Loading...

6 Hal Buruk yang Sering Dilakukan Wanita

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan, Wanita

TERUSKAN.COM – Mendengarkan musik dengan volume keras, kurangnya jam tidur, makan tidak teratur, ini semua merupakan beberapa hal yang sering dilakukan terutama bagi kaum wanita. Tidak ada kesadaran bahwa kesehatan sebenarnya merupakan harta paling berharga yang Anda miliki.

Simak beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan wanita serta efek samping yang ditimbulkan, sebagai pelajaran agar tidak mengulang kebiasaan seperti ini lagi di masa depan.

Kebiasaan Buruk Wanita

1. Mendengarkan musik di jalan dengan volume keras

Memang benar bahwa akan jauh lebih menyenangkan untuk mendengarkan lagu yang kita sukai di tengah-tengah perjalanan, entah itu di atas bus ataukah saat Anda berjalan menuju tempat kerja Anda.

Loading...

Namun, hal itu dapat menjadi sangat berbahaya dalam jangka panjang untuk telinga Anda terutama jika Anda mendengarkan dengan volume yang keras untuk memblokir suara-suara asing dari lingkungan yang berisik.

Volume yang lebih tinggi dari 85 decibel dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Jika orang yang duduk di samping Anda dapat mendengarkan musik yang Anda dengarkan melalui headset, segera untuk mengurangi volume musik guna melindungi kesehatan telinga Anda.

2. Memakai lensa kontak setiap hari

Bagi beberapa wanita, penggunaan kacamata tidak pernah benar-benar terpikirkan. Mereka selalu lebih memilih kontak lensa untuk memperjelas penglihatan dan membuat tampilan menjadi lebih sempurna.

Namun, memakai lensa kontak tidak selalu dianjurkan terutama ketika Anda merasa mata Anda sedikit sakit. Dan jika mata Anda dalam keadaan yang kurang sehat, maka mata akan cenderung menghasilkan lebih sedikit air mata yang kemudian menyebabkan kekeringan, hal ini sangat meningkatkan risiko konjungtivitis.

Jika Anda bertekad untuk tetap menggunakan lensa kontak Anda, sebaiknya jangan digunakan setiap hari untuk mengurangi risiko infeksi pada mata.

3. Tidak memiliki jam tidur yang teratur

Orang dewasa membutuhkan 7 hingga 9 jam tidur setiap malamnya. Jadi, jangan pernah berpikir untuk menghemat waktu tidur dengan mengesampingkan beberapa jam istirahat Anda untuk keperluan lain. Kegiatan tidur sangat penting untuk mengisi ulang energi tubuh Anda.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa wanita yang tidur kurang dari delapan jam setiap malam dapat meningkatkan risiko mengalami penyakit jantung.

Menurut penelitian lain, kurang tidur memiliki dampak negatif pada hormon dan akan menyebabkan kelebihan berat badan. Jadi, kurangi kebiasaan buruk ini sekarang juga.

4. Meniru teman

Ya, memang cukup sulit untuk melarikan diri kita sendiri. Manusia memang tercipta sebagai makhluk sosial dan tidak ditakdirkan hidup seorang diri. Semua cenderung mengikuti kebiasaan teman-teman. Masalahnya adalah mereka tidak selalu memiliki gaya hidup yang baik.

Sebuah studi di AS menunjukkan bahwa kepribadian Anda terbentuk sesuai dengan tempat dan orang-orang yang ada di sekeliling Anda. Ketika teman Anda melakukan sesuatu, ada kemungkinan sebesar 57 % untuk Anda melakukan hal yang sama.

Maka dari itu, habiskan waktu Anda dengan orang-orang baik yang dapat memotivasi Anda untuk melakukan hal-hal yang positif.

5. Sering lupa menggunakan floss

Menyikat gigi saja tidak cukup, selalu ada sudut antara gigi yang tetap tidak dapat diakses untuk sikat terutama bila Anda tidak memiliki gigi yang rapi. Solusinya adalah dengan menggunakan benang gigi.

Lupa untuk melakukan gerakan kecil ini dapat berdampak besar bagi kesehatan gigi Anda. Kondisi mulut yang buruk dapat menyebabkan infeksi bakteri dan peradangan pada gusi.

Jadi, luangkan sedikit saja waktu Anda untuk mengurus kesehatan gigi untuk senyum yang lebih indah.

6. Anda tidak mendengarkan tubuh Anda

Nyeri punggung, atau nyeri perut dianggap hal yang sepele. Namun, saat ini dengan jadwal yang sibuk, wanita memiliki lebih banyak waktu untuk mengabaikan sinyal peringatan yang dikirim oleh tubuh dan secara bertahap terbiasa dengan rasa sakit.

Hal ini harus diatasi dengan cepat karena dapat menyebabkan stres atau bahkan penyakit yang lebih serius.

Jadi coba dengarkan apa yang tubuh Anda beritahu, lalu luangkan waktu untuk berkonsultasi dengan dokter guna memastikan semuanya baik-baik saja.