Loading...

Cara Membuat Bayi Anda Buang Air Besar Secara Teratur

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Keluarga

TERUSKAN.COM – Jika bayi Anda buang air besar secara teratur, itu adalah tanda bahwa anak Anda memiliki sistem tubuh yang sehat. Membuang kotoran merupakan salah satu kegiatan tubuh yang sangat penting dan sebagai penanda bahwa sistem pencernaan bayi Anda berfungsi dengan baik.

Namun jika Anda mengamati dengan teliti, terkadang seorang bayi tidak melakukan buang air besar dalam sehari. Jika hal ini terjadi pada bayi Anda, Anda tidak perlu langsung panik sebab usus besar bayi Anda mungkin memerlukan waktu yang lebih banyak untuk menyesuaikan diri.

Bayi Buang Air Besar Secara Teratur

Loading...

Kadang-kadang, bayi tidak buang air dengan teratur ketika mereka mengalami percepatan pertumbuhan. Hal ini terjadi saat bayi menginjak usia 2 hingga 4 bulan. Namun Anda masih dapat mencoba untuk membuat bayi mengeluarkan kotoran dengan menggunakan beberapa cara dan trik yang berbeda.

Pengobatan rumah berikut dapat menjadi solusi yang baik untuk membuat kotoran bayi menjadi lebih lembut sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

Trik ini merupakan cara cerdik yang dapat Anda coba saat bayi Anda mengalami masalah pencernaan:

Air Susu Ibu

Ya, ASI atau Air Susu Ibu memiliki kandungan kolostrum yang dapat membantu bayi Anda buang air besar secara teratur. Hal ini dapat berbeda pada bayi yang mengkonsumsi susu formula. Jadi, sedapat mungkin berikan ASI kepada bayi Anda.

Madu + Air Hangat

Selain ASI, Anda dapat mencampurkan satu sendok teh madu murni ke dalam air hangat lalu berikan kepada bayi Anda dalam botol susu. Anda juga bisa memberi makan campuran ini dengan menggunakan sendok.

Kombinasi madu dan air hangat telah dipercaya sebagai pencahar alami untuk bayi.

Menggerakkan Kaki Bayi

Anda dapat membuat bayi Anda berbaring di tempat tidur dengan nyaman lalu kemudian tahan kaki dan pergelangan kakinya.

Setelah itu gerakkan kaki bayi dengan gerakan seperti sedang mengayuh sepeda, hal ini dilakukan untuk merangsang usus besar bayi sehingga akan membantu melepaskan gas serta kotoran yang terjebak dengan cepat.

Memberi Pijatan Pada Perut Bayi

Ambillah sedikit minyak kelapa yang telah dihangatkan lalu berikan pijatan pada perut bayi Anda. Hal ini dapat membantu untuk meringankan perut bayi Anda sehingga mereka dapat membuang kotoran dengan lebih mudah.

Berendam Dengan Air Hangat

Terkadang, mandi dengan menggunakan air hangat dapat memberi efek yang menenangkan pada perut bayi Anda. Rendam tubuh bayi Anda dalam air hangat untuk membantu membuang kotoran lebih mudah.

**

Para ibu mungkin telah mengetahui, bahwa tiga hari setelah bayi lahir, kotoran yang dikeluarkan akan berubah dan memiliki warna serta tekstur yang berbeda. Warna kotoran yang awalnya coklat kehijauan akan berubah menjadi kekuningan.

Begitu pula dengan teksturnya, akan berubah menjadi lebih padat dan sedikit kasar. Namun kotoran yang terlau keras akan sulit dikeluarkan oleh bayi yang baru lahir, maka dari itu Anda dapat mencoba melakukan beberapa cara di atas untuk mengatasi masalah tersebut.

Perhatikan setiap pertumbuhan tubuh anak Anda, beri perawatan dan perhatian ekstra termasuk dalam hal-hal yang Anda anggap sepele.