Loading...

Resep dan Cara Membuat Nasi Goreng yang Lezat

Penulis: Nila Rubrik: Resep

TERUSKAN.COM – Nasi goreng merupakan sebuah makanan olahan berupa nasi putih yang digoreng atau diaduk dalam minyak goreng atau margarin, ditambah dengan bumbu masakan lainnya seperti kecap manis, bawang merah, bawang putih, asam jawa, lada dan bumbu – bumbu pelengkap lainnya, seperti telur, ayam, dan kerupuk.

Ada pula nasi goreng dari jenis lain seperti nasi yang dikombinasikan dengan ikan asin dan ini merupakan salah satu jenis nasi goreng paling populer di seluruh Indonesia.

Cara Membuat Nasi Goreng

Loading...

Nasi goreng adalah salah satu masakan nasional Indonesia asli. Dari banyaknya ragam hidangan dalam khazanah masakan Indonesia, hanya beberapa saja yang bisa dianggap sebagai makanan nasional Indonesia sejati.

Masakan nasional Indonesia tidak mengenal batasan kelas sosial. Sehingga nasi goreng bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat dengan segala usia, wanita atau pria secara sederhana di warung – warung kecil tepi jalan, gerobak penjaja keliling, kafe hingga ke restoran mewah atau meja prasmanan dalam sebuah pesta.

Beragam olahan dan resep nasi goreng telah dikreasikan untuk menghasilkan cita rasa nasi goreng yang makin lezat dan bervariasi. Namun bagaimanapun, resep nasi goreng sederhana ini tetap istimewa dan tidak mengecewakan.

Untuk mendapatkan sepiring nasi goreng lezat dan sehat, di sini akan diberikan satu resep membuat nasi goreng sederhana yang dapat Anda tiru sewaktu – waktu di rumah untuk mengisi perut yang kosong.

Bahan yang Diperlukan

Bahan – bahan yang perlu disediakan adalah:

  • 500 gram nasi putih
  • 1 butir telur
  • 3 hingga 4 sendok makan kecap manis
  • 6 sendok makan minyak untuk menumis atau margarine secukupnya
  • 1 sampai 2 sendok makan saos tomat.

Bumbu Pelengkap

Bumbu – bumbu yanng dihaluskan adalah:

  • 3 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 3 – 5 buah cabai merah rawit atau sesuai selera
  • 1/2 sendok teh terasi
  • garam secukupnya

Cara Membuat

Cara membuatnya sangat sederhana namun perlu Anda perhatikan seksama untuk menghasilkan sepiring nasi goreng lezat.

1. Haluskan semua bumbu nasi goreng. Masukkan minyak ke dalam wajan, lalu masukkan 1 butir telur yang sudah dikocok. Diorak – arik sampai matang. Angkat dan dinginkan.

2. Tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai menimbulkan bau harum.

3. Masukkan nasi putih, lalu aduk – aduk sampai rata.

4. Setelah rata, masukkan saos tomat, kecap manis dan telur orak – arik, aduk lagi sampai benar – benar tercampur semua.

5. Angkat dan nasi goreng sudah siap untuk dihidangkan buat seluruh keluarga tercinta.

**

Bagi sahabat yang bermaksud untuk mencoba cara membuat secara sederhana sepiring nasi goreng spesial namun tetap mempunyai cita rasa yang lezat, silahkan ikuti tips – tips tersebut di atas.

Dapat dikembangkan dengan cara menambahkan sayur sawi, wortel,  kol, daging ayam atau sosis sesuai selera. Anda juga dapat menambahkan pelengkap seperti kerupuk, irisan tomat dan mentimun, jika Anda suka.

Selamat menikmati!