Loading...

Konsumsi 4 Makanan dan Minuman Ini Agar Terhindar dari Rasa Cemas

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Rasa cemas atau khawatir tentu pernah dialami semua orang. Baik itu karena masalah kecil atau besar, rasa cemas seringkali datang karena ketakutan akan masalah yang lebih besar.

Rasa cemas maupun khawatir yang berkepanjangan dapat membuat seseorang menjadi stres bahkan depresi. Jika sudah demikian, seseorang dapat berperilaku impulsif hingga agresif sebagai cara untuk melampiaskan stres dalam dirinya.

Makanan Agar Terhindar dari Rasa Cemas

Loading...

Rasa cemas yang tidak boleh disepelekan ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti sifat seseorang yang memang mudah cemas, pikiran negatif yang lebih besar ketimbang pikiran positif, hingga keadaan dan pengaruh dari lingkungan sekitar.

Dalam menghindari rasa cemas yang berlebihan, banyak orang melakukan berbagai kegiatan positif yang bersifat menenangkan seperti mendapatkan pijatan, pergi ke tempat yang tenang, melakukan hobi dan lain sebagainya.

Akan tetapi, banyak orang yang tidak mengira bahwa untuk terhindar dari rasa cemas adalah dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan atau minuman tertentu. Apa saja makan tersebut?

1. Ikan Berlemak

Terhindar dari rasa cemas dapat anda lakukan salah satunya dengan mengonsumsi ikan yang mengandung asam lemak omega 3 seperti yang terdapat pada ikan salmon, tuna ataupun mackerel.

Berdasarkan penelitian di Ohio State University, mengonsumsi beberapa jenis ikan tersebut dapat mengurasi tingkat kecemasan hingga 20 persen.

Anda dapat memasukannya dalam menu harian anda atau daftar menu diet anda. Selain sehat, ternyata beberapa jenis ikan tersebut juga memiliki manfaat untuk menghindari rasa cemas.

2. Teh Chamomile

Di benua Eropa, teh chamomile bukanlah minuman yang asing untuk membuat seseorang menjadi rileks maupun jauh dari rasa cemas. Teh jenis ini juga nikmat untuk dinikmati di sore hati bersama kudapan yang lezat.

Hal ini bukanlah tanpa alasan. Bunga chamomile sendiri telah dikenal sejak jaman kuno sebagai salah satu bahan penyembuh berbagai macam penyakit. Bunga ini juga dipercaya dapat membuat pikiran dan tubuh lebih tenang sehingga menjauhkan dari rasa cemas dan khawatir.

Minumlah teh chamomile 1 hingg 2 kali sehari untuk hasil yang maksimal. Terutama bagi anda yang memiliki jadwal harian dengan aktivitas padat, teh chamomile dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga keseimbangan kondisi pikiran anda.

3. Yoghurt

Bagi sebagian orang yang tinggal di negara barat, yoghurt biasa dikonsumsi seagai makanan pencuci mulut karena rasanya yang segar dan juga manfaat yang baik bagi tubuh.

Dengan kandungan probiotik yaitu bakteri yang baik dalam usus, dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan anda dan juga menjaga anda agar tidak mudah cemas.

Hal tersebut telah diujikan di beberapa penelitian bahwa dengan mengonsumsi yoghurt, seseorang dapat terhindari dari rasa cemas dan potensi stres maupun depresi.

4. Teh Hijau

Bukan suatu hal yang mengejutkan jika teh hijau temasuk dalam daftar minuman yang dapat mengurangi rasa cemas. Selama ini teh hiijau sering dihubungkan dengan gambaran suasana yang rileks, tenang dan juga pikiran yang sehat. Hal tersebut tentu bukanlah tanpa bukti.

Teh hijau mengandung asam amino yang juga disebut L-theanine yang telah terbukti memberikan efek menenangkan. Dalam sebuah studi, seseorang yang mengonsumsi teh hijau juga menjadi lebih tenang dan lebih baik dalam berkonsentrasi.

Konsumsilah teh hijau 1 hingga 2 kali sehari diwaktu luang anda karena manfaatnya tidak hanya baik bagi tubuh, namun juga pikiran.

***

Itulah 4 makanan dan minuman yang dapat mengurasi rasa cemas pada diri seseorang. Tetaplah berpikir positif dan hadapi semuanya dengan bijak untuk hidup dengan pikiran positif.

Semoga bermanfaat.