Loading...

5 Alasan Mengapa Cokelat Hitam Baik Dikonsumsi

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Rasanya yang pahit dan kurang digemari membuat cokelat hitam hanya digunakan untuk membuat kue dan tidak dikonsumsi langsung.

Tetapi baru-baru ini beberapa studi telah dilakukan dan menunjukkan bahwa saat mengonsumsi cokelat hitam  terlibat di dalamnya Anda akan mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan. Bahkan rasa pahit yang terdapat pada cokelat hitam yang menjadi sumber dari segala manfaat yang akan Anda dapatkan.

Mengapa Cokelat Hitam Baik Dikonsumsi

Loading...

Berikut 5 alasan mengapa cokelat hitam lebih baik dikonsumsi dibanding cokelat pada umumnya.

1 . Membantu Mengembalikan Suasana Hati

Sama seperti cokelat pada umumnya, dark chocolate atau cokelat hitam terdiri dari serotonin yang membantu untuk meningkatkan produksi endorphin. Cokelat pada umumnya mengandung phenylethylamine (PEA) yaitu senyawa kimia yang membuat Anda bahagia.

Tidak heran coklat dapat mengembalikan suasana hati Anda sehingga sering dijadikan sebagai anti – depresan dalam mengatasi suasana hati yang buruk dan depresi. Keuntungan lainnya sangat membantu meringankan masalah PMS pada wanita.

2 . Baik Untuk Jantung

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat hitam dalam jumlah kecil beberapa kali seminggu membantu menurunkan tekanan darah karena memperlancar  tingkat aliran darah dan mencegah terjadinya bekuan darah.

Penelitian telah menunjukkan bahwa hal itu dapat mencegah arteriosclerosis. Hal ini juga membantu untuk menurunkan risiko stroke.

3 . Memperlambat Tanda-Tanda Penuaan

Dark chocolate mengandung lebih banyak antioksidan dibanding cokelat lainnya karena membantu menyingkirkan radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh Anda dan juga membantu untuk memperlambat tanda-tanda penuaan.

Radikal bebas dapat menyebabkan kanker sehingga mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti dark chocolate membantu melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker.

4 . Membantu  Melawan Berbagai Penyakit

Dark chocolate sarat dengan beberapa mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan Anda.

Cokelat ini kaya tembaga, kalium, besi dan magnesium yang menawarkan beberapa keuntungan termasuk melindungi tubuh dari penyakit jantung, kekurangan zat besi, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

5 . Meningkatkan Sirkulasi Darah

Dark chocolate membantu menjaga pembuluh darah Anda tetap dalam kondisi baik. Selain itu meningkatkan sirkulasi darah dan melindungi Anda dari diabetes tipe 2.

Flavonoid yang ada dalam cokelat hitam meningkatkan efisiensi insulin tubuh Anda dan juga memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah Anda.

**

Demikian beberapa alasan mengapa Anda harus mengonsumsi cokelat hitam. Meskipun memberikan  manfaat kesehatan, perlu diingat bahwa kandungan lemak pada dark cokelat juga tinggi. Cara yang tepat yaitu tidak mengonsumsinya tidak berlebihan karena akan berbahaya bagi tubuh.

Semoga bermanfaat.