Loading...

Ketahui Penyebab Rambut Rontok Setelah Melahirkan dan Cara Mengatasinya

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan, Wanita

TERUSKAN.COM – Rambut rontok memang menjadi masalah yang sering dihadapi setiap orang. Segala upaya dan perawatan rambut mahal dianggap sebagai solusi yang terbaik untuk mengatasi masalah ini, sebab rambut merupakan mahkota bagi setiap wanita dan setiap helai yang berguguran pastinya akan membuat Anda sedih.

Rupanya kerontokan rambut juga terkadang dialami oleh wanita yang baru saja melahirkan. Jadi, sebenarnya apa penyebab hal tersebut terjadi dan bagaimana cara untuk memecahkan masalah kerontokan rambut setelah melahirkan?

Penyebab Rambut Rontok

Loading...

Bagi mereka yang mengalami kerontokan rambut setelah melahirkan, Anda tidak harus panik dan khawatir, karena hal ini hanya bersifat sementara. Jangan panik saat Anda mendapati banyak rambut yang rontok saat keramas, saat menyisir, bahkan ketika melakukan rutinitas sehari-hari.

Penyebab Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Perubahan hormon selama kehamilan merupakan hal utama yang dapat mempengaruhi banyak hal, salah satunya pada rambut. Sebenarnya saat seorang wanita dalam masa kehamilan, rambut mereka berada dalam kondisi yang terbaik. Hal ini disebabkan oleh peningkatan hormon androgen yang memperpanjang fase pertumbuhan rambut.

Di samping itu, perubahan hormon juga menghentikan produksi minyak di kulit kepala yang menyebabkan rambut selama kehamilan tampak lebih mengkilap dan lembut.

Namun setelah Anda melahirkan, hormon androgen kembali berkurang. Hal ini menyebabkan siklus rambut kembali normal, fase pertumbuhan rambut rontok dan terhenti selama sembilan bulan. Kerugian ini dapat terjadi dari fase yang ringan sampai kerontokan rambut yang parah.

Selain perubahan hormonal, ada beberapa alasan lain yang menjadi penyebab rambut rontok setelah melahirkan, antara lain yaitu kekurangan vitamin dan mineral atau bisa juga akibat stres yang kemudian menyebabkan sirkulasi darah kurang lancar dan menyebabkan kerontokan rambut pada tahap tertentu.

Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Biasanya, rambut rontok setelah melahirkan hanya bersifat sementara dan akan kembali normal dalam waktu beberapa bulan.

Tapi, meskipun bisa kembali normal secara alami, sebetulnya Anda dapat melakukan beberapa perawatan yang tepat untuk membantu mengatasi masalah kerontokan rambut setelah melahirkan, seperti berikut ini:

> Suplemen atau Hair Tonic

Salah satu solusi untuk mengatasi masalah rambut rontok adalah dengan mengambil suplemen atau vitamin dan menggunakan tonik rambut untuk memberikan nutrisi ke setiap folikel rambut.

Anda dapat memilih untuk membeli tonik rambut yang tepat di apotek ataukah memilih perawatan rambut dengan penggunaan bahan alami atau bahan herbal yang tidak akan menyebabkan efek samping.

> Memotong Rambut

Bagi Anda yang memiliki rambut panjang, Anda bisa mencoba untuk memotong rambut Anda menjadi lebih pendek. Hal ini dapat dilakukan untuk mengurangi beban dan mengurangi masalah rambut rontok. Selain itu, rambut yang lebih pendek juga dapat membuat Anda lebih bebas bergerak.

**

Jadi setelah Anda melahirkan dan mendapati banyak helai rambut Anda yang berjatuhan, jangan khawatir, karena kerontokan rambut setelah melahirkan memang sering terjadi. Ini adalah suatu hal yang normal dan tidak perlu ditakutkan.

Anda dapat mengatasinya dengan melakukan beberapa perawatan rambut yang tepat dengan penggunaan bahan-bahan alami, sampai rambut Anda kembali ke keadaan normal.