Loading...

Tips dan Cara Membuat Jus Buah Pisang Super Enak

Penulis: Nila Rubrik: Resep

TERUSKAN.COM – Pisang merupakan salah satu jenis pohon terna yaitu pohon dimana batangnya berbentuk batang lunak atau tidak berkayu dan termasuk ke dalam salah satu suku Musaceae.

Pohon pisang dapat mencapai ketinggian sekitar enam meter, meskipun batang tidak berkayu tetapi termasuk kuat dan kokoh menyangga keseluruhan pohon dengan daun – daun berwarna hijau gelap dan berukuran besar memanjang. Buah  seperti sisir – sisir, dimana setiap sisirnya berisi kurang lebih 10 atau 20 pisang yang memiliki daging bertekstur lembut tanpa biji.

resep jus pisang

Loading...

Selain bisa dimakan dengan cara segar, buah pisang bisa diolah menjadi minuman segar mengenyangkan sekaligus menghilangkan dahaga, seperti :

1). Jus pisang dengan oat

Selain buah –buahan segar seperti stroberi atau mangga dan jeruk, pisang juga dapat dicampur dengan oat. Kombinasi keduanya bagus buat melancarkan pencernaan Anda dan dianjurkan untuk dikonsumsi ketika diet.

Berikut bahan – bahan yang harus Anda sediakan untuk membuat segelas jus pisang oat, yaitu :

  • Pisang Ambon matang sebanyak 2 buah
  • Susu bubuk sebanyak 2 sendok makan
  • Oat plain sebanyak 3 sendok makan
  • Gula pasir atau madu sebanyak 2 sendok makan atau secukupnya
  • Segelas air matang
  • Es batu secukupnya

Cara membuatnya adalah kupas pisang lalu potong kecil – kecil. Kemudian masukkan ke dalam blender. Masukkan gula pasir/madu dan mulailah memblender sehingga pisang menjadi pasta lembut.

Selanjutnya masukkan bahan – bahan lain seperti susu bubuk dan oat juga es. Kembali diblender hingga tercampur rata. Jus pisang oat siap untuk Anda nikmati bersama keluarga tercinta.

2). Jus pisang nanas

Resep berikut ini adalah campuran antara pisang dengan buah nanas. Nanas merupakan buah yang kaya kandungan vitamin dan bagus sebagai media penyokong energi untuk menyehatkan tubuh.

Untuk membuat segelas jus pisang nanas, siapkan bahan – bahan berikut :

  • Pisang Ambon sebanyak 2 buah. Kupas lalu dipotong kecil – kecil
  • Buah nanas matang, kupas dan kecil – kecil sebanyak 300 gram.
  • Yoghurt tawar sebanyak 250 mililiter.
  • Madu sebanyak 4 sendok makan.
  • Oat sebanyak 1 sendok makan

Cara membuatnya adalah masukkan potongan pisang dan buah nanas dalam satu wadah. Kemudian simpan kurang lebih 30 menit di dalam kulkas pada bagian freezer supaya sedikit beku.

Jika dirasa sudah mengeras, masukkan potongan buah ke dalam wadah blender bersama bahan – bahan lainnya seperti madu, yoghurt, dan juga oat. Blender semua hingga halus. Sajikan dingin di dalam gelas – gelas cantik.

**

Buah lain yang cocok dan enak dipakai sebagai jus bersama – sama dengan buah pisang adalah stroberi, blueberry, melon dan lainnya.

Agar mendapatkan minuman olahan dengan rasa lebih nikmat, dapat Anda tambahkan bahan – bahan pelengkap seperti madu, gula pasir, jeruk lemon, yogurt, susu atau es krim seperti pada resep – resep tersebut di atas.

Selamat mencoba ya!