Loading...

5 Tips Memilih Mainan Untuk Meningkatkan Kreatifitas Anak

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Keluarga

Tips Memilih MainanTERUSKAN.COM – Beberapa jenis mainan dapat memberi dampak positif atau negaitif yang besar pada perkembangan anak. Sebuah mainan dapat menjadi alternatif untuk  melatih keterampilan anak.

Banyaknya jenis mainan yang dijual saat ini dan beredar di masyarakat membuat Anda harus lebih teliti dan jeli dalam memilih mainan untuk anak sehingga akan memberikan manfaat untuk perkembangan anak.

Ada beberapa jenis mainan yang akan memberikan manfaat untuk anak yang dapat Anda simak pada artikel di bawah ini.

Loading...

1 . Permainan yang Dapat Diubah Dalam Beberapa Bentuk

Anak-anak menyukai mainan dengan jumlah banyak tetapi dapat mereka buat sesuai dengan imajinasi dan kreatifitas mereka. Jenis mainan seperti ini mendorong anak Anda untuk lebih kreatif dan mengembangkan keahliannya.

Sebagai contoh, balok kayu atau lego. Kedua jenis mainan ini dapat digunakan untuk membuat hal-hal yang berbeda seperti jembatan, rumah, bus dan beberapa objek lain yang berbeda.

2 . Buku Bacaan

Meskipun tidak dapat dikategorikan sebagai mainan, namun buku bacaan atau buku yang memperkenalkan huruf, angka atau symbol dapat melatih kreatifitas anak sejak dini.

Beberapa mainan seperti huruf alfabet dalam bentuk maghnet juga dapat Anda berikan untuk anak. Ini akan membanrtu mereka dalam mengenal huruf dan mengeja sesuai dengan ejaan.

3 . Permainan yang Memberi Tantangan

Carilah mainan yang sedikit di atas tingkat keterampilan anak Anda. Ini bukan untuk mempersulit anak, melainkan mengembangkan daya imajinasi dan kreatifitasnya untuk memecahkan tantangan yang sedang dihadapinya.

Anda dapat menggunakan puzzle dari yang tingkat kesusahannya rendah hingga tinggi. Anda dapat sesekali membantu anak memecahkan permainan tersebut.

4 . Batasi Penggunaan Game Elektronik

Game elektronik biasanya lebih menarik minat anak disbanding mainan lainnya. Tapi sebagai orang tua, penting untuk Anda ketahui bahwa game elektronik dapat menyebabkan banyak kerugian bagi anak .

Penelitian telah menunjukkan bahwa game online dapat mempengaruhi kesehatan dan perkembangan anak Anda dan menyebabkan masalah seperti kenaikan berat badan, gangguan pendengaran, dan sebagainya . Mainan seperti ini hanya akan membutuhkan anak Anda duduk dan menonton game tersebut.

Di samping itu, game seperti ini dapat dikategorikan sebagai jenis pembelajaran gaya pasif yang dapat mengganggu kemampuan anak Anda untuk berpikir secara mandiri di kemudian hari .

5 . Pilih Mainan Sederhana

Mainan sederhana seperti mobil-mobilan, rumah-rumahan, bola atau mainan simple lainnya tidak akan menuntut anak untuk menggunakan daya imajinasinya terlalu banyak. Mainan seperti ini lebih mengajarkan pada anak bagaimana cara untuk lebih bertanggung jawab dan spontan.

**

Demikian beberapa tips memilihkan jenis mainan untuk anak Anda yang akan membantu perkembangan dan kreatifitasnya.

Ketika Anda memilih mainan untuk anak, bukan hanya manfaat dari mainan, melainkan bahan dari mainan yang akan diberikan pada anak juga harusnya menjadi bahan pertimbangan.

Semoga bermanfaat.