rambut dari panas dan polusi

Rambut panjang tentu lebih mudah terkena resiko dari panas dan polusi, terlebih bagi anda yang melakukan aktivitas di luar  ruangan maupun berkendara dengan motor, dimana rambut sering tidak terlindung dari 2 masalah ini.

Gunakan topi dan gulung rambut anda di dalamnya untuk meminimalisir rambut yang terkena panas dan polusi.

Jika anda mengendarai motor, ‘simpan’ rambut belakang anda dalam  jaket dengan cara mengikatnya sehingga kepala terlindungi dari helm dan rambut bagian belakang juga terlindungi.

4. Kurangi mengikat rambut

Pemilik rambut panjang mungkin sering mengalami kepanasan dan memilih untuk sering mengikat rambutnya, baik model ekor kuda maupun model sanggul dan lain sebagainnya.

Tanpa disadari, sering mengikat rambut akan membuat rambut sulit bernapas dan juga merusak model rambut.

Sebaiknya uraikan saja rambut anda dan jika keadaan mendesak, anda dapat mengikatnya namun tidak terlalu kencang dengan ikat rambut yang tidak mudah membuat rambut kusut (biasanya terbuat dari kain).

5. Perawatan intensif sebelum tidur

Bagi pemilik rambut panjang, mungkin anda sering tidur begitu saja tanpa berbuat sesuatu ke rambut anda. Padahal, ada beberapa ‘ritual’ merawat rambut sebelum tidur yang sebaiknya anda lakukan untuk mendapatkan rambut yang sehat.

Sisir rambut anda sebelum tidur dan pastikan rambut tidak ada yang tergulung ataupun kusut. Setelah itu, anda dapat mengoleskan pelembab atau vitamin rambut secukupnya dan memijat kepala anda perlahan.

Hindari mengikat rambut sebelum tidur karena akan merusak kesehatan rambut itu sendiri.

***

Dengan 5 tips perawatan khusus rambut panjang, nisccaya rambut anda tidak hanya akan terlihat cantik namun juga sehat terawat. Semoga bermanfaat.