Loading...

Ini Dia, 5 Makanan Buruk yang Sering Dijadikan Sebagai Sarapan

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Orang mengonsumsi berbagai macam makanan yang berbeda untuk menu sarapan mereka. Hal ini juga sering menjadi budaya suatu negara atau daerah tertentu lewat jenis makanan pada saat sarapan.

Di Indonesia sendiri, banyak orang yang memilih mengonsumsi nasi sebagai sarapan, juga dengan lauk-pauknya yang sebanarnya tidak baik dikonsumsi di pagi hari karena karbohidrat yang terlalu banyak akan membuat orang menjadi cepat lapar dan mudah lelah saat mulai melakukan aktivitas di pagi hari.

Sarapan

Loading...

Ada juga yang senang mengonsumsi roti atau aneka adonan kue yang manis di pagi hari karena rasanya memang lezat. Padahal, kandungan gula yang terlalu banyak di pagi hari dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh dan menurunkan energi dengan cepat sehingga orang mudah lelah.

Berikut adalah beberapa pilihan makanan yang sering orang konsumsi sebagai sarapan, padahal makanan-makanan ini tidak baik untuk dimakan sebagai sarapan. Simak ulasannya.

1. Sereal Manis

Sereal memang terkenal sehat dimakan sebagai sarapan, karena kaya akan serat dan gandum yang sehat. Akan tetapi, beda ceirtanya jika anda menambahkan toping atau tambahan lain yang megandung banyak gula.

Sereal manis biasanya identik dengan sereal yang disajikan dengan susu namun ditambahkan banyak gula, coklat, maupun toping yang manis lainnya.

Hal ini tidak akan memberikan manfaat maksimal dari sereal itu sendiri. Gula yang banyak dapat meningktkan kadar gula dalam darah dan membuat anda lebih cepat lelah saat melakukan aktivitas.

Sebaiknya konsumsi sereal dengan biji-bijian, buah dan tambahan bahan lainnya yang tidak terlalu manis.

2. Sosis

Sosis sebagai daging olahan sebenarnya tidak cocok dikonsumsi sebagai sarapan karena dikenal memiliki banyak kandungan nitrat. Nitrat sendiri dipercaya dapat mengakibatkan kanker usus jika dikonsumsi berlebihan.

Sosis juga dinilai tidak sehat dimakan sebagai sarapan. Sebaiknya makanlah makanan tanpa daging di pagi hari, pilihlah sarapan yang mengandung banyak serat dan energi sehat.

3. Donat

Mungkin anda pernah melihat orang mengonsumsi donat di pagi hari. Terlebih terkadang donat disajikan dengan susu maupun kopi di pagi hari.

Donat sendiri sebenarnya diciptakan untuk dikonsumsi sebagai kue yang menemani kopi atau teh, bukan untuk sarapan dan makanan di awal hari anda.

Donat juga terbuat dari banyak tepung putih dan gula yang dapat  meningkatkan gula darah dengan cepat dalam tubuh. Donat juga sering dikaitkan dengan obesitas jika dimakan terlalu sering.

4. Sandwich Instan

Sandwich sebenarnya sangat mudah dibuat sendiri, dan dapat menjadi sarapan yang menyehatkan dengan paduan sayur dan telur misalnya. Ada juga beberapa jenis sandwich yang dijual dan kita dapat mengonsumsinya dengan praktis, karena tinggal dimakan saja.

Akan tetapi, banyak yang mengatakan bahwa sandwich praktis seperti ini juga mengandung pengawet yang dapat menjaga kesegaran isinya. Pengawet, tentu saja tidak sehat bagi tubuh.

5. Muffin

Anda pencinta muffin? Kue lezat yang tersedia dalam berbagai rasa ini memang menjadi favorit banyak orang.

Namun sebaiknya anda tidak mengonsumsinya sebagai sarapan karena muffin terbuat dari banyak tepung, mentega, minyak dan juga gula.

Sama halnya seperti donat dan kue manis lainnya, muffin sebaiknya tidak dimakan sebagai sarapan.

***

Tetaplah sehat dengan memilih sarapan yang baik dan bermanfaat bagi anda, terutama dalam menjalankan aktivitas di pagi hari. Sarapan penting karena akan menjaga asupan energi anda sepanjang hari.