Loading...

Ketahui 9 Titik Kuman di Rumah Anda

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Keluarga, Kesehatan

TERUSKAN.COM – Sekitar 55 %  orang menderita  alergi  yang tidak diketahui penyebabnya. Untuk alergi makanan mungkin akan mudah untuk diketahui. Tetapi bagaimana dengan alergi yang menyebabkan bersin atau ruam pada kulit ketika mereka sedang melakukan aktivitas.

Jika Anda adalah salah satu dari mereka yang bingung dan tidak memahami apa penyebab di balik tanda-tanda tersebut, maka artikel berikut akan membantu Anda menemukan penyebab yang mungkin menjadi alasan dari apa yang Anda pertanyakan.

Titik Kuman di Rumah

Loading...

Silakan simak artikel di bawah ini.

1 . Furnitur yang Menumpuk

Furnitur yang menumpuk pada rumah Anda akan menjadi sarang munculnya debu dan kuman. Jadi ada baiknya untuk menyingkirkan beberapa furniture yang sudah tidak dipakai, atau menutupnya dengan kain untuk mencegah menumpuknya debu.

Selain itu, menggunakan  vacuum untuk membersihkan semua furnitur juga akan membantu menghilangkan debu. Beberapa furniture yang disimpan di tempat lembab juga dapat menjadi penyebab alergi karena terdapat jamur yang berkembang.

Anda dapat menggunakan dehumidifier untuk mengurangi kelembaban dalam ruangan lembab sehingga menghindarkan tumbuhnya jamur pada furnitur.

2 . Seprai dan Selimut

Anda bahkan tidak bisa membayangkan berapa banyak sel kulit mati yang menempel di tempat tidur setiap harinya. Berada di tempat tidur selama delapan jam akan meninggalkan sel-sel kulit mati yang tak terhitung jumlahnya hingga berubah menjadi debu.

Anda dapat menggunakan casing alergen pada kasur, dasar tempat tidur dan bantal untuk menjauhkan dari iritasi kulit atau alergi lainnya. Pastikan bahwa Anda mencuci seprai, mengganti sarung bantal dan menjemurnya setiap minggu. Hindari mencuci kasur dan bantal dengan tangan karena hanya akan menambah jumlah bakteri saat tidak kering sempurna.

3 . Kamar Mandi

Apakah Anda pernah melihat jamur yang tumbuh di lantai kamar mandi Anda? Hal ini terjadi pada setiap rumah tentunya.

Jamur akan sangat mudah tumbuh dan berkembang di kamar mandi karena suhu di kamar mandi yang lebih lembab dan basah dibanding ruangan lainnya.

4 . Mainan Anak

Perhatikan kebersihan mainan anak Anda terutama yang berjenis lunak seperti boneka. Meskipun terlihat lucu dan menggemaskan, mainan jenis ini menjadi sarang bakteri, kuman dan debu yang akan menyebabkan iritasi kulit atau masalah lainnya pada anak.

Hindari menyimpan mainan anak pada tempat yang lembab.  

5 . Dapur

Dapur menjadi salah satu ruang untuk berkembangnya kuman dan debu. Dapur yang menjadi ruang paling sering dikunjungi, sebaiknya dijaga kebersihannya.

Bisa dimulai dari menata peralatan masak dan makan dengan rapi dan tetap kering, bersihkan tempat pembuangan kulkas secara teratur, dan singkirkan bahan makanan, bumbu atau apa saja yang berada pada kulkas untuk mengurangi tumbuhnya jamur.

Pastikan dapur Anda tetap dalam keadaan kering dan bersih.

6 . Tanaman Pot

Jika Anda memiliki tanaman hias di dalam rumah, bisa jadi ini salah satu alasan Anda terkena alergi. Jamur dapat tumbuh dalam pot tanaman bahkan dapat menyebar ke lantai.

Jadi, penting untuk tetap membersihkan daun-daun kering dari tanaman hias secara teratur .

7. Binatang Peliharaan

Banyak orang yang alergi pada hewan peliharaan. Beberapa orang menyalahkan alergi disebabkan karena bulu binatang.  Tetapi alasan utama di balik alergi yang disebabkan oleh hewan peliharaan adalah  protein. Zat protein ini dapat ditemukan dalam urin, air liur dan bulu hewan peliharaan.

Selain itu, sel kulit mati yang menempel apda karpet bahkan furniture dan tempat tidur juga bisa menjadi penyebab alergi. Karena itu jika Anda memiliki hewan peliharaan, akan lebih baik jika tidak membawanya pada kamar tidur.

8 . Karpet atau Tikar

Karpet dan tikar yang mempercantik rumah Anda, juga dapat menjadi tempat berkumpulnya debu. Karpet atau tikar bisa menjadi rumah  untuk debu mikroskopis.

Jadi , pastikan Anda memiliki vakum cleaner  yang memiliki filter HEPA. Atau seringlah menjemur dan usahakan untuk tidak mengotori karpet seperti makan atau menginjaknya dengan sepatu atau sandal.

9 . Buku-buku

Buku adalah sahabat terbaik Anda, tapi di waktu yang bersamaan buku juga bisa menjadi tempat bersarangnya debu.  Debu pada buku mengandung tungau dan jamur bahkan tidak jarang hewan kecil seperti kutu bisa hidup pada koleksi buku Anda.

Jadi, pastikan Anda membersihkan permukaan rak buku dan buku secara teratur. Simpan buku dalam wadah tertutup. Ide ini tidak hanya akan membantu menjaga tampilan dan kondisi buku tetap utuh tetapi juga akan membantu Anda terhindar dari alergi.

**

Demikian beberapa titik dan tempat yang tanpa Anda sadari bisa saja menjadi sarang untuk debu, kuman dan jamur. Rajinlah membersihkan rumah untuk menghindarkan dari alergi dan masalah kesehatan lainnya.

Semoga bermanfaat.