Loading...

7 Makanan Wajib Untuk Dikonsumsi Setiap Hari

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Tentu saja, ada sejumlah makanan yang bermanfaat dan sebaiknya dikonsumsi setiap harinya untuk mendapatkan manfaatnya. Jika Anda berkonsultasi dengan ahli gizi, Anda akan mendapatkan beberapa daftar panjang makanan yang harus dan tidak boleh dikonsumsi terutama untuk menu diet.

Beberapa jenis makanan yang Anda konsumsi akan memberikan manfaat kesehatan diantaranya membantu pencernaan, membuat tubuh lebih sehat dan fit meskipun tetap melakukan diet.

Makanan Sehat

Loading...

Berikut 7 jenis makanan yang akan memberikan manfaat untuk Anda setiap harinya dan sebaiknya dikonsumsi setiap hari.

1 . Apel

Mengkonsumsi apel satu biji dalam sehari biasanya akan direkomendasikan para dokter untuk Anda yang sedang menjalani proses diet. Apel melindungi Anda dari kanker karena mengandung antioksidan yang disebut quercetin yang mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh Anda.

2 . Oats

Oats sudah menjadi sebuah keharusan untuk dikonsumsi setiap harinya jika Anda ingin menurunkan berat badan atau menghindari kelebihan berat badan. Hal ini dikarenakan gandum membuat perut Anda merasa kenyang lebih lama dan membantu Anda menghimdari konsumsi junk food (makanan siap saji)  atau makan secara berlebihan.

Oat merupakan pilihan yang tepat untuk sarapan karena mengandung banyak serat yang tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga menjaga elastisitas otot.

Oat juga memberikan energi pada tubuh Anda. Selain itu membantu dalam menjaga kadar kolesterol darah tetap normal dan terhindar dari penyakit diabetes dan kanker.

3 . Susu

Bukan hanya anak kecil yang penting mengonsumsi susu setiap harinya, tetapi orang dewasa juga penting untuk mengonsumsi susu. Susu mengandung kalsium yang membantu memperkuat tulang. Susu juga mengandung vitamin D.

Fakta mengejutkan yang datang dari susu yaitu dapat benar-benar membantu tubuh Anda mengeluarkan  lemak yang akan memberikan fungsi pada tubuh. Anda dapat mencoba susu skim untuk diminum setiap harinya.

4 . Kacang-kacangan

Kacang seperti yang diketahui sangat kaya akan kandungan asam lemak omega – 3 yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tapi kacang sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang tepat karena kandungan lemak yang dimiliki saat dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan kegemukan.

Mengonsumsi satu genggam kacang setiap hari akan melindungi jantung Anda. Kacang-kacangan juga mengandung protein dan vitamin E yang membantu dalam menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh Anda.

5 . Bayam

Bayam dan sayuran berdaun hijau gelap lainnya menjadi pilihan yang tepat untuk dimasukkan dalam diet sehari-hari karena mengandung vitamin K.

Bayam juga mengandung antioksidan yang disebut lutein yang meningkatkan kesehatan mata dan mencegah penyakit mata.

6 . Bawang putih dan Bawang Merah

Sertakan bawang putih dan bawang merah dalam hidangan atau masakan sehari-hari Anda karena mengandung nutrisi penting yang membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga membantu dalam mencegah infeksi dan penyakit.

Selain itu, mengonsumsi bawang merah dan bawang putih secara rutin akan membantu Anda menjaga kesehatan jantung.

7 . Yogurt

Bakteri dalam yogurt mengandung bakteri ramah yang sangat penting bagi sistem pencernaan. Yogurt mengandung sedikit lemak, tetapi bakteri di dalamnya akan memberikan manfaat untuk sistem pencernaan yang lebih sehat.

Dianjurkan untuk menghindari mengonsumsi yogurt yang memiliki rasa manis karena mengandung gula yang akan mengurangi kandungan manfaat untuk tubuh.

**

Demikian beberapa jenis makanan yang sebaiknya untuk Anda konsumsi setiap harinya, terlebih untuk Anda yang sedang menjalani diet sehat. 7 jenis makanan di atas akan memberikan manfaat kesehatan lebih jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

Semoga bermanfaat.