Loading...

Yuk Ciptakan Dekorasi Rumah yang Multifungsi!

Penulis: Amanda Rubrik: Desain

TERUSKAN.COM – Untuk menciptakan rumah yang nyaman yang indah, dekorasi baik interior maupun eksterior juga perlu diperhatikan.

Rumah yang luas dan besar tanpa dekorasi yang pas akan membuat rumah tersebut terkesan sepi dan dingin. Sedangkan rumah yang kecil dengan dekorasi yang tidak sesuai akan membuat ruangan terasa lebih sempit dan penuh.

Itulah peranan dekorasi ruangan, yang termasuk menata furnitur, memilih warna dan padanan yang tepat, hingga menghias rumah dengan berbagai elemen dan aksesoris yang sesuai.

Loading...

Dalam memilih dekorasi rumah, tak jarang kita dihadapkan dengan berbagai pilihan, baik itu dari segi model, warna, harga dan fungsi barang tersebut.

Di balik berbagai macam pertimbangan tersebut, sebenarnya fungsi suatu barang adalah yang terpenting mengingat barang tersebut akan digunakan untuk hal yang bermanfaat dalam rumah.

Nah, terkadang suatu barang sudah diproduksi berdasarkan fungsi pada umumnya. Namun, dengan sedikit kreatifitas, kita dapat membuat fungsi lain dari barang tersebut, tanpa mengurangi keindahannya. Yuk simak ulasan kami berikut.

1. Rak Buku Sebagai Rak Pajangan

Rak buku memang pada umumnya dibuat untuk meletakkan buku-buku atau media baca lainnya. Akan tetapi, kita juga dapat menggunakannya untuk hal lain, seperti rak pajangan.

rak  bukuRak buku sebagai tempat pajangan koleksi

Ya, kita dapat meletakkan rak buku di berbagai ruangan di rumah. Dengan bentuknya yang terbagi-bagi, rak buku ideal untuk digunakan sebagai rak pajangan untuk meletakkan barang lain.

Barang lain yang juga indah untuk diletakkan pada rak buku adalah pajangan patung, koleksi DVD, vas bunga, hingga pigura foto dan masih banyak lagi.

2. Gelas Sebagai Vas Bunga atau Wadah Serbaguna

Gelas-gelas, baik yang terbuat dari kaca maupun kristal memang lumrahnya digunakan untuk minum.

Akan tetapi, anda juga dapat memanfaatkannya untuk hal lain seperti vas bunga, wadah lilin yang cantik, bahkan wadah camilan seperti permen dan lain sebagainya.

dekorasi dengan gelasIde dekorasi tempat lilin menggunakan gelas

Gelas-gelas berbagai ukuran dan warna tersebut dapat anda sesuaikan dengan tema suatu ruangan. Tak jarang orang sering berkreasi dengan gelas-gelas tersebut karena memang sangat multifungsi.

3. Tangga

Tangga yang terbuat dari bambu maupun kayu sering digunakan untuk memanjat ke tempat yang tinggi, walaupun sudah kalah pamor dengan tangga yang terbuat dari bahan lainnya yang lebih modern dan aman digunakan.

Akan tetapi, tangga yang terlihat sederhana ini  juga dapat anda manfaatkan untuk berbagai hal, misalnya di kamar mandi, dapat digunakan dengan cara disenderkan pada dinding kamar mandi dan anda dapat meletakkan handuk di anak tangganya.

dekor tangga bambuIde dekorasi tangga bambu

Selain itu, di kamar tidur, tangga ini juga dapat diletakkan pada dinding kamar dan diberi paku di setiap anak tangganya untuk meletakkan tas, syal, ikat pinggang dan lain sebagainya.

Untuk yang lebih berseni, anda dapat memajangnya pada dinding ruangan secara horisontal dan meletakkan pajangan foto atau lukisan di antara anak tangga.

4. Koper Kuno

Mungkin anda pernah melihat koper kuno yang mayoritas terbuat dari kulit atau bahan keras lainnya yang berbentuk kotak dan kokoh.

Koper-koper kuno ini dapat dikreasikan dengan cara menumpuknya di sudut ruangan, sehingga suasana vintage akan lebih terasa.

Ide dekoraqsi koper kunoIde dekoraqsi koper kuno

Anda juga dapat memafaatkannya sebagai kursi dengan memodifikasi koper tersebut, dengan menambahkan kaki kursi di bagian bawahnya.

***

Bagaimana? Ternyata banyak benda dekorasi ruangan yang dapat difungsikan untuk hal lain tanpa mengurangi fungsi aslinya.

Selamat berkreasi.