Loading...

Tips dan Cara Penggunaan Parfum yang Tepat

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Fashion

TERUSKAN.COM – Setiap orang pasti akan merasa kesal dan jengkel bila parfum yang digunakan tidak tahan lama, dan membuat Anda harus sesering mungkin menyemprotkannya pada tubuh karena wanginya mudah pudar.

Tetapi, Anda jangan langsung beranggapan bahwa hal ini disebabkan oleh pilihan parfum yang salah. Karena bisa saja kesalahan terletak pada cara Anda menggunakan parfum.

Cara Penggunaan Parfum

Loading...

Kebanyakan orang menggunakan parfum dengan cara menyemprotkannya pada pergelangan tangan, lalu saling mengusapkannya satu sama lain, ini adalah cara paling umum dan paling mendunia. Namun, rupanya ini adalah cara yang kurang tepat.

Penggunaan parfum dengan cara tersebut dapat merusak partikel parfum, sehingga akan mengubah aroma parfum dan membuatnya tidak tahan lama.

Seorang ahli mengatakan bahwa penggunaan parfum yang demikian, merupakan salah satu trik yang paling sering dilakukan orang karena telah terlanjur dikenal oleh seluruh warga dunia.

Menyemprotkan parfum pada pergelangan tangan sebenarnya memang sudah benar, namun setelah itu sebaiknya jangan mengusapkannya satu sama lain, diamkanlah, biarkan parfum mengering dengan baik agar tidak merusak partikel serta molekul yang terkandung di dalam sebuah parfum.

Berikut ini adalah tiga hal yang dapat mempengaruhi daya tahan parfum:

1. Kulit

Setiap orang memiliki struktur kulit yang tentu saja berbeda-beda, termasuk pula dalam hal pori-pori kulit. Mereka yang memiliki pori-pori lebih besar, tidak perlu terlalu sering menyemprotkan parfum pada tubuhnya.

Hal ini disebabkan karena pori-pori yang besar akan lebih mudah menangkap partikel parfum dan membuatnya menjadi lebih tahan lama.

2. Hidung

Selain struktur kulit, tingkat sensitivitas atau kepekaan hidung setiap orang juga berbeda-beda. Ada beberapa orang yang mungkin lebih sensitif terhadap aroma dan dapat merasakan wewangian lebih baik daripada Anda.

Jadi terkadang hanya Anda yang memiliki perasaan bahwa parfum yang Anda gunakan sudah tak wangi langi.

3. Jenis parfum

Faktor terakhir yang dapat mempengaruhi daya tahan parfum adalah jenis parfum yang Anda gunakan. Ini merupakan satu-satunya faktor yang dapat Anda kendalikan. Jadi jika Anda ingin memiliki parfum yang tahan lama, perhatikan kemasan saat akan membeli.

Parfum yang paling tahan lama adalah eau de parfum. Ini adalah parfum yang memiliki konsentrasi aroma yang paling kuat dibandingkan dengan eau de toilette atau splash.

Jika Anda ingin membuat aroma parfum tetap utuh dan menguarkan bau wangi pada sekitar Anda, disarankan untuk menyemprotkannya di bagian tubuh tempat dimana mengalirnya pembuluh darah. Area terbaik pada tubuh Anda adalah pada pergelangan tangan, belakang telinga serta di bagian belakang ketiak, lengan dan selangkangan.

Tips Menyimpan Parfum

Disarankan untuk menghindari mengekspos parfum Anda di bawah paparan langsung sinar matahari, ataukah meletakkannya pada tempat yang sangat lembab.

Jangan sekali-sekali meletakkan parfum Anda di dalam kamar mandi, karena kamar mandi adalah tempat yang lembab dan ini bukanlah tempat yang tepat untuk menyimpan parfum. Suhu dingin adalah suhu yang ideal untuk menyimpan parfum, namun ini bukan berarti bahwa Anda harus meletakkannya di dalam lemari es.

Simpanlah parfum Anda pada tempat yang redup. Tempat yang paling tepat adalah laci meja rias, atau tempat tertutup lainnya. Saat Anda menyimpan botol parfum di tempat terbuka, pencahayaan ruangan dapat mempengaruhi aroma parfum.