Loading...

4 Langkah Mudah Melakukan Manicure di Rumah

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Fashion, Wanita

TERUSKAN.COM – Salon menjadi satu-satunya tujuan terbaik bagi para wanita yang ingin melakukan perawatan untuk rambut, wajah ataukah kuku mereka. Melakukan hal-hal tersebut memang tampaknya agak mustahil untuk dilakukan sendiri. Tapi tidak ada salahnya untuk mencobanya di rumah.

Perawatan seperti manicure sebenarnya dapat Anda lakukan dengan mudah jika Anda mengetahui cara yang tepat. Selain lebih hemat, melakukannya sendiri di rumah memiliki keuntungan yang lebih besar, Anda akan merasa lebih bebas dan dapat setiap saat mengubah warna kuku dengan kreativitas Anda.

Melakukan Manicure di Rumah

Loading...

Maka dari itu, berikut adalah panduan dengan tips praktis bagi Anda untuk melakukan manicure sendiri di rumah, seperti dilansir dari shelookbook:

Langkah 1: Hidrasi

Hal ini penting untuk penampilan yang sempurna dan kesehatan tangan serta kaki Anda. Oleh karena itu, pilihlah pelembab efektif yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah itu siapkan handuk dan baskom yang berukuran sedang. Anda juga dapat menyiapkan bahan alami lain seperti minyak zaitun, lemon serta garam. Sebelum Anda melakukan perawatan, pastikan kuku Anda dalam keadaan bersih tanpa cat kuku.

Kemudian oleskan irisan-irisan lemon pada kuku Anda lalu rendamkan jari-jari Anda ke dalam baskom yang telah terisi dengan air hangat dan dicampurkan dengan minyak zaitun dan sedikit garam, diamkan selama kurang lebih 20 menit.

Langkah 2: Melakukan pengamplasan

Anda dapat memotong atau melakukan “pengamplasan” pada kuku tangan dan kaki dengan alat khusus untuk membuatnya lebih berkilau. Ini dapat Anda lakukan sesuai dengan format atau bentuk kuku yang Anda inginkan, misalnya saja bentuk segiempat ataukah melengkung sempurna.

Sangat penting untuk memperhatikan pergerakan amplas. Jangan membuat gerakan “maju mundur” atau gerakan dua arah pada kuku.

Hal ini akan membuat kuku menjadi lemah dan pada akhirnya mengelupas. Untuk menghindari hal ini, usahakan untuk melakukan amplas ke arah yang sama.

Langkah 3: Menghilangkan Kutikula

Kutikula merupakan lapisan yang timbul di luar kuku, ini dapat mengurangi keindahan kuku Anda. Anda dapat mengatasi hal ini dengan melakukan perawatan seperti penerapan pelembab dan peredam kutikula yang bisa Anda buat dengan menggunakan bahan alami seperti lemon.

Setelah itu, dengan bantuan spatula Anda dapat mendorong kutikula keluar dengan lembut. Untuk menghindari timbulnya kutikula, Anda harus menghidrasi kuku-kuku Anda setiap hari.

Gosokkan pelembut kutikula di jari Anda dan tutup dengan potongan kapas basah, ini dapat Anda lakukan untuk melembutkan kutukula.

Langkah 4: Sapukan Base Coat

Keringkan jari-jari Anda lalu oleskan pelembab, setelah itu sapukan base coat. Diamkan dan tunggu hingga kering. Kemudian Anda dapat mewarnai kuku Anda dengan cat kuku favorit, Anda bisa menghias kuku sesuai dengan kreativitas Anda.

**

Walaupun sering diabaikan, kuku-kuku jari juga perlu perawatan yang rutin. Kebersihan dan keindahannya harus selalu terjaga, karena kuku jari adalah hal pertama yang dilihat orang ketika Anda berkenalan. Anda tentu tidak ingin memberi kesan yang buruk pada perkenalan pertama Anda.

Dengan mengetahui cara yang tepat untuk melakukan manicure di rumah, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkan kuku yang bersinar.