Loading...

5 Langkah Rahasia Untuk Rambut Berkilau

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Fashion, Wanita

TERUSKAN.COM – Rambut sehat berkilau tentu menjadi dambaan setiap wanita. Perawatan yang tepat sangat dibutuhkan demi mendapatkan rambut seperti yang diinginkan. Akan lebih baik lagi jika Anda mengedepankan perawatan rambut menggunakan bahan alami demi meminimalkan efek samping yang mungkin timbul seperti bertambahnya masalah pada rambut.

Menggunakan shampoo dengan kualitas yang cocok untuk gaya rambut mengkilap, serta tahu bagaimana merawat dan menutrisi rambut dengan tepat adalah elemen dasar untuk membantu Anda mendapatkan gaya rambut panjang yang berkilau.

Rahasia Untuk Rambut Berkilau

Loading...

Ada lima langkah rahasia yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan rambut sehat mengkilap, seperti dilansir dari shelookbook:

1. Bahan Alami

Gunakan bahan alami telur sebagai kondisioner untuk menghindari kerusakan rambut. Hal ini dilakukan sebagai berikut:

Pertama, bilas rambut Anda dengan menggunakan shampoo khusus. Anda tidak harus menggunakan shampoo anti ketombe karena akan membuat rambut Anda menjadi kering. Sebaliknya, gunakanlah yang mengandung bahan alami untuk rambut lebih berkilau.

Kedua, kocok kuning telur lalu campurkan dengan satu sendok makan madu dan setengah pisang, campuran ini kemudian digunakan sebagai masker rambut selama kurang lebih 30 menit.

Ketiga, bilas rambut Anda dengan air. Jika Anda merasa bau dari campuran tersebut masih menempel pada rambut Anda, Anda dapat menggunakan sedikit kondisioner untuk mengatasinya. Namun, jangan menggunakan terlalu banyak kondisioner untuk menghindari hilangnya nutrisi media dari masker Anda.

2. Pijatan Lembut

Berikan pijatan pada kulit kepala dan akar rambut. Metode ini diterapkan khususnya pada Anda yang berambut panjang. Bagi rambut panjang, perawatan ekstra harus dilakukan karena gaya rambut ini membutuhkan lebih banyak nutrisi daripada yang diperlukan untuk memberi makan rambut dari akar ke ujung.

Setelah keramas dengan shampoo, Anda dapat menggunakan 10 jari tangan Anda untuk memijat lembut kulit kepala dan akar rambut selama 10 menit. Hal ini akan membantu menstabilkan sirkulasi darah dari daerah kulit kepala dengan mudah.

3. Menghindari rambut kering

Rambut Anda setiap hari pasti akan terkena kotoran dan sinar matahari. Hal ini menjadi salah satu penyebab rambut menjadi kering. Oleh karena itu, perawatan yang tepat harus Anda lakukan secara teratur. Setiap 2 bulan, Anda harus memotong ujung rambut yang bercabang guna menjaga agar rambut sehat dari akar ke ujung.

Anda juga harus melengkapi diet harian Anda dengan buah-buahan bergizi dan kacang seperti kacang mete, almond, walnut, dan sayuran hijau tua untuk memberikan vitamin, dan membuat rambut tetap sehat.

4. Batasi penggunaan bahan kimia

Perubahan gaya rambut sering dilakukan karena tuntutan pekerjaan, perubahan ini kemudian melibatkan bahan kimia, pengering dan lainnya yang berpengaruh buruk pada kesehatan rambut.

Untuk menghindari hal ini, Anda harus memberi asupan nutrisi alami yang tepat untuk rambut Anda. Anda dapat mencuci rambut Anda dengan lemon yang dicampur ke dalam air untuk pemenuhan vitamin C, kemudian biarkan rambut kering secara alami.

5. Krim alami

Gunakan krim alami untuk mencerahkan rambut. Krim yang efektif dapat Anda buat sendiri dengan cara berikut:

– Kocok 2 butir telur ayam kemudian campurkan dengan 5 sendok teh minyak zaitun. Oleskan campuran ini pada rambut dan diamkan selama 30 menit lalu bilas bersih. Campuran ini akan membantu rambut Anda selalu tampak mengkilap.

– Hancurkan alpukat lalu campurkan dengan satu sendok makan madu dan satu sendok makan minyak zaitun. Oleskan campuran ini pada rambut selama sekitar 20 menit, dan kemudian bilas bersih. Campuran ini akan membantu mengurangi kelebihan minyak pada rambut Anda.

– Campurkan setengah pisang, seperempat buah melon, alpukat, dan 2 sendok makan yogurt. Haluskan lalu oleskan campuran ini pada rambut selama sekitar 15 menit, kemudian bilas bersih. Rambut Anda akan lembut dan tidak kusut.