Loading...

4 Hal Tentang Otak yang Perlu Anda Ketahui

Penulis: Tamara Mega Buana Rubrik: Kesehatan, Sains

4 Hal Tentang Otak yang Perlu Anda KetahuiTERUSKAN.COM – Otak, organ jaringan saraf halus, berfungsi sebagai pusat koordinasi sensasi dan aktivitas saraf dan intelektual.

Merupakan sistem saraf pusat yang mengendalikan jalannya siklus metabolisme di dalam tubuh, baik secara sadar maupun tidak.

Dalam otak, tersimpan berjuta, bahkan milyaran informasi yang diperlukan tubuh untuk menjalankan siklus metabolisme. Setiap detik, informasi-informasi yang tak terhitung jumlahnya itu diproses di otak.

Loading...

Namun, demi mendapatkan kerja otak yang maksimal, seseorang harus memenuhi apa saja yang dibutuhkan otak guna bekerja dengan benar.

Sama seperti halnya manusia yang membutuhkan makanan untuk menjalankan kegiatan sehari-harinya. Otak kita memerlukan air yang cukup, istirahat yang cukup, dan nutrisi yang cukup untuk bekerja. Karena itu, kita harus memenuhi kebutuhannya agar tidak ngambek.

Ada beberapa fakta yang sering dianggap remeh manusia tentang otaknya, berikut diantaranya:

1. Melemah jika kekurangan air

Kita tahu bahwa air merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh kita, dan semua yang terjadi pada tubuh kita pasti berhubungan dan berkaitan satu sama lainnya. Contohnya saja otak.

Kinerja otak akan melemah apabila kekurangan air, bahkan walau hanya 1% air.

Jika tidak meminum cukup air dan membiarkan tubuh kita mengalami dehidrasi, asupan nutrisi dan zat-zat lain yang mengalir ke otak pun akan terhambat.

Air berpengaruh pada lancarnya aliran darah pada tubuh, darah membawa oksigen, nutrisi, dan zat-zat lain yang diperlukan tubuh. Kekurangan air, berarti menghambat aliran darah yang mengalir ke otak dan menghambat oksigen, juga nutrisi yang sangat diperlukan otak.

2. Melemah jika tidak distimulasi

Otak diciptakan selain untuk mengendalikan siklus metabolisme tubuh, juga untuk membantu kita berpikir.

Lalu, apa yang akan terjadi jika otak tidak digunakan untuk berpikir dan dibiarkan begitu saja? Ia akan melemah. Sama seperti manusia yang jika tidur terlalu banyak, malah akan semakin sering mengantuk.

Otak perlu diajak bermain sesering mungkin. Maksudnya, otak harus diberikan stimulasi yang akan melatihnya. Contohnya saja, matematika. Matematika akan semakin mudah jika Anda sering mengerjakan soal, itu berarti Anda telah mengajak otak Anda bermain dan menjadikan Anda semakin mahir dalam matematika.

3. Jarang membaca buku menyebabkan penyakit lupa

Jika Anda tidak suka membaca, maka cobalah untuk lebih menyukai buku mulai dari sekarang. Umpamakan membaca buku merupakan suatu hal yang menyenangkan bagi Anda. Anggap saja bahwa membaca buku merupakan suatu petualangan panjang yang menyenangkan.

Banyak membaca buku melatih otak Anda untuk mengingat kata-kata, kalimat-kalimat, dan informasi yang Anda baca di buku tersebut secara tidak sadar.

Namun, jika Anda jarang membaca buku, informasi yang Anda dapat akan sangat sedikit, sehingga membuat otak Anda tidak terlatih untuk mengingat suatu informasi secara menyeluruh.

4. Kurang tidur menyiksa otak Anda

Apakah Anda suka begadang? Apakah Anda sering lembur demi menyelesaikan pekerjaan Anda? Tolong diperhatikan, bahwa itu sangat menyiksa otak Anda.

Pada dasarnya, jika otak tidak dibiarkan beristirahat dengan baik, maka akan berpengaruh pada bagian tubuh Anda yang lainnya. Karena otak merupakan sistem saraf pusat, otak memerlukan banyak energi dari tubuh. Maka dari itu, begadang dapat menguras habis energi Anda dan bahkan menyebabkan kekebalan tubuh melemah.