Loading...

7 Tips Mengatasi Rasa Cemburu

Penulis: Mayrani Rubrik: Remaja

TERUSKAN.COM – Kebanyakan orang kadang-kadang merasa sedikit cemburu, terutama ketika mereka memiliki perasaan yang kuat terhadap pasangan mereka, dan kecemburuan kecil dapat menambah semangat atau malah seperti percikan api yang dapat membakar.

7 Tips Mengatasi Rasa Cemburu

Berikut adalah 7 tips untuk mengatasi rasa cemburu, dilansir dari UncommonHelp.me:

Loading...

1. Percaya pada Pasangan

Ya, percayai kata-kata pasangan Anda. Jika mereka berbohong kepada Anda, maka mereka tidak membodohi siapapun kecuali diri mereka sendiri – ingat itu.

Ada yang mengatakan bahwa kepercayaan merupakan hal terpenting dalam setiap hubungan. Buruk bagi pasangan Anda jika Anda selalu meragukan kata atau perilaku mereka.

Bahkan jika Anda masih tidak percaya pada pasangan Anda, temukan kekuatan untuk mulai bertindak seolah Anda percaya mereka. Jika ternyata pasangan Anda berkata benar, berhentilah meragukannya.

2. Berhenti Membandingkan Diri Anda

Beberapa rasa cemburu didorong oleh percaya diri yang rendah. Tidak satupun dari kita yang memahami persis mengapa seseorang mencintai kita.

Anda mungkin menghargai hal-hal yang menarik dalam diri Anda, tapi Anda masih mempertimbangkan bahwa wanita itu lebih kaya, lebih cantik, lebih lucu, lebih muda dan banyak lagi. Tapi ini hanyalah menunjukkan kualitas ‘produk’.

Jika pasangan Anda mencintai Anda, itu akan karena sesuatu yang ekstra, kualitas yang tak dapat dijelaskan yang Anda miliki, bahkan melampaui penampilan, kemudaan, kekayaan, dan sebagainya.

3. Bersiaplah Kehilangan

Orang dengan kepercayaan diri yang tinggi dapat mengalami kecemburuan intens. Orang-orang seperti ini cenderung melihat orang lain dari materialnya.

Tetapi orang bukanlah benda atau mainan yang akan terus dijaga. Untuk mencintai seseorang dengan benar, kita harus siap untuk kehilangan.

Marah, takut, dan cemburu mengusir cinta, dan cinta membutuhkan sejumput keberanian kuat untuk berkembang.

Oke, jadi Anda takut kehilangan pasangan Anda? Jika Anda harus tetap menggunakan imajinasi Anda, gunakan untuk membayangkan kemungkinan ‘terburuk’ yang bisa terjadi dan Anda masih baik-baik saja, bukan hanya bertahan, tetapi berkembang dalam skenario membayangkan ini.

Berfantasilah tentang seberapa baik Anda akan bereaksi, bagaimanapun tidak akan membunuh Anda, tapi membuat Anda lebih kuat. Tuliskan 10 cara positif untuk menanggapinya dan bagaimana Anda akan membangun hidup Anda bahkan lebih baik jika hubungan Anda akhirnya berakhir.

Tapi jangan meninggalkan daftar ini tergeletak hingga ditemukan oleh pasangan Anda, karena hal ini dapat mulai membuat mereka insecure.

4. Jangan Main-Main

Kecemburuan sungguh tidak nyaman. Orang kadang-kadang mencoba untuk membuat diri mereka merasa lebih baik dengan mencoba untuk membuat pasangan mereka cemburu. Jangan lakukan hal ini.

Flirting dengan pria atau wanita lain sepanjang waktu di depan pasangan Anda, terus mengatakan betapa menarik, menyenangkan, dan cerdas mereka, hanya akan merendahkan Anda dan tidak akan membuat Anda atau pasangan Anda merasa lebih baik dalam jangka panjang.

5. Berhenti Menyamakan ‘Membuat Percaya’ dan Kenyataan

Kecemburuan, seperti banyak masalah psikologis (dari hipokondria hingga paranoia), didorong imajinasi yang bersifat destruktif. Suatu imajinasi baik jika Anda menggunakannya untuk keuntungan Anda sendiri, tidak jika malah mengacaukan pikiran Anda.

Stephen King memiliki karir bintang dengan menuliskan imajinasinya. Tapi ia membuat jarak dari hal-hal yang ia ciptakan di kepalanya. Dia tidak percaya semua yang ia tulis adalah nyata hanya karena ia membayangkannya.

Jangan begitu percaya pada imajinasi Anda.

Ketika Anda berhenti bersikap emosional hanya karena Anda telah membayangkan sesuatu, Anda akan mengambil langkah besar dan kuat untuk mendapatkan kembali kontrol dari kecemburuan itu.

6. Beri Kebebasan

Bersantailah dengan memperpanjang ‘tali’. Jika pasangan Anda ingin menghabiskan akhir pekan bersama teman-temannya, biarkan saja. Memenjarakan pasangan Anda hanya akan membangun keinginan mereka untuk melarikan diri. Biarkan mereka memiliki kebebasan sendiri.

7. Gunakan Imajinasi Anda untuk Membuat Anda Merasa Lebih Baik

Tutup mata Anda dan rileks. Sekarang pikirkan tentang jenis skenario yang membuat Anda paling cemburu. Apakah mengetahui pasangan Anda keluar dan membayangkannya bersama orang lain? Apakah melihat mereka berbicara dan tertawa dengan orang lain?

Sekarang, bernapas dalam-dalam dan fokuslah dengan merilekskan bagian-bagian tubuh Anda secara berurutan. Visualisasikan pasangan Anda melakukan semua hal yang membuat Anda merasa cemburu dan lihat diri Anda untuk tidak menanggapi dengan kecemburuan, melainkan dengan sikap tenang.

Semakin Anda dapat melakukan hal ini, semakin sedikit rasa cemburu akan dapat bermain-main dengan Anda.