Loading...

9 Manfaat Menakjubkan Petai Untuk Kesehatan Tubuh

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Pete, petai, peteh, atau tanaman yang memiliki nama ilmiah Parkia speciosa ini adalah pohon tahunan eksotis yang masih tergolong dengan tipe polong-polongan (Fabaceae ).

Tanaman ini banyak dijumpai di belahan bumi bagian barat nusantara dan juga terkenal di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Laos.

Manfaat Sehat Petai

Loading...

Jika dilakukan perbandingan dengan sebiji buah apel, petai mengandung empat kali lebih banyak protein, karbohidrat dua kali lipat, 3 kali fosfor  5 kali lipat Vitamin A dan zat besi, dan dua kali lebih banyak vitamin dan mineral lainnya .

Meskipun begitu, beberapa orang masih enggan untuk mengkonsumsinya karena aroma yang dikeluarkan sangat khas dan menyengat. Bukan hanya terasa saat dimakan, tetapi  bau dari pete juga akan keluar saat buang air besar dan kecil. Maka tidak heran beberapa orang tidak akan pernah menyentuhnya.

Meskipun demikian, ada beberapa orang yang tetap mengonsumsi petai secara rutin karena mereka sadar akan manfaat kesehatan yang akan didapatkan. Silakan simak artikel di bawah ini untuk tahu lebih banyak manfaat kesehatan dari petai.

1 . Depresi

Sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh MIND pada setiap orang yang mengalami depresi, banyak dari mereka yang merasa jauh lebih baik setelah mengonsumsi petai.

Hal ini karena petai mengandung tryptophan, sejenis protein yang mengubahnya menjadi serotonin yang akan membuat Anda lebih santai, meningkatkan mood dan biasanya membuat Anda merasa lebih nyaman .

2 . PMS (Premenstrual Syndrome)

Ganti pil Anda dengan mengonsumsi petai. Vitamin B6 pada petai akan mengelola kadar gula darah yang dapat mempengaruhi suasana hati.

3 . Anemia

Sarat dengan kandungan besi, petai dapat dengan mudah memproduksi terciptnaya hemoglobin dalam darah sehingga membantu dalam mengatasi anemia.

4 . Tekanan Darah

Tanaman yang masih tergolong dalam kacang-kacangan ini sarat dengan kalium, tetapi rendah garam sehingga membuatnya tetap ideal untuk menjaga tingkat tekanan darah.

Baru-baru ini,  Food and Drug Administration mengizinkan perkebunan pete untuk membuat klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk mencegah tingkat tekanan darah dan juga stroke jantung.

5 . Kekuatan Otak

Penelitian menunjukkan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi ini dapat membantu meningkatkan daya ingat dan kekuatan otak.

6 . Sembelit

Serat yang terdapat pada pete membantu memulihkan usus dan membantu masalah pencernaan tanpa harus menggunakan bantuan obat pencahar.

7 . Morning Sickness

Mengonsumsi petai akan membantu kadar glukosa darah dan terjadinya mencegah morning sickness pada wanita hamil.

8 . Kegemukan

Penelitian di Institute of Psychology Austria menemukan bahwa pada saat mengonsumsi pete maka akan terjadi penekanan tingkat nafsu makan.

9 . Stroke

Menurut penelitian melalui New England Journal of Medicine menemukan bahwa menkonsumsi petai setiap hari mampu mencegah terjadinya tingkat kematian akibat stroke sebesar 40 %.

**

Demikian beberapa manfaat kesehatan pete yang akan Anda rasakan untuk tubuh.

Namun, mengonsumsi pete secara berlebihan ternyata dapat memberikan dampak buruk untuk ginjal dan juga proses penyaringan pada ginjal. Hal ini disebabkan tingginya kandungan asam amino dalam petai. Jadi konsumsilah secukupnya.

Tips: Sebelum Anda memutuskan untuk mengolah petai, pastikan Anda membelah petai menjadi dua bagian karena ditakutkan adanya cacing pada pete.