Loading...

7 Pengobatan Alami Untuk Mengatasi Jerawat

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Wanita

TERUSKAN.COM – Bagi beberapa orang, masalah jerawat tidak pernah ada habisnya. Jerawat baru selalu bermunculan dan menghiasi wajah Anda. Ya, jerawat memang sejak dulu sudah menjadi musuh bagi setiap wanita.

Mengatasi Jerawat

Untungnya, ada beberapa cara pengobatan alami sederhana namun efektif yang bisa membantu Anda untuk mengatasi masalah jerawat, seperti yang dilansir dari allwomenstalk berikut ini:

Loading...

1. Madu dan Kayu Manis

1 sdt madu dan 1 sdt kayu manis.

Kebanyakan wanita terkadang merasakan jerawat timbul di wajah tepat sebelum periode mereka. Biasanya jerawat akan timbul dua atau satu minggu menjelang periode wanita. Jika Anda sedang mengalaminya, Anda bisa mencoba solusi ini untuk mengatasinya.

Campurkan madu dan kayu manis dalam proporsi yang sama, masukkan dalam lemari es dan biarkan semalaman kemudian gunakan sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat mengoleskannya pada area wajah yang terdapat jerawat atau bahkan bisa digunakan di seluruh wajah untuk mencegah jerawat.

Saat melakukan perawatan ini, hindari menggunakan pakaian berwarna putih, sebab tetes madu bisa menodai pakaian Anda. Setelah diterapkan pada wajah, diamkan selama beberapa menit, dan setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat. Lap wajah Anda dengan lembut hingga kering.

2. Perasan Lemon dan Bawang Putih

1-2 sdt perasan lemon dan satu suing bawang putih.

Ini merupakan salah satu cara alami yang juga efektif mengatasi jerawat. Gunakan 1 atau 2 sdt perasan lemon dengan 1 siung bawang putih.

Potong bawang menjadi dua bagian, lalu gosokkan pada wajah Anda secara lembut. Biarkan kering selama beberapa detik. Setelah itu, oleskan pula perasan lemon pada wajah Anda, diamkan selama kurang lebih 15 menit.

Setelah diaplikasikan, wajah Anda mungkin akan terasa gatal, namun cobalah untuk tidak menggaruknya. Terakhir, bersihkan wajah Anda dengan lembut.

3. Yogurt Organik Tanpa Pemanis

Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Yogurt membuat kulit Anda terasa lembut dan segar, ini juga bisa membantu mengurangi kemerahan pada jerawat dan mendinginkannya.

Anda cukup menerapkan yogurt pada seluruh wajah Anda dan diamkan selama sekitar 20 menit, setelah itu bilas hingga bersih.

4. Pasta Gigi

Gunakan pasta gigi putih (hindari gel).

Anda mungkin sudah pernah mendengar pengobatan pasta gigi ini. Anda dapat menerapkan pasta gigi pada area wajah yang terdapat jerawat, gunakan di malam hari sebelum tidur. Di pagi hari, ambil kain yang telah dibasahi dengan air hangat, usapkan pada wajah Anda secara lembut.

Lakukan pengobatan ini selama beberapa malam dan Anda akan melihat perbedaannya.

5. Scrub Minyak Zaitun dan Gula Coklat

Minyak zaitun saja bisa sangat efektif untuk menyembuhkan jerawat serta noda bekas jerawat, menjadikan kulit wajah Anda lebih halus. Apalagi jika menggabungkan minyak zaitun dengan gula coklat (brown sugar) bersama-sama, ini tentunya akan memiliki khasiat yang luar biasa.

Siapkan ¼ cangkir minyak zaitun dan tambahkan gula ke dalamnya, aduk sampai cukup kental hingga dapat dijadikan scrub. Bersihkan wajah Anda terlebih dahulu lalu mulailah menggosokkan campuran ini pada wajah Anda dengan lembut. Bilas dengan air hangat dan Anda dapat melihat perbedaannya.

Minyak zaitun dan gula coklat juga dapat Anda terapkan pada kulit kering dan bersisik.

6. Minyak Kelapa

Sekarang ini, minyak kelapa tidak lagi hanya digunakan untuk memasak. Bahan ini juga dapat dijadikan sebagai pelembab yang fantastis untuk wajah Anda, dan penggunaan yang teratur akan benar-benar membantu Anda mengatasi jerawat.

7. Baking Soda

Baking soda telah menjadi produk hebat yang bisa Anda gunakan dalam perawatan kecantikan, entah itu untuk wajah ataukah untuk memutihkan gigi. Dan bahan ini juga efektif untuk mengatasi jerawat.

Masukkan 1 sdm baking soda ke dalam air hangat lalu campurkan bersama-sama untuk membuat pasta, diamkan sampai campuran menjadi benar-benar kering.

Penerapan baking soda pada wajah yang berjerawat mungkin akan terasa panas, tetapi itu berarti bahwa pengobatan ini sedang bekerja. Biarkan selama 15 hingga 30 menit kemudian bersihkan dengan air hangat.

**

Itulah 7 pengobatan efektif untuk jerawat yang mudah Anda buat di rumah. Beberapa obat ini mungkin tidak bekerja untuk jenis kulit Anda, jadi terlebih dahulu coba terapkan pada bagian kecil dari wajah Anda untuk melihat reaksi apa yang terjadi.

Pastikan Anda mencuci riasan wajah setiap malam sebelum Anda tidur untuk menghindari munculnya jerawat. Di samping itu, usahakan untuk tidak menyentuh wajah Anda di siang hari.

Menggunakan pengobatan alami ini tidak menjamin bahwa jerawat Anda akan hilang secepatnya, karena segala hal membutuhkan waktu dan proses. Selamat mencoba.