Loading...

Yuk Kenali Bahan Kosmetikmu Lebih Dekat!

Penulis: Amanda Rubrik: Fashion, Wanita

TERUSKAN.COM – Membahas tentang kosmetik dan produk kecantikan lainnya seaakan tak pernah habis, karena selalu akan dibicarakan kaum wanita.

Penampilan dan kesehatan kulit baik tubuh dan wajah merupakan hal yang sangat penting bagi wanita, maka wanita perlu mengetahui perkembangan produk kecantikan maupun kosmetik, terutama dari segi bahan utama pembuatnya.

 Bahan Kosmetik

Loading...

Bagaimana tidak? Saat ini produk kecantikan dan kosmetik sangat berkembang pesat dan hal tersebut menyebabkan semakin banyaknya pilihan untuk wanita dengan berbagai jenis kulit untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Pentingnya untuk mengetahui bahan pembuat produk kecantikan ini juga disebabkan karena kita selalu menggunakan produk tersebut dari sejak kita bangun tidur hingga tidur lagi di malam hari.

Mulai dari produk untuk mandi, kesehatan kulit, kosmetik untuk wajah, rambut hingga penghilang bulu di tubuh maupun masker yang digunakan saat tidur. Seakan semua kegiatan wanita tidak lepas dari produk-produk tersebut.

Kosmetik Kategori Aman

Tidak semua kosmetik yang mengandung bahan kimia itu berbahaya. Ada juga beberapa yang justru bermanfaat bagi tubuh, selama dalam penggunaan yang bijak, seperti berikut.

1. Alpha Hydroxy Acid (AHA)

AHA digunakan untuk membantu pengelupasan epidermis dan mengembalikan kelembaban kulit. Produsen kosmetik biasanya memasukkan AHA pada produk pemutih kulit dan anti penuaan dini.

Selain itu, pelembab yang mengandung AHA juga biasanya meresap lebih lama dibanding pelembab tanpa AHA.

2. Alkohol

Jenis alkohol yang biasanya digunakan dalam kosmetik adalah ethyl alcohol. Alkohol dapat bermanfaat bagi kulit terutama untuk membersihkan, namun cenderung membuat kulit menjadi sering.

Oleh sebab itu jika anda memiliki jenis kulit kering, hindari kosmetik yang berbahan alkohol.

3. Tabir Surya

Ketika beraktivitas di luar ruangan terutama yang mudah terkena paparan sinar matahari, maka sebaiknya kita menggunakan kosmetik yang mengandung tabir surya untuk menghindari efek dari sinar matahari yang dapat menggelapkan warna kulit hingga menyebabkan kanker kulit.

Semakin banyak kandungan SPF, semakin kuat perlindungan yang diberikan terhadap sinar matahari. Produk dengan label PA++ memiliki arti perlindungan terhadap radiasi UVA.

4. Color Index/CI

Bahan pewarna pada kosmeti biasanya dituliskan dengan menggunakan nomor index berdasarkan database colour index international. Bahan pewarna yang diijinkan untuk semua jenis kosmetik misalnya CI 14700 dan CI 16035.

Kosmetik Kategori Rawan Bahaya hingga Berbahaya

Ada bahan yang tidak berbahaya, ada juga bahan yang berbahaya dan sebaiknya tidak kita gunakan karena efeknya tidak hanya pada wajah dan tubuh namun juga akan berimbas pada organ tubuh lainnya.

1. Hydroquinone

Kandungan ini sangat berbahaya karena biasanya terdapat dalam pewarna rambut, kuku dan krim pemutih wajah.

Pada pemutih wajah, hydroquinone  memang bertujuan untuk menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan warna gelap pada kulit, namun  lama kelamaan zat ini dapat membuat kulit berwarna hitam hingga hilangnya pigmen kulit.

2. Mercury

Merkuri adalah zat kimia keras yang memang mampu memutihkan kulit, namun sangat berbahaya karena dapat menimbulkan bintik hitam pada kulit, alergi hingga iritasi. D

alam pemakaian jangka panjang, konsumen bisa terkena kerusakan permanen pada otak, ginjal serta timbulnya risiko kanker.

3. Methyl/Propyl/Butyl/Ethyl Paraben

Kandungan-kandungan ini merupakan pengawet buatan yang dipakai untuk mencegah perkembangan bakteri  dalam kosmetik. Namun produk ini juga dapat memunculkan alergi pada kulit dan merupakan faktor pemicu kanker payudara.

4. Rhodamin B

Zat ini merupakan pewarna sintetis yang sangat berbahaya jika masuk ke kulit kita. Rhodamin B biasanya dipakai pada industri kertas atau tekstil.

Jika zat ini masuk ke tubuh, dapat menyebabkan iritasi kulit, mata, pencernaan hingga menyebabkan kanker hati.

***

Karena begitu pentingnya mengetahui kandungan kosmetik dengan baik, makan usahakan untuk selalu mengecek komposisi produk ini dan sebaiknya pilih kosmetik aman yang sudah yang terdaftar di BPOM RI.

Semoga bermanfaat.