Loading...

Ini Dia, 5 Tips Perawatan Rambut Pasca Perwarnaan

Penulis: Amanda Rubrik: Fashion, Wanita

TERUSKAN.COM – Mewarnai rambut memang menyenangkan. Sebagian orang melakukannya karena warna rambut alami yang membosankan, atau sekedar mencoba untuk tampil beda dengan warna-warna rambut yang lain dari biasanya.

Coklat, merah bahkan warna-warna estrem seperti pirang, merah, ungu dan lain sebagainya semakin sering dilakukan orang terutama kaum wanita yang ingin tampil beda bahkan menarik perhatian dengan tampil sedkit ‘nyentrik‘.

Perawatan Rambut Pasca Perwarnaan

Loading...

Pewarnaan rambut biasa dilakukan di salon oleh seseorang yang sudah ahli mewarnai rambut, dapat juga dilakukan sendiri di rumah karena saat ini, menggunakan cat rambut sudah sangat mudah dan praktis dengan cat rambut yang didesain dapat diaplikasikan sendiri pada rambut.

Akan tetapi, di balik menyenangkannya mewarnai rambut, banyak orang yang tidak merawat rambut mereka pasca pewarnaan sehingga menimbulkan beberapa masalah seperti warna rambut yang mudah pudar, rambut menjadi kering bahkan rontok.

Pewarnaan rambut, seperti halnya dengan ‘modifikasi’ rambut lainnya sebagian besar menggunakan bahan kimia yang tentu akan memberi dampak pada kesehatan rambut, dan karena itu perawatan rambut pasca pewarnaan sangat diperlukan.

Berikut ulasannya.

1. Jangan Langsung Mencuci Rambut

Setelah proses pencucian saat pewarnaan dan anda telah mendapatkan hasil rambut yang diwarnai, jangan mencuci rambut di hari berikutnya.

Sebaiknya anda memberi  jangka waktu hingga 2 hingga 3 hari untuk proses pencucian rambut yang selanjutnya. Hal ini dimaksudkan agar warna cat rambut tidak mudah pudar dan membiarkan warna meresap lebih lama ke rambut.

2. Produk Khusus Rambut Diwarnai

Setelah proses pewarnaan, ada baiknya anda mengganti produk perawatan rambut anda dengan perawatan khusus rambut diwarnai.

Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan warna baru pada rambut, mencegahnya cepat pudar dan membantu mengatasi masalah-masalah rambut yang terjadi pada rambut pasca pewarnaan pada umumnya.

Baik shampo, kondisioner maupun masker rambut, gunakan yang khusus untuk rambut diwarnai.

Jika anda memiliki masalah rambut yang lain, dapat anda padukan dengan perawatan rambut tambahan seperti hair tonic dan lain sebagainya, atau dengan menggunakan produk khusus rambut diwarnai yang juga mengatasi masalah rambut lainnya.

3. Hindari Sinar Matahari Langsung

Setelah rambut usai diwarnai, hindari berada di bawah sinar matahari secara langsung terutama di siang hari. Hal ini dikarenakan rambut diwarnai yang sering terkena sinar matahari secara langsung akan lebih mudah berubah warna dan merusak warna baru pada rambut.

Perawatan Rambut Diwarnai

Sebaiknya gunakan penutup kepala selagi berada di bawah sinar matahari, atau sering-sering gunakan produk khusus perawatan rambut pasca perwarnaan yang dapat diaplikasikan setiap saat pada rambut seperti pelembab maupun lotion rambut.

4. Kurangi Pemakaian Hairspray

Hairspray sering digunakan untuk menata rambut agar awet dengan model rambut tertentu. Akan tetapi, hairspray juga dapat mempercepat timbulnya masalah rambut seperti rambut kering.

Pada rambut usai pewarnaan, penggunakan hairspray secara berlebih juga dapat membuat rambut menjadi kering dan mengubah warna rambut.

5. Hindari Mengecat Ulang

Jika anda telah bosan dengan warna rambut yang baru dan ingin mewarnai kembali rambut anda, sebaiknya tidak dilakukan buru-buru dan menunggu hingga 3 bulan.

Hal tersebut dikarenakan bahan kimia yang terkandung pada krim pewarnaan rambut sebaiknya diberi jeda waktu hingga proses yang selanjutnya guna menghindari masalah rambut yang akan muncul.

***

Itulah 5 tips perawatan rambut usai diwarnai. Rawatlah rambut anda dengan baik untuk mendapatkan hasil rambut yang tidak hanya indah dengan rambut baru namun juga tampak sehat.

Semoga bermanfaat.