Loading...

3 Tips Jitu Membuat Lantai Rumah Lebih Mengkilap

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Desain, Keluarga

TERUSKAN.COM – Kondisi lantai rumah yang kotor membuat tampilan rumah terlihat buruk. Terlebih untuk lantai rumah yang terbuat dari keramik.

Membuat lantai rumah tetap bersinar tidak hanya dapat dilakukan dengan menggunakan kain pel dan sekedar larutan pembersih tetapi dibutuhkan juga beberapa trik yang akan membuat lantai mengkilap lebih lama.

Tips Membersihkan Lantai Rumah

Loading...

Berikut beberapa tips membuat lantai rumah terlihat mengkilap yang dapat membantu Anda.

1. Pilih Jenis Pel yang Digunakan

Alat pel bukan hanya sekedar  kain pel yang berguna untuk membersihkan lantai. Pel yang Anda pilih bahkan dapat berpengaruh pada kebersihan lantai rumah Anda.

Alat pel yang digunakan setidaknya harus cukup kuat untuk membersihkan noda basah atau kering dan tidak meninggalkan goresan pada lantai.

Untuk jenis kain pel yang ideal, pilih kain pel yang removable, mudah dilepas atau dapat diganti untuk bagian kainnya. Pilih kain pel yang berbahan ringan untuk memudahkan dalam memeras.

Anda juga sebaiknya rajin membersihkan kain pel, karena kain pel yang kotor hanya akan mengotori lantai rumah Anda.

2. Larutan Pembersih

Untuk larutan pembersih, sebaiknya menggunakan larutan yang diformulasikan secara khusus untuk memecah dan melarutkan kotoran  yang sulit.

Di pasaran telah tersedia beberapa jenis pembersih yang dapat digunakan pada jenis lantai yang berbeda-beda. Anda juga dapat membuatnya sendiri dari campuran cuka dan bahan lainnya.

  • Vinyl

Untuk lantai yang menggunakan jenis vinyl, cukup dibersihkan dengan menggunakan cuka dan campuran air. Tambahkan secangkir cuka untuk satu ember air panas dan siap untuk digunakan.

Untuk noda yang sulit  coba untuk mencampurnya dengan menggunakan borax.

  • Keramik

Untuk lantai berbahan keramik Anda hanya perlu menggunakan  pel basah untuk membersihkannya  atau menggunakan campuran cuka dan air.

Gunakan handuk untuk  mengeringkan lantai setelah mengepel dan  pengeringan udara atau sinar matahari langsung pada lantai.

  • Batu

Untuk lantai yang menggunakan batu, hindari menggunakan cuka. Asam yang terdapat pada cuka hanya akan menyebabkan kerusakan pada lantai.

Anda dapat mencampurkan beberapa tetes pencuci piring cair ke dalam air panas, pel dan kemudian bilas kain pel.

3. Rajinlah Mengepel

Semakin sering Anda membersihkan lantai rumah, maka semakin mudah untuk mengangkat kotoran yang ada pada lantai, kata Corina Wilson.

“Lantai ubin harus rutin dibersihkan, tetapi banyak orang yang malah menunggu sampai lantai begitu kotor baru mereka ingin membersihkannya” katanya.

**

Demikian beberapa tips sederhana untuk membuat lantai rumah tetap bersih dan mengkilap. Pembersihan dan pemeliharaan sebaiknya dilakukan lebih sering, sebelum lantai kotor. Lantai yang terlalu kotor memerlukan terlalu banyak tenaga.

Jadi sebaiknya untuk Anda sering membersihkan lantai rumah setidaknya 3 kali dalam seminggu.

Semoga bermanfaat.