Loading...

Yuk Makan Buah-buahan Ini Bersama Kulitnya!

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Buah-buahan memang terkenal sebagai produk hasil alam yang lezat dan juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tak salah jika buah-buahan tumbuh di berbagai belahan dunia, dengan berbagai iklim dan karakteristik wilayah.

Hal ini pula yang menyebabkan buah-buahan sangat beragam dan selalu berbeda-beda, serta terkadang menjadi simbol atau lambang suatu daerah itu sendiri.

makan buah bersama kulit

Loading...

Berbicara tentang buah-buahan, tentu identik dengan rasanya yang lezat dan manfaat yang besar. Buah-buahan memang merupakan salah satu sumber vitamin alami dan juga kaya akan kandungan nutrisi lainnya. Buah-buahan pun sering dijadikan obat atau makanan untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Pada perkembangannya, buah-buahan juga dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan karena sebagian besar kaya dengan kandungan antioksidan, yang sangat diperlukan saat ini karena polusi udara dan radikal bebas yang semakin menjadi.

Di antara berbagai macam buah-buahan, terdapat buah yang dapat dimakan bersama kulitya dan ada juga yang juga tidak. Namun, informasi umum tersebut tidak selalu dilakukan karena pada kenyataannya, banyak orang yang mengupas kulit buah yang seharusnya turut dimakan juga.

Buah apa saja yang sebaiknya dimakan bersama kulitnya? Dan apa saja manfaatnya? Berikut ulasan kami.

1. Apel

Walaupun sebagian besar orang suka menikmati apel bersama dengan kulitnya, ada juga yang suka memakan apel dengan mengupas kulitnya terlebih dahulu, karena kulit apel dirasa sedikit tajam dan sering menyelip di gigi.

Padahal, apel termasuk salah satu buah yang paling bermanfaat jika dimakan bersama dengan kulitnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kulit apel mampu membantu menurunkan kolestrol, menyehatkan jantung, menurunkan lemak dalam darah juga baik dikonsumsi orang yang sedang berdiet.

2. Pir

Buah pir yang lezat ini juga sebaiknya dimakan bersama dengan kulitnya. Mengapa?

Kulit pir ternyata mengandung serat yang cukup tinggi, yang juga mengandung mineral, serta vitamin C dan K yang bermanfaat sebagai anto oksidan.

Selain itu, kulit buah pir juga tidak terlalu tebal sehingga seharusnya tidak mengganggu dalam mengonsumsinya.

3. Plum

Buah plum yang sering dipanen di musim semi, merupakan buah khas beberapa daerah dengan empat musim. Walau di Indonesia cukup jarang ditemukan, buah plum merupakan buah kaya manfaat dengan bentuk bulat dan berwarna-warni mulai dari merah, ungu hingga biru kehitaman.

Buah ini terkadang dimakan tanpa kulitnya. Padahal, kulit buah plum disebutkan mengandung lebih banyak serat daripada daging buahnya sendiri.

Kulitnya juga mengandung phytonutrient, yaitu senyawa yang dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

4. Terung atau Terong

Buah yang sering disebut sebagai sayuran ini sebenarnya termasuk salah satu jenis buah berry. Kulitnya yang berwarna hijau atau ungu sering dikupas saat dikonsumsi.

Dalam kulit terong, ternyata banyak kandungan yang bermanfaat seperti senyawa nasunin yaitu sejenis antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel otak. Selain itu, dalam kulit terong juga terdapat kadungan potasium, magnesium dan serat.

5. Anggur

Kulit anggur yang terkadang dikupas sebelum dikonsumsi ini ternyata mengandung banyak sekali manfaat untuk tubuh. Kulit anggur yang mengandung banyak serat dan resveratrol yang merupakan salah satu sumber antioksidan, yaitu flavonoid.

Resveratol sendiri diteliti ampuh bekerja sebagai kandungan yan dapat membuat wajah lebih awet muda.

***

Itulah 5 jenis buah yang sebaiknya dimakan bersama dengan kulitnya, yang ternyata mengandung banyak manfaat. Pastikan anda mencuci bersih buah-buahan sebelum dikonsumsi.

Semoga bermanfaat.