Loading...

Tips Praktis Mengelola Stres dan Waktu Saat Berangkat Haji

Penulis: Mayrani Rubrik: News

TERUSKAN.COM – Pernah bertanya-tanya apa yang harus dikemas, bagaimana agar tetap aman, bagaimana mengelola stres, dan bagaimana mengelola waktu Anda?

Berikut adalah panduan praktis untuk haji dan umroh, dimaksudkan untuk mereka yang akan berangkat ke Mekah, dilansir dari Muslim Matters.

Tips Praktis Mengelola Stres dan Waktu Saat Berangkat Haji

Loading...

1. Saran Keselamatan

– Bawa telepon GSM

Anda dapat membeli saluran telepon di Mekah atau Madinah dengan harga sekitar 100 riyal dan menggunakannya pada ponsel Anda. Ini akan sangat berguna dalam kasus darurat, atau jika keluarga ingin menghubungi Anda.

– Membawa obat-obatan

Anda dapat dengan mudah menemukan apotek di seluruh Mekah & Madinah, tapi kadang-kadang sulit untuk menemukan jenis obat yang tepat yang Anda inginkan dan bukan generik.

Ingat, pemandu kelompok Anda memegang paspor Anda. Jadi, Anda memerlukan semacam identifikasi dalam hal:
a. Anda pingsan atau jatuh tak sadarkan diri.
b. Anda tersesat dan tidak dapat menemukan hotel.

Umumnya, seseorang tersesat karena setelah turun dari bis di Mekah, ia segera pergi ke haram dan melakukan umroh. Ketika selesai, ia lupa di mana hotelnya berada, atau bingung karena beberapa hotel memiliki nama yang sama, sehingga tersesat.

Bagaimana mencegah hal ini terjadi:

1. Segera setelah sampai di hotel, ambil kartu bisnisnya.
2. Dapatkan kartu indeks dan tulis nama, nomor paspor, info kontak di Mekah, Madinah, dan negara asal, dan info kontak pemandu kelompok Anda. Simpan dan bawa setiap saat.

– Waspadai pencopet

Anda akan menemukan banyak pencopet di Mekah, terutama di daerah tawaf. Pastikan uang Anda tersimpan di suatu tempat yang tersembunyi. Pastikan Anda menyimpan barang-barang pribadi Anda dengan aman.

– Tawaf di Lantai 2 Lebih Aman

Meskipun memerlukan waktu lebih lama untuk melakukan tawaf di lantai 2, jika Anda mengkhawatirkan keselamatan Anda atau anggota keluarga Anda, ini adalah alternatif yang lebih baik karena kurang ramai. Tawaf di lantai 2 juga dapat diakses dengan kursi roda.

– Jika cuaca sangat panas, pergilah ke gerbang Raja Fahd

Seluruh daerah gerbang Raja Fahd dari Haram memiliki fasilitas AC, sementara daerah lain hanya memiliki kipas angin. Kami merekomendasikan daerah ini untuk melakukan jumu’ah khususnya, atau di tengah hari saat matahari panas membakar.

2. Mengelola Stres

– Mengubah perspektif

Perubahan sederhana pada pemikiran membantu Anda mengubah semuanya menjadi suatu kenikmatan. Bagaimana? Katakan Alhamdulillah dan bersyukurlah.

– Tinggal jauh dari teman atau keluarga

Bahkan jika Anda cukup sabar untuk menangani gangguan dari orang banyak dan orang asing, Anda mungkin tidak dapat mengontrol diri Anda.

Ingat, Anda tidak bisa membantah atau berteriak pada siapa pun selama haji. Anda tidak akan ingin menyesal di kemudian hari setelah melalui semua kesulitan tapi akhirnya berdebat dengan seseorang yang Anda kenal karena masalah kecil.

3. Manajemen Waktu

– Tinggalkan jam tangan Anda di rumah

Waktu tidak relevan selama haji, apa yang biasanya dilakukan dalam hitungan menit selesai dalam hitungan jam, apa yang biasanya memakan waktu berjam-jam membutuhkan waktu sehari. Menunggu di bus atau berjalan selama berjam-jam juga normal. Tinggalkan jam tangan Anda, itu hanya akan melemahkan Anda.

– Tinggalkan gadget di rumah

Ada begitu banyak orang yang tidak mampu melepaskan diri dari dunia. Tinggalkan gadget Anda. Ambil liburan mental & spiritual dan bersantai, Anda dapat memeriksa email ketika Anda kembali.

– Berkenalan

Satu-satunya hal yang akan Anda ingat dan akan Anda kenang adalah persaudaraan selama haji. Menghabiskan hari demi hari dengan orang yang sama, untuk mengenal kehidupan pribadi mereka, makan dan tidur bersama, benar-benar membantu mengembangkan ikatan yang baik.

– Jangan buang waktu tidur di Arafar

Anda akan merasa lelah dalam seluruh perjalanan, jadi minum lebih banyak kopi instan, makan lebih sedikit, dan ingatkan diri bahwa Anda hanya memiliki waktu sehari untuk mencari pengampunan dari All?h untuk keseluruhan dosa-dosa Anda selama hidup.

– Berjalan bisa lebih cepat dibanding naik bus

Jika Anda merasa Anda memiliki kemampuan untuk berjalan, tahu jalan atau akan pergi dengan seseorang yang tahu, dan menduga bus mungkin akan lama datangnya, tanyakan pemandu kelompok Anda jikalah Anda bisa berjalan.