Loading...

3 Ciri Anda Tidak Bahagia di Tempat Kerja

Penulis: Amanda Rubrik: Dunia Karir

TERUSKAN.COM – Bekerja merupakan aktivitas yang seseorang lakukan demi mendapatkan kemandirian baik secara finansial dan juga sosial. Sebagian orang juga bekerja untuk memuaskan dirinya yaitu dengan kemampuan mengerjakan suatu hal yang sesuai dengan keahliannya.

Oleh sebab itu pada umumnya orang berlomba mengenyam pendidikan yang baik dengan harapan mampu bekerja di bidang yang disukai dan sesuai dengan kemampuannya.

Tidak Bahagia di Tempat Kerja

Loading...

Berbicara tentang dunia pekerjaan mungkin tidak akan habisnya mengingat hal ini dapat dilihat dari berbagai jenis perspektif dan sudut pandang.

Dalam melakukan suatu pekerjaan, sebenarnya kita dituntut untuk bersikap profesional, yaitu dengan mengerjakan pekerjaan tersebut dengan baik dan tuntas, sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai.

Oleh sebab itu pula semangat kerja atau etos kerja yang tinggi sangat diperlukan untuk dapat mengerjakan pekerjaan dengan baik.

Satu hal yang tidak dapat dipungkiri bahwa selama melakukan suatu pekerjaan, seseorang tidak akans elamanya merasa nyaman dan bahagia.

Banyak juga orang yang mudah memutuskan untuk resign dari pekerjaannya karena berbagai hal, yang salah satunya adalah rasa tidak nyaman dan tertekan selama bekerja.

Hal seperti ini tentu akan menjadi pengaruh buruk karena kita tidak akan mengerjaan pekerjaan tersebut dengan maksimal.

Jika anda ingin mengetahui apakah anda masih menyukai pekerjaan anda, simak ulasan kami berikut.

1. Sering Mengeluh

Mengeluh sebernarnya merupakan sikap yang normal dan sah-sah saja, karena tidak ada keadaan yang sempurna dan kita juga terkadang mengalami masa-masa sulit selama berkerja.

Namun jika kita mengeluh sangat sering, seperti setiap kali masuk kantor, pulang dari kantor bahkan disela-sela melakukan aktivitas kerja, hal tersebut menandakan bahwa anda tidak cukup bahagia di tempat kerja dan mulai mencari alasan mengapa anda bisa mengeluh sesering itu.

2. Tidak Semangat Berangkat ke Kantor

Tidakkah anda menyadari jika anda merasa bersemangat jika melakukan hal anda sukai? Seakan tak ada beban dan akan bersedia melakukannya setiap saat.

Begitu pula dengan pekerjaan, yang sebaiknya merupakan aktivitas yang kita banggakan dan senang kerjakan, bukan sebaliknya.

Jika anda sudah tidak mood atau merasa tidak semangat saat berangkat kerja, bahkan anda berandai-andai jika hari itu anda tidak harus berangkat kerja, mungkin anda mulai mencari tahu apakah pekerjaan tersebut memang cocok dengan anda ataupun tidak.

3. Gaji Tidak Sesuai

Gaji atau upah dari pekerjaan kita, tentu merupakan suatu hak yang sepatutnya kita dapatkan. Banyak orang yang menuntut gaji besar dengan kinerja kita yang dinilai tidak baik oleh perusahaan.

Jika hal tersebut terjadi, cobalah intropeksi diri dan mengoreksi sendiri kinerja anda, atau anda dapat menanyakan langsung kepada atasan, apakah ada kritik atau keluhan atas kinerja anda selama ini.

Akan tetapi, jika anda merasa bahwa apa yang anda kerjakan sangat berat dan seharusnya anda mendapatkan gaji yang lebih dari yang anda dapatkan saat ini, ada indikasi hal tersebut membuat anda tidak bahagia mengerjaan pekerjaan tersebut.

Anda dapat mencari tahu dari kerabat dan sahabat yang bekerja di tempat lain dengan posisi yang sama untuk mendapatkan informasi apakah perusahaan telah membayar anda secara sesuai atau tidak.

***

Bekerja yang baik sebenarnya dapat diartikan anda memberikan kontribusi maksimal ke perusahaan tempat anda bekerja, dan anda pun mendapatkan imbalan yang sesuai.

Jika tidak, maka anda perlu memikirkan kembali untuk mencari pekerjaan lain atau memperbaiki pekerjaan yang sekarang.

(foto: Adrianco/Corbis)