Loading...

Waspadai Tanda Bahaya Dalam Hubungan Posesif Ini!

Penulis: Mayrani Rubrik: Remaja

Waspadai Tanda Bahaya Dalam Hubungan Posesif Ini!TERUSKAN.COM – Hubungan posesif bervariasi dalam tingkat keparahan. Beberapa orang posesif mungkin mencoba untuk mengontrol setiap aspek kehidupan pasangannya, sementara yang lain hanya dapat menunjukkan kecemburuan ringan.

Terlepas dari tingkat posesif, hubungan tersebut biasanya tidak sehat. Namun, melacak hubungan posesif tidak selalu mudah. Bahkan mungkin awalnya positif.

Dengan demikian, pasangan yang melihat tanda-tanda peringatan mungkin ingin melihat secara dekat hubungan mereka, bahkan jika hal-hal tampaknya berjalan dengan baik.

Loading...

Nah, berikut adalah beberapa tanda peringatan dalam hubungan posesif, dilansir dari LiveStrong:

Pasangan Tidak Menghormati Anda

Tidak menghormati sering merupakan tanda hubungan yang posesif. Individu posesif dapat membuat komentar negatif terhadap Anda atau mantan. Hal ini mungkin mengambil bentuk nama – panggilan, kekasaran, sarkasme atau komentar kritis.

Dalam beberapa kasus, tujuan individu posesif adalah untuk membuat Anda merasa tidak berharga dan tidak mampu menemukan hubungan lain dengan merusak harga diri Anda. Pasangan posesif juga dapat tidak menghormati karir atau pilihan akademis Anda.

Dipenuhi Kecemburuan

Seseorang yang posesif sering mengungkapkan kecemburuan. Ia mungkin menjadi marah atau kesal ketika Anda bersosialisasi dengan teman-teman, keluarga atau rekan kerja. Seiring dengan ini, ia mungkin menuduh Anda selingkuh atau curiga terhadap perilaku yang tidak bersalah seperti mengirim email atau pesan teks.

Dalam kasus ekstrim, pasangan posesif Anda mungkin mencoba untuk memotong kontak dengan teman dan keluarga karena cemburu pada waktu yang Anda habiskan bersama mereka.

Perilaku Manipulatif

Seorang mitra posesif menggunakan perilaku manipulatif. Misalnya, pasangan Anda mungkin mengancam untuk meninggalkan Anda jika Anda tidak melakukan apa yang dia inginkan.

Dalam beberapa kasus, orang posesif mungkin juga melukai diri sendiri, mengancam bunuh diri atau terlibat dalam perilaku yang merusak diri sendiri jika Anda menunjukkan ketertarikan pada teman, keluarga, hobi, pekerjaan atau sekolah. Dengan kata lain, pasangan manipulatif dapat berusaha keras untuk memastikan bahwa Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda dengannya.

Anda Merasa Dikendalikan

Mengontrol perilaku sering menunjukkan sinyal hubungan posesif. Kontrol dapat berupa fisik, emosional atau keuangan. Seorang pasangan posesif juga mungkin mencoba melarang Anda melakukan pekerjaan atau mengelola uang Anda sendiri.

Demikian juga, ia mungkin mencoba untuk melarang Anda mencari pekerjaan, memilih pakaian Anda sendiri, memotong rambut Anda atau membuat keputusan dasar sehari-hari.

Mudah Marah

Mudah marah bisa menjadi tanda peringatan. Individu posesif dapat menjadi marah atas insiden yang tampaknya kecil, seperti jika Anda tiba di rumah 10 menit terlambat.

Dalam kasus-kasus ekstrim posesif, kemarahan ini mungkin ditandai dengan kekerasan fisik seperti mendorong, memukul atau menampar, tapi juga sering melibatkan teriakan, makian dan bentuk lain dari pelecehan verbal.