Loading...

Cara Mencegah Dan Mengatasi Kulit Ketiak Yang Gelap

Penulis: Amanda Rubrik: Wanita

TERUSKAN.COM – Berbicara tentang perawatan tubuh, wanita biasanya total dalam hal ini, dimana hampir semua anggota tubuh tak luput dari perawatan. Sebut saja dari ujung rambut hingga ujung kaki, bagian mana yang tak terlewatkan untuk dirawat?

Hal ini dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang tidak hanya sedap dipandang alias cantik, namun juga terawat agar senantiasa sehat.

Mengatasi Kulit Ketiak Yang Gelap

Loading...

Di balik semua anggota tubuh yang tak luput dari perawatan, wanita sering lupa akan yang satu ini, ketiak. Ketiak yang letaknya cukup tersembunyi dan tak mudah terlihat jika kita menggunakan atasan berlengan sering tak terlalu diperhatikan karena toh tidak ‘tampak’.

Namun, pada beberapa situasi mungkin kita menyadari bahwa memiliki beberapa masalah pada ketiak dapat membuat kita tidak percaya diri. Misalnya ketiak hitam, basah, hingga berbau tidak sedap. Masalah-masalah tersebut tentu sangat mengganggu.

Terutama bagi anda yang suka memakai baju tanpa lengan ataupun hobi renang, mungkin ketiak yang bermasalah bisa membuat anda langsung tidak percaya diri.

Masalah Utama Pada Ketiak

Berikut adalah beberapa ulasan masalah pada ketiak.

1. Keringat Berlebih

Keringat pada ketiak memang sering muncul terutama saat udara panas dimana tubuh mudah berkeringat dan bagian tubuh yang berada pada lipatan akan lebih mudah berbau tidak sedap karena tidak adanya sirkulasi udara hinggamenjadi basah dan lembab.

Penyebab lainnya adalah banyaknya keringat yang dikeluarkan setiap orang memang berbeda-beda, begitu pula dengan bau yang tidak sedap.

2. Warna Gelap Pada Ketiak

Masalah yang satu ini sering terjadi pada wanita, dimana ketiak berwarna gelap. Sebenarna ada beberapa penyebabnya, seperti mencukur atau mencabut bulu ketiak.

Mengapa demikian?

Proses ‘menghilangkan’ bulu pada ketiak sebenarnya tidak secara langsung menyebabkan warna gelap, namun terkadang proses tersebut tidak mulus dan ketiak terluka hingga menimbulkan bekas luka. Hal inilah yang dapat menimbulkan warna kemerahan bahkan hitam.

Yang lannya adalah kulit ketiak dapat berubah warna karena reaksi zat merkuri yang terkandung pada deodoran, terutama jenis roll-on. Deodoran yang mengandung alkohol juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi yang menimbulkan warna hitam pada kulit ketiak.

Cara Mengatasi Kulit Ketiak Berwarna Gelap

Dua contoh permasalahan di atas merupakan permasalah yang paling sering terjadi pada kulit ketiak. Namun anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut dapat dicegah atau diatasi, walaupun memerlukan waktu yang berbeda untuk setiap orang.

1. Manfaatkan buah lemon dan mentimun. Parut buah mentimun dan campurkan dengan perasan lemon lalu aduk rata. Olesan pada kulit ketiak dan diamkan sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

2. Gunakan campuran air kapur sirih maupun jeruk nipis dan gosokkan pada kulit ketiak terutama setelah mandi.

3. Pilih deodoran yang tidak mengandung alkohol, atau yang memiliki kandungan asam linolenat dari biji bunga matahari untuk mencegah penggelapan warna pada kulit ketiak.

4. Scrub kulit ketiak anda secara rutin dengan menggunakan lulur yang berfungsi untuk memutihkan kulit.

5. Setiap kali mandi, bersihkan kulit ketiak anda secara maksimal, terutama jika anda menggunakan deodoran maupun body spray setiap hari.

6. Selesai mandi, keringkan ketiak anda dengan cara menggosoknya dengan handuk secara perlahan, tidak dengan kasar agar tidak menimbulkan iritasi.

7. Lakukan proses pencukuran maupun pencabutan bulu ketiak dengan aman dan dengan cara-cara yang tidak menimbulkan luka.

***

Itulah beberapa penyebab masalah kulit ketiak dan bagaimana cara mengatasinya. Kini anda dapat mengenakan baju tanpa lengan dengan percaya diri tanpa adanya masalah pada kulit ketiak. Semoga bermanfaat.