Loading...

5 Tips Membangkitkan Semangat Mengerjakan Tugas Kuliah

Penulis: Amanda Rubrik: Pendidikan

TERUSKAN.COM – Bagi anak kuliah, mengerjakan tugas yang menumpuk bisa menjadi sangat melelahkan, terutama jika tidak memiliki waktu banyak atau dikejar deadline yang cukup singkat.

Ditambah lagi jika tugas-tugas kuliah tersebut merupakan tugas yang harus menyertakan teori maupun referensi, yang artinya banyak membaca buku jadi satu kewajiban.

Semangat Mengerjakan Tugas Kuliah

Loading...

Kuliah yang padat memang selalu identik dengan tugas-tugas yang silih berganti, dari berbagai macam jenis mata kuliah. Terutama bagi mahasiswa yang kuliah sambil bekerja, terkadang menyelesaikan tugas kuliah merupakan pekerjaan yang tidak menyenangkan.

Padahal, tugas kuliah memang selayaknya diberikan untuk memperluas pengetahuan kita akan sebuah mata kuliah, memperdalam pemahaman dan juga membantu kita dalam membangun logika penyelesaian masalah.

Namun adakalanya mengerjakan tugas kuliah menjadi sangat memberatkan dan kita seaakan tidak punya selera untuk melakukannya.

Bagaimana untuk membangkitkan semangat mengerjakan tugas-tugas kuliah? Berikut tips dari kami.

1. Jangan Tunda

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan mahasiswa terhadap tugas-tugasnya adalah menundanya. Padahal, menunda-nunda mengerjakan tugas akan semakin membuat tugas tersebut berat karena dibutuhkan tenaga dan pikiran yang lebih besar saat kita memiliki hanya 1 atau 2 hari saja sebelum deadline.

Sebaiknya kerjakan tugas dengar cara ‘menyicil’ setiap hari, sedikit demi sedikit namun dengan cara ini tugas akan terasa lebih ringan dan kita lebih dapat berkonsentrasi.

2. Agenda Stylish

Satu benda yang sebenarnya wajib dimiliki untuk memudahkan mengingat tugas-tugas kuliah adalah agenda. Meskipun di jaman digital ini banyak orang yang lebih memilih untuk memanfaatkan perangkat digital dalam urusan mengingat jadwal, kenyataannya agenda yang berupa buku jauh lebih bermanfaat.

Di negara-negara barat, buku agenda juga menjadi barang pertama yang paling dicari salah pergantian tahun.

Untuk membangkitkan semangatm pilihlah agendda dengan motif maupun warna favorit dan tulis jadwal tugas-tugas yang anda harus kerjakan.

Dengan begini, anda akan dengan mudah mengatur jadwal mengerjakan, seperti tugas mana yang lebih membutuhkan waktu dan lain sebagainya.

3. Tempat Pensil Serbaguna

Mungkin anda pernah kesal lantaran tidak memiliki alat tulis yang sedang sangat dibutuhkan saat mengerjakan tugas. Hal kecil seperti ini tidak dapat diremehkan karena terkaddang hal tersebut dapat menjadi kendala saat mengerjakan tugas.

Sebaiknya simpan semua alat tulis dalam satu tempat untuk memudahkan anda ketika dibutuhkan. Benda seperti flashdisk juga sebaiknya tidak disimpan sembarangan.

4. Play the Music!

Ya, untuk membangkitkan semangat mengerjakan tugas, putarlah musik favorit anda. Idealnya, untuk meningkatkan konsentrasi mengerjakan tugas, musik yang dapat diputar adalah musik yang tidak terlalu ‘gaduh’ atau berirama sangat cepat.

Pilih musik easy listening yang terdiri dari suara instrumen dari gitar, piano dan vokal yang lembut. Dalam beberapa studi, mendengarkan musik klasik saat belajar juga dipercaya mampu meningkatkan konsentrasi seseorang.

5. Rapikan Folder

Mengerjakan tugas dibantu dengan internet memanglah sangat memepermudah, terutama dalam mendapatkan data-data tertentu.

Namun, seringkali  kita menyimpannya begitu saja dalam folder bersama dengan jenis data lainnya.

Sebaiknya buatkah folder khusus untuk tugas-tugas kuliah berdasarkan nama mata kuliahnya, atau judul tugasnya.

***

Itulah 5 tips membangkitkan semangat dan mempermudah anda dapat mengerjakan tugas-tugas kuliah. Jangan tunda tugas dan kerjakan sebaik mungkin untuk hasil seperti yang diinginkan.

Goodluck!