Loading...

5 Jenis Makanan Sehat yang Membuat Perut Kembung

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Saat perut terasa penuh seperti kembung maka dapat dipastikan sedang ada  gas dalam perut Anda sehingga membuatnya terasa penuh dan ketat. Kelebihan kadar gas dan air dalam tubuh biasanya menyebabkan kembung.

Terjadinya perut kembung bisa disebabkan karena makan berlebihan, sembelit, masalah lambung, masalah hormonal dan sejenisnya. Kembung juga bisa terjadi karena mengonsumsi makanan tertentu sehingga meningkatkan gas dalam lambung.

Makanan Sehat yang Membuat Perut Kembung

Loading...

Berikut 5 jenis makanan sehat yang ternyata dapat menjadi salah satu penyebab perut terasa kembung.

1 . Makanan Digoreng dan Berminyak

Mengonsumsi gorengan secara berlebihan seperti kentang goreng, ayam goreng dan burger akan membuat perut terasa penuh dan lebih membutuhkan banyak waktu untuk dicerna. Hal ini karena tubuh membutuhkan waktu untuk memecah lemak dan mencerna makanan secara keseluruhan.

Sepanjang dibutuhkannya waktu untuk mencerna makanan, maka akan terjadi pembentukan gas dalam tubuh yang membuat Anda merasa kembung.

2 . Makanan yang Menyebabkan Gas

Ada beberapa jenis makanan tertentu yang dapat menyebabkan pembentukan gas ekstra dalam tubuh bila dikonsumsi .

Makanan seperti kacang, bawang, paprika, kacang panggang dan varian lain dari kacang-kacangan, brokoli, kembang kol, kubis, dan kecambah menyebabkan pembentukan gas berlebih yang membuat Anda merasa kembung setelah mengonsumsinya.

3 . Produk Susu

Kekuatan dan kecepatan pencernaan berbeda dalam setiap tubuh individu. Dalam beberapa kasus, tubuh tidak mampu untuk mencerna gula dan laktosa yang ada pada beberapa jenis produk susu. Masalah ini disebut sebagai intoleransi laktosa.

Ketika produk susu dikonsumsi dan tubuh tidak mampu mencerna dengan baik  maka yang terbentuk adalah gas yang akan membuat Anda merasa kembung.

4 . Makanan Berbahan Tepung

Makanan yang mengandung banyak pati. misalnya kentang, jagung, tepung putih, gandum dan sejenisnya dapat menyebabkan perut terasa kembung.

Terutama tepung putih halus karena dibutuhkan banyak waktu untuk merombak dan mencernanya sehingga selama proses pencernaan maka memungkinkan juga munculnya gas yang akan menyebabkan kembung.

Jenis makanan yang terbuat dari tepung putih yaitu kue  biskuit, roti dan makanan lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari dan mengontrol jumlah asupan makanan tersebut saat dikonsumsi.

5 . Makanan yang Tinggi Akan Natrium

Garam merupakan salah satu penyebab utama yang dapat menyebabkan kembung. Ketika kandungan sodium dalam makanan yang dikonsumsi sangat tinggi, akan membuat meningkatnya kandungan air dalam tubuh yang membuat Anda merasa berat dan kembung.

Beberapa jenis cemilan bahkan mengandung lebih banyak garam untuk menambah rasa dari makanan itu sendiri. Jadi, batasi mengonsumsi makanan ringan karena hanya akan membuat perut terasa kembung.

**

Demikian beberapa jenis makanan yang sehat tetapi dapat membuat perut terasa kembung. Anda tidak perlu memnghindari jenis makanan tersebut, cukup dengan mengurangi jumlah asupan dan porsi harian tidak akan membuat Anda kembung. Anda juga dapat mengonsumsinya secara berkala.

Semoga bermanfaat.