Loading...

Ini Dia, Ide Bekal Makan Siang Praktis dan Sehat!

Penulis: Amanda Rubrik: Resep

TERUSKAN.COM – Pernahkan anda kepikiran membawa bekal, untuk makan siang misalnya? Di Indonesia, membawa bekal makan mungkin tidak dilakukan sebagian besar orang karena kemudahan yang kita miliki untuk menemukan makanan yang dijual di mana pun.

Itulah yang berbeda dengan yang ada di negara-negara barat misalnya, dimana makan di cafe maupun restoran membutuhkan biaya yang cukup mahal. Hal ini membuat banyak masyarakatnya memutuskan membawa bekal sendiri ke tempat kerja, maupun kampus.

Ide Bekal Makan Siang

Loading...

Selain praktis dan lebih hemat, bekal dari rumah juga dinilai jauh lebih sehat karena kita tahu betul apa yang kita hidangkan. Hal ini juga dapat menghindari kita untuk makan lebih banyak dari yang kita perlukan.

Adakah ide bekal yang praktis namun juga sehat? Berikut beberapa ide kami untuk anda.

1. Sandwich

Tentu saja. Sandwich yang merupakan dua lapis roti yang di tengahnya diberi berbagai macam sayuran seperti selada, tomat, mentimun dan juga daging seperti salami atau telur, terkenal akan praktis dan rasa lezatnya.

Anda juga dapat membuat sadwich untuk bekal makan siang. Bermacam-macam jenis sandwich dan menjadi variasi yang dapat anda sajikan setiap hari.

Beri sayuran yang anda gemari dan anda juga dapat memadukannya dengan irisan bawang, maupun taburan keju dan untuk rasa yang lebih enak, dengan merica maupun garam. Sandwich dapat anda simpan dalam kotak makan maupun plastik wrap saja.

2. Sushi

Sushi atau makan khas Jepang yang berupa nasi yang dibungkus oleh rumput laut dan berisi berbagai macam sayuran maupun ikan ini selain praktis dibawa, rasanya juga lezat.

Untuk makan siang misalnya, hindari membawa sushi dengan ikan karena ikan dikhawatirkan tidak akan segar hingga sudah membusuk saat ingin dihidangkan.

Anda dapat berkreasi dengan mengisi sushi dengan tempura misalnya, telur dadar, hingga mentimun dan alpukat yang segar.

Sushi cocok dibawa sebagai bekal makan siang dan diletakkan dalam kotak makan anda. Siapkan juga sumpit dan saus kecap asin maupun dengan mayonaise misalnya. Kreasikan sesuai dengan favorit anda.

3. Potongan Buah

Banyak makan buah dan sayuran memang disarankan terutama untuk anda yang sedang berdiet. Anda dapat membuat bekal praktis dan sehat dengan potongan buah-buahan segar seperti apel, melon, jeruk, pir, stroberi dan masih banyak lagi.

Campur semua buah menjadi satu dan anda dapat menikmatinya baik dengan perasan jeruk npis yang segar, madu yang mani, atau mayonaise yang lezat.

Untuk menjaganya tetap segar, anda dapat meletakkannya dalam lemari es yang ada di kantor.

4. Nasi Goreng

Wah, bicara tenang nasi goreng tentu tidak asing lagi. Nasi goreng juga banyak dikonsumsi untuk bekal makan siang.

Anda dapat membuatnya di pagi hari, selagi membuat sarapan misalnya. Padukan nasi goreng dengan lauk yang sehat seperti telur, potongan daging ayam rebus, dan dengan sayuran untuk gizi yang seimbang seperti tomat, mentimun dan selada.

5. Burger

Ya, burger sangat praktis untuk dimakan di siang hari karena rasanya yang lezat dan bahkan anda dapat memakannya begitu saja dengan tangan.

Siapkan roti burger yang hanya perlu dipanaskan saja, lalu isi tengahnya dengan daging salami, keju lembaran, timun, tomat, selada dan tambahan saus yang lezat.

***

Itulah ide 5 bekal makan siang yang lezat dan juga sehat. Yang terpenting adalah anda memadukan antara daging sebagai sumber protein dan juga sayur dan buah sebagai sumber serat. Have a nice lunch!

(foto : i.telegraph.co.uk)