Loading...

Ketahui 5 Anggapan Salah Tentang Penyakit Asma

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Anda tentu mengenal asma, atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Asthma. Penyakit yang berhubungan dengn kesulitan bernapas ini dapat terjadi pada berbagai lapisan masyarakat, bak muda maupun tua.

Asma yang identik dengan penderitanya yang sulit bernapas selama beberapa saat, dapat menimbulkan akibat yang lebih parah jika tidak segara ditangani maupun disembuhkan.

Penyakit  Asma

Loading...

Beberapa cara yang biasa dilakukan seseorang untuk mengatasi adalah dengan menggunakan alat bantu pernapasan yang berbentuk spray terbalik untuk disemprotkan ke dalam mulut dan membantu melancarkan pernapasan seketika.

Akan tetapi, untuk menyembuhan jangka panjang banyak orang yang memilih beberapa pengobatan alami dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, konsultasi ke dokter maupun dengan mencari tahu penyebab asmanya dan menghindari hal-hal yang dapat memicu asma.

Akan tetapi, di masyarakat banyak sekali anggapan tentang asma yang sebenarnya tidak mengacu pada fakta yang jelas sehingga menimbulkan pertanyaan apakah anggapan tersebut benar atau salah.

Berikut adalah beberapa anggapan yang salah tentang asma.

1. Asma Merupakan Penyakit Keturunan

Anggapan yang menyebutkan bahwa asma merupakan penyakit keturunan sebenarnya tidak benar. Seorang ibu atau ayah yang menderita asma belum tentu akan memiliki anak yang juga berpenyakit asma.

Meskipun dalam beberapa kasus terdapat anak yang menderita asma memiliki orang tua yang juga asma, sebenarnya penyakit asma tidak ditimbulkan karena keturunan, namun alergi yang menyebabkan asma tersebut muncul.

2. Udara Lembab Memacu Asma

Banyak orang mengira bahwa udara yang lembab dapat memacu munculnya asma, hal ini dikaitkan dengan logika bahwa udara lembab terasa lebih ‘sesak’ daripada udara yang kering.

Padahal, sebenarnya orang yang mengalami asma sebaiknya dibawa ke tempat yang lebih lembab ketimbang yang sangat kering karena udara yang lembab lebih banyak mengandung uap air.

Sebaliknya, udara yang sangat kering lebih mudah membuat seseorang asma atau batuk dan alergi yang lainnya.

3. Emosi Memacu Timbulnya Asma

Emosi berlebihan sering dikaitkan dengan munculnya asma. Hal ini dapat dikatakan benar sekaligus salah. Orang yang asma memang sebaiknya ditenangkan dan tidak panik karena akan semakin memacu asma tersebut semakin parah.

Emosi karena marah atau sebagainya sebenarnya tidak menyebabkan orang asma. Hanya penanganan asma pada seseorang yang dapat dilakukan pertama kali adalah membuat orang tersebut tenang dan tidak panik.

4. Penderita Asma Tidak Boleh Hamil

Anggapan yang satu itu dikaitkan dengan ketika hamil seseorang harus membawa ‘beban’ yang lebih berat, yaitu bayi yang berada di kandungan yang mempengaruhi tenaga seseorang menjadi lebih lemah.

Padahal, hal tersebut tidak selalu benar. Asma dapat terjadi pada orang yang hamil karena pengaruh lain yang terjadi saat masa kehamilan. Pada kenyataannya, banyak penderita asma yang baik-baik saja pada masa kehamilan.

5. Penderita Asma Tidak Boleh Olahraga

Apakah seorang penderita asma tidak boleh berolahraga? Hal ini sebenarnya tergantung dari seberapa berat olahraga tersebut.

Pada beberapa penderita asma, sebaiknnya memang memilih olahraga yang tidak terlalu berat dan menyita banyak tenaga, walaupun semua ini tergantung pada kondisi seseorang. Karena olahraga sangat diperlukan untuk menjaga kebugaran tubuh, penderita asma pun boleh berolahraga.

Konsultasikan kembali ke dokter untuk mengetahui jenis olahraga apa saja yang dapat dilakukan.

***

Itulah 5 anggapan tentang asma yang tidak sepenuhnya benar. Tetaplah menjaga kesehatan tubuh dan menghindari penyebab asma anda. Semoga bermanfaat.