Loading...

9 Cara Efektif Mengatasi Mulut Kering

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Apakah mulut Anda seringkali menjadi kering? Jika ya, itu bisa menjadi suatu kondisi kesehatan yang serius jika tidak ditangani dengan tepat.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab mulut kering. Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama dari hal tersebut, selain itu obat-obatan juga dapat menyebabkan terjadinya kekeringan.

 Mengatasi mulut Kering

Loading...

Selaput lendir di mulut dapat menjadi kering akibat bahan kimia dalam obat-obatan seperti antihistamin. Menopause, merokok, kehilangan darah dan diare juga menjadi penyebab lain dari mulut kering. Mengunyah tembakau dan minum terlalu banyak kafein juga bisa menyebabkan mulut kering.

Jika diabaikan, mulut kering dapat menyebabkan xerostomia, suatu kondisi dimana produksi air liur berhenti. Gejala xerostomia tentu saja mulut kering, sakit tenggorokan dan suara serak, bau mulut, rongga hidung kering, tenggorokan dan bibir pun kering.

Bila Anda menderita mulut kering, mengunyah dan menelan akan terasa sangat sulit. Efek terburuk dari penyakit ini adalah bahwa hal itu dapat mengubah indera perasa dan menyebabkan sensasi terbakar di lidah Anda.

Anda dapat mengobati mulut kering dengan menggunakan beberapa pengobatan rumah yang sederhana. Misalnya, mengkonsumsi jumlah air yang cukup adalah salah satu pengobatan terbaik untuk mengobati mulut kering. Agar tetap terhidrasi, Anda perlu menghindari beberapa hal guna mencegah terjadinya mulut kering.

Berikut adalah beberapa solusi alami terbaik untuk mengatasi masalah mulut kering:

Tetap Terhidrasi

Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama dari mulut kering. Jadi, minum air sebanyak yang Anda bisa. Ini akan menjaga produksi air liur agar tetap aktif dan juga mengobati kekeringan di dan sekitar mulut Anda.

Hindari Mengonsumsi Minuman Bersoda

Minum soda dapat memperburuk kondisi mulut kering. Seperti mulut tidak memproduksi cukup air liur, minum soda dapat membahayakan gigi dan kelenjar ludah.

Kurangi Konsumsi Gula

Hindari konsumsi gula yang berlebih sampai mulut kering Anda menjadi lebih baik. Air liur adalah rongga-pejuang alami dalam mulut dan ketika itu tidak diproduksi dalam jumlah yang cukup, gula dapat menyebabkan wabah dan rongga yang buruk bagi kesehatan mulut.

Jadi, sebaiknya hindari gula dan minuman manis.

Perawatan Gigi

Orang yang menderita mulut kering harus memberi perhatian yang lebih terhadap kesehatan gigi mereka. Sikat dan floss setiap hari menjadi solusi terbaik, selain itu berhati-hatilah dalam pemilihan pasta gigi. Pilihlah pasta gigi yang memiliki fluoride.

Mengunyah Permen Karet

Sering mengunyah permen karet dapat meningkatkan produksi air liur dalam mulut kering. Jadi Anda dapat lebih bebas mengkonsumsi permen karet, namun sebaiknya pilihlah permen yang memiliki sedikit kandungan gula.

Mengunyah Biji Adas

Selain permen karet, Anda juga bisa mengunyah sesendok biji adas dan adas manis bersama-sama. Selain mengobati mulut kering, biji adas ini juga efektif untuk mengurangi bau mulut yang disebabkan karena kekeringan di dalam mulut.

Cardamom Bubuk

Cardamom bubuk atau bubuk kapulaga dapat pula menjadi pengobatan sederhana untuk mulut kering. Siapkan segelas air panas,lalu tambahkan bubuk kapulaga ke dalamnya dan minumlah sekali setiap hari.

Ini adalah obat rumah yang sederhana dan efektif untuk mulut kering. Di samping itu, obat ini juga mampu menyembuhkan bau mulut.

Jangan Merokok

Mulut kering juga dapat disebabkan karena kebiasaan gaya hidup yang buruk seperti merokok dan mengunyah tembakau. Untuk mengatasi mulut kering, biasakan untuk berhenti merokok dan mengunyah tembakau.

Hindari Kafein

Kafein tidak hanya dapat membuat tubuh Anda mengalami dehidrasi, tetapi juga bisa menyebabkan kekeringan pada mulut. Jadi, sebaiknya hindari kafein, alkohol dan minuman asin lainnya.