Loading...

4 Pengaruh Mendengarkan Musik Selama Kehamilan

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Keluarga, Wanita

TERUSKAN.COM – Mendengarkan musik sepertinya menjadi hal yang paling disukai oleh banyak orang. Bagi kaum dewasa, musik selalu dijadikan sesuatu untuk mewakili perasaan, senang, sedih, gundah dan galau.

Musik juga dianggap sebagai hal yang dapat meningkatkan motivasi seseorang. Ya, musik membuat perbedaan besar dalam kehidupan manusia, bahkan sejak masih menjadi janin dalam rahim ibu.

Mendengarkan Musik Selama Kehamilan

Loading...

Musik memang telah membuat hidup menjadi lebih berwarna karena memberi perubahan yang bermakna, termasuk bagi perkembangan janin saat ibu sedang hamil. Ada banyak manfaat dan efek yang bisa didapatkan dari mendengarkan musik selama kehamilan. Namun, efeknya tentu tergantung pada jenis musik yang Anda dengarkan.

Ada beberapa efek yang ditimbulkan dengan mendengarkan musik selama kehamilan. Dalam masa tersebut, seseorang harus mendengarkan sebuah musik yang menyenangkan dan dapat menenangkan hati serta pikiran. Dikatakan bahwa mendengarkan musik yang damai dapat menenangkan pikiran ibu dan anak.

Berikut adalah beberapa keuntungan mendengarkan music bagi ibu yang sedang dalam masa kehamilan:

Meningkatkan kemampuan mendengar

Mendengarkan musik dengan penggunaan earphone selama masa kehamilan dikatakan dapat meningkatkan kemampuan pendengaran dan keterampilan konsentrasi pada bayi. Hal ini sebenarnya belum benar-benar terbukti, namun banyak peneliti yang percaya pada fakta ini.

Setelah perkembangan pada tahap tertentu, bayi bisa merasakan suara dan bereaksi terhadap hal tersebut. Oleh karena itu, mendengarkan musik selama kehamilan dapat memberikan efek positif dalam hal meningkatkan pendengaran bayi.

Peningkatan konsentrasi juga merupakan efek dari mendengarkan musik selama kehamilan.

Meningkatkan reaksi anak 

Hal ini telah diamati, bahwa kadang-kadang bayi akan bereaksi dan melakukan gerakan saat mendengarkan beberapa suara. Oleh karena itu, cobalah mendengarkan musik selama masa kehamilan. Ini akan membantu bayi untuk bereaksi sehingga mampu meningkatkan gerakan bayi.

Reaksi bayi akan membuat bayi memiliki gerakan yang berkelanjutan. Ini tentu saja merupakan efek yang baik. Anda juga dapat mendengarkan musik melalui earphone untuk efek yang lebih baik.

Membentuk kepribadian bayi dalam rahim 

Dikatakan bahwa kegiatan mendengarkan musik ketika Anda sedang hamil akan membantu memperbaiki serta membentuk kepribadian bayi Anda. Meskipun belum memiliki bukti yang cukup, tetapi kepribadian anak mungkin akan terpengaruh sedikit dari musik yang Anda dengarkan.

Musik dengan tempo lambat, tenang dan lembut akan membuat bayi memiliki kepribadian yang tenang. Musik dengan tempo yang lebih cepat bisa membentuk kepribadian anak menjadi lebih ekspresif. Walaupun hal ini masih dianggap sebagai mitos, bisa saja cukup memberi efek pada bayi dalam kandungan.

Efek setelah melahirkan 

Ada efek tertentu ketika Anda mendengarkan musik selama masa kehamilan dengan setelah kelahiran. Dikatakan bahwa jika bayi mendengarkan musik yang ibu dengarkan saat sedang hamil, karakter bayi akan lebih tenang.

Musik juga dapat bertindak sebagai pengantar tidur. Telah terbukti bahwa rupanya bayi dapat mengingat musik yang Anda dengarkan saat sedang hamil.

Oleh karena itu, pastikan Anda mendengarkan musik klasik karena akan membantu dalam perkembangan otak anak. Hindari jenis musik keras yang menggelegar seperti misalnya rock dan metal.