Mengenali Sinusitis, Penyebab dan Pencegahannya

TERUSKAN.COM – Tentu anda pernah mendengar tentang sinusitis, penyakit yang sering dikaitkan dengan kondisi hidung yang tersumbat hingga menyebabkan kepala pusing. Terutama di musim hujan seperti saat ini, sinusitis merupakan salah satu penyakit yang mudah terjadi.

Jika anda merasakan nyeri di dahi, wajah yang terasa penuh, hidung tersumbat dan susah bernapas, mungkin anda terkena sinusitis, karena beberapa hal tersebut merupakan gejala sinusitis yang paling umum.

 Sinusitis

Apa itu Sinusitis?

Apakah sebenarnya sinusitis? Sinusitis berasal dari kata sinus, yaitu sebutan terhadap salah satu rongga yng ada di hidung. Sedangkan sinusitis sendiri merupakan kondisi dimana terjadi peradangan di rongga sinus tersebut.

Infeksi sinus sendiri dapat disebabkan oleh bakteri virus atau jamur. Namun juga dapat terjadi karena adanya alergi atau iritasi terhadap kimia. Secara anatomi, tubuh sinus sebenarnya terbagi dalam 4, di mana masing-masingnya dapat menimbulkan gejala sinus yang berbeda.

Gejala Sinusitis

Berikut adalah beberapa gejala sinusitis :

1. Sinusitis Maksila, yaitu sinusitis yang menimbulkan rasa nyeri di bawah kelopak mata dan pada kasus tertentu nyeri dapat terasa hingga ke gigi

2. Sinusitis Etmoid yaitu sinusitis yang menimbulkan rasa nyeri di kepala dan kadang terasa hingga ke dahi.

3. Sinusitis Sfenoid yang dapat menimbulkan rasa nyeri di belakang bola mata dan di belakang daun telinga.

Perbedaan Sinusitis dan Pilek Flu

Lalu apakah sinusitis sebenarnya sama dengan pilek flu yang dapat menimbulkan gejala serupa? Sebenarnya memang tidak mudah untuk memberdakan sinusitis dengan pilek biasa. Namun jangka waktu keluhan dapat menadi salah satu pembedanya.

Pilek saat flu biasanya berlangsung selama 2 hingga 3 hari, sedangkan gejala sinus dapat berlangsung lebih dari seminggu. Selain itu, gejala sinus biasanya juga dibarengi dengan demam ringan dan menurunnya kepekaan penciuman.

Cara Mencegah Sinusitis

Adakah cara untuk mencegah sinusitis? Tentu saja. Berikut adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah sinusitis.

  • Menjaga kondisi tubuh agar tetap dalam keadaan sehat dengan makanan yang bergizi dan olah raga teratur.
  • Hindari kontak dengan beberapa penyebab alergi sinus seperti udara dingin atau makanan tertentu.
  • Usahakan agar hidung selalu lembab meskipun udara sedang panas ataupun dingin.
  • Minum air putih yang banyak minimal 8 gelas sehari.
  • Jika sering beraktivitas di luar rumah gunakan masker atau penutup hidung.
  • Menjaga kebersihan ruangan dalam rumah dan benda-benda dari debu tempat berkumpulnya bakteri dan kuman.

Namun apabila anda sudah terkena sinusitis ringan, anda dapat menyembuhkannya dengan beberapa cara seperti berikut.

1. Teknik inhalasi atau diuap. Caranya adalah mengisi mangkok dengan air panas sebanyak 1/3 saja, teteskan beberapa tetes minya kayu putih dan hidup uapnya.

2. Pada kondisi sinusitis ringan, anda dapat mencuci hidung menggunakan air garam yang bermanfaat menjaga saluran hidung terbuka dan dapat membantu mengeluarkan lendir yang menyebabkan rongga hidung tersumbat.

3. Mandi dengan air hangat dan makan makanan yang pedas atau minuman yang hangat sehingga lendir dalam hidung juga dapat keluar.

**

Semoga beberapa ulasan mengenai penyakit sinusitis di atas dapat membantu anda dalam memahami, mencegah dan juga menyembuhkannya.

Untuk sinusitis yang sudah berlangsung lama dan berulang-ulang, anda dapat berkonsultasi dengan dokter THT untuk mengetahui cara pengobatan yang lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Topik Terkait: , , , ,
0 comments