Loading...

4 Fakta Menarik Dari Bakteri E.Coli

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Ada dua jenis bakteri, bakteri baik dan bakteri jahat. Manusia memiliki bakteri dalam sistem tubuh mereka untuk membantu  proses pencernaan dan alasan lainnya.

Bakteri E. Coli salah satunya, yang merupakan salah satu jenis bakteri yang dapat Anda temukan di saluran pencernaan manusia. Namun tidak semua bakteri E.coli juga bermanfaat bagi tubuh manusia.

Bakteri E.Coli

Loading...

Ada beberapa bakteri yang mampu menghasilkan racun yang dapat menyebabkan infeksi serius pada manusia. Contohnya bakteri yang terdapat pada kotoran hewan yang dapat menular ke manusia melalui kontaminasi tinja secara langsung, pencemaran atau melalui air.

Berikut beberapa fakta menarik tentang bakteri E.coli yang perlu Anda ketahui.

1 . Manusia Dapat Terinfeksi E.coli Melalui Makanan atau Air

Masa inkubasi dari bakteri pada umumnya sekitar 3-4 hari setelah berbagai gejala gastrointestinal muncul. Gejala-gejala dapat berupa diare ringan, demam ringan atau diare tanpa ditandai dengan gejala demam  N

amun dalam beberapa kasus terutama pada anak balita dan orang tua orang, biasanya bisa menjadi serius dan bahkan dapat berkembang menjadi sindrom uremik hemolitik yang menyebabkan gagal ginjal, perdarahan dan masalah neurologis lainnya. Tingkat kematian adalah sekitar 3-5 % dalam kasus tersebut.

2 . Penularan E.coli

Manusia dapat terinfeksi melalui kontak dengan makanan atau air untuk bakteri  E.coli. Tempat-tempat seperti penampungan, pusat penitipan anak dan rumah cenderung menjadi lokasi tempat bakteri E.Coli berkembang.

3 . Banyaknya Makanan yang Diidentifikasi Sebagai Kemungkinan Wabah E.coli

Susu mentah, keju dan daging mentah bahkan daging sapi dan beberapa jenis sayuran seperti  bayam, kubis, selada dan  apel yang tidak dipasteurisasi dapat menjadi tempat bakteri E.Coli.

Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa bakteri E.coli juga terdapat pada kenari.

4.  Kasus Dari Wabah E.coli

Pada bulan September 2006, dikeluarkan peringatan untuk tidak mengkonsumsi bayam mentah karena ditemukannya bakteri E.Coli.

Pada tahun 2007, sejumlah produk daging sapi telah ditarik karena diduga mengandung bakteri E.Coli.

Sebuah restoran diidentifikasi sebagai sumber. IN 2009, mengadung wabah E.coli yang bersumber dari adonan kue yang didinginkan. Dan pada bulan April dan Mei 2012, 14 orang terinfeksi wabah dengan Shiga – toksin yang memproduksi strain bakteri yang dikenal sebagai STE 0415 di enam negara bagian AS.

**

Demikian beberapa fakta mengenai bakteri E.Coli. Untuk menghindari terkena bakteri E.Coli, Anda dapat melakukan proses pengolahan memasak dengan baik dan membersihkannya sebelum diolah.

Jika Anda ingin mengkonsumsi makanan mentah, Anda harus membersihkan dengan baik dan gunakan garam. Garam akan membersihkan bakteri pada sayuran mentah sehingga aman untuk dikonsumsi.