Loading...

6 Latihan Sederhana Untuk Memperbaiki dan Meningkatkan Penglihatan

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Penglihatan yang lemah merupakan masalah kronis yang dialami kebanyakan orang saat ini. Dulunya, orang harus menggunakan kacamata setelah mencapai usia tertentu. Tapi sekarang, bahkan anak-anak kecil pun sudah membutuhkan kacamata karena menderita penglihatan yang buruk.

Dikatakan bahwa kurangnya diet yang sehat, nutrisi penting serta asupan vitamin menjadi alasan penyebab masalah penglihatan. Terlepas dari diet yang sehat, Anda juga dapat mencoba beberapa latihan mata alami dan mudah untuk meningkatkan penglihatan Anda.

Memperbaiki Dan Meningkatkan Penglihatan

Loading...

Anda dapat mencoba beberapa latihan mata alami dan mudah di rumah yang dapat meningkatkan penglihatan. Misalnya saja berkedip, ini merupakan salah satu cara yang paling sederhana dan latihan alami untuk meningkatkan penglihatan dan menjaga mata agar tetap bersih.

Selain itu, masih ada banyak latihan sederhana dan alami lainnya yang bisa Anda lakukan untuk memperkuat otot-otot mata dan meningkatkan penglihatan, seperti berikut ini:

Pandangi Dua Titik Hitam Secara Bergantian

Duduklah dengan jarak 10 meter dari dinding dan bayangkan dua titik yang berjarak hampir setengah meter dari satu sama lain.

Jika membayangkan cukup sulit bagi Anda, Anda dapat menggambar dua titik hitam kecil di dinding. Lihatlah satu titik selama 5 sampai 6 detik dan kemudian secara perlahan-lahan layangkan pandangan Anda ke titik lainnya.

Ulangi latihan mata ini selama tiga menit, setelah itu tutup mata Anda dan rileks.

Permainan Angka

Ini adalah latihan lain yang dapat meningkatkan penglihatan dengan memperkuat otot-otot mata.

Cetaklah dua lembar atau halaman dengan numerik yang terdiri dari ukuran font besar dan kecil. Tempelkan kertas pada dinding dengan urutan font yang terbesar.

Duduk setidaknya 10 meter dari dinding, lalu mulailah melihat dari font yang besar hingga yang kecil, ketika penglihatan Anda masih cukup jelas untuk melihat semua nomor, arahkan pandangan Anda ke lembar lain dengan font yang lebih kecil ukurannya.

Gunakan Telapak Tangan

Tutup mata Anda menggunakan telapak tangan dengan sangat lembut dan jangan sampai mengerahkan tekanan pada bola mata. Pastikan bahwa mata benar-benar tertutup dan tidak ada sinar cahaya yang memasuki mata.

Mulai fokus pada kegelapan dan tarik napas dalam-dalam secara perlahan. Lakukan latihan mata ini tiga kali setiap hari.

Berkedip

Ini adalah salah satu latihan sederhana yang bisa Anda lakukan kapan saja untuk meningkatkan penglihatan. Kedipkan mata Anda 10 hingga 15 kali dengan cepat.

Bila Anda termasuk mereka yang terlalu sering berada di depan komputer atau televisi, sebaiknya laukan latihan ini setidaknya dua kali setiap hari.

Menutup Mata

Ini adalah satu lagi latihan mata dasar yang dapat memperbaiki penglihatan mata secara alami. Pertama, tutup mata Anda erat dan tahan selama 5 sampai 6 detik. Setelah itu buka kembali selama 5 hingga 6 detik.

Ulangi latihan ini minimal 10 kali dalam sehari. Selain membuat mata Anda menjadi lebih santai, penglihatan Anda pun dapat menjadi lebih baik.

Pijat Mata

Tutup mata Anda dan duduk bersantai di kursi. Mulailah berikan tekanan sangat ringan dan lakukan pijat mata serta kelopak mata dalam gerakan melingkar. Lalu dengan lembut pijat area dahi dan sekitar mata.

Ini akan meningkatkan sirkulasi darah ke mata.

**

Penglihatan yang buruk adalah hasil dari gizi buruk mata yang terjadi dari usia muda. Malnutrisi pada mata berarti bahwa Anda tidak memiliki proporsi makanan yang cukup untuk mata dalam diet harian Anda.

Untuk visi yang kuat, disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat seperti wortel karena memiliki karoten, komponen yang mencegah katarak.