Loading...

6 Tips Praktis Membersihkan Rumah

Penulis: Amanda Rubrik: Keluarga, Wanita

TERUSKAN.COM – Membersihkan rumah merupakan aktivitas untuk membuat rumah tak hanya terlihat bersih, namun juga bebas berbagai macam bakteri maupun kuman yang tak terlihat.

Selain itu, membersihkan rumah juga dikaitkan dengan kegiatan membuat ruangan dalam rumah tampak lebih tertata tapi sehingga terlihat nyaman.

 Tips Praktis Membersihkan Rumah

Loading...

Membersihkan rumah terkadang menjadi aktivitas yang tidak menyenangkan karena mudah membuat kita lelah, maupun terkena ‘efek’ dari debu dan kotoran lain yang berbau tidak sedap, membuat kulit gatal hingga membuat kita terluka.

Oleh sebab itu membersihkan rumah seharusnnya tidak dianggap remeh begitu saja karena terkadang kita tidak tahu dengan bahaya apa yang dapat terjadi kita kita membersihkan sesuatu, terutama yang sangat kotor dan berdebu.

Belum lagi serangga yang bisa saja berada di tempat tersebut karena sudah lama tidak dibersihkan.

Berikut tips jitu membersihkan rumah, agar kegiatan ini dapat anda lakukan dengan lebih mudah dan aman.

1. Gunakan Sarung Tangan

Mungkin sebagian besar dari kita jarang menggunakan sarung tangan saat membersihkan rumah. Padahal, banyak bakteri dan kuman dari kotoran dan debu yang menempel pada benda-benda yang kita bersihkan.

Di banyak negara, saat membersihkan rumah, banyak orang yang menggunakan sarung tangan untuk terhindari dari berbagai bahaya ringan namun rIsikonya besar.

Gunakan sarung tangan baik dari bahan plastik maupun latex yang anti air setiap kali anda membersihkan rumah.

2. Mulai dari Atas ke Bawah

Saat membersihkan rumah, tak jarang kita memulai dari menyapu lantai lalu membersihkan  benda-benda yang terdapat di atas.

Sebaiknya mulailah membersihkan rumah dari bagian atas, seperti atas lemari, kusen jendela, debu-debu di barang pajangan anda dan lain sebagainya.

Hal ini dapat membuat kotoran maupun debu jauh ke bawah, sehingga saat kita membersihkan lantai, lantai tidak anda dikotori lagi oleh kotoran dan debu yang membuat kita harus membersihkannya berulang-ulang.

3. Gunakan Koran atau Kertas Bekas

Sering kali membersihkan kotoran atau debu suatu barang, debu dan kotoran tersebut malah mengotori benda lainnya.

Sebaiknya siapkan alas berupa kertas koran ataupun kertas bekas untuk menutupi benda-benda yang kira-kira dapat kotor karena kita membersihkan benda lainnya.

Saat membersihkan pajangan misalnya, anda dapat meletakkannya dulu di atas alas koran kemudian membersihkannya agar tidak mengotori lantai.

4. Siapkan Kardus atau Kantong Plastik

Saat membersihkan rumah, tak jarang kita menemukan barang-barang baik yang besar maupun yang kecil yang sudah tidak digunakan lagi dan ingin kita buang.

Oleh sebab itu, siapkan kardus maupun kantong plastik berukuran besar untuk menampung semua benda yang kiranya ingin dibuang.

Hal ini dapat memudahkan anda saat membersihkan rumah karena tidak harus bolak-balik membuangnya ke tong sampah dan memenuhinya.

5. Baju ‘Jelek’

Saat membersihkan rumah, gunakanlah pakaian yang dapat dikatakan tak ingin kita gunakan lagi atau yang tidak masalah jika pakaian itu menjadi kotor.

Kotoran saat membersihkan rumah yang menempel di  baju bisa jadi susah hilang dan kotor hingga tak layak digunakan kembai walau sudah dicuci.

6. Ajak Anggota Keluarga

Ini adalah tips yang tidak hanya seru namun juga bermanfaat. Ya, ajak anggota keluarga anda untuk membersihkan rumah bersama-sama.

Selain dapat membagi tugas, keakraban di keluarga anda pun bertambah karena melakukan kegiatan secara bersama-sama.

***

Itulah 6 tips jitu membersihkan rumah. Bersihkan rumah anda secara rutin untuk hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat.